Berita

Honda Berupaya Geber Produksi BR-V Terbaru di Tengah Krisis Cip Semikonduktor

Jakarta — Mengawali tahun 2022 krisis cip semikonduktor masih menjadi kendala produksi mobil baru di Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) menyampaikan kelangkaan komponen tersebut berpotensi memengaruhi target produksi BR-V terbaru yang mulai dikirim ke konsumen Januari ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Sabtu (8/1/2021) saat ditemui di Senayan, Jakarta.

Produksi Honda BR-V Terbaru

Produksi BR-V terbaru ditargetkan mencapai 50.000 unit per tahun. Sebanyak 40.000 unit untuk pasar domestik sedangkan sisanya untuk ekspor. (Foto: Honda)

Dirinya menyampaikan total target produksi BR-V terbaru berada di kisaran 50.000 unit per tahun. Jumlah tersebut dibagi untuk pasar dalam negeri sebanyak 40.000 unit dan 10.000 unit untuk ekspor.

Walau begitu realisasinya tergantung dari permintaan dan ketersediaan komponen.

“Rencana kami ya, tapi akan terus mengikuti perkembangan pasar ketersediaan parts. Kalau pasarnya bagus terus ya seperti itu,” ungkapnya kepada wartawan.

Ekspor Honda BR-V Terbaru

HPM juga mempersiapkan BR-V terbaru untuk ekspor dengan tujuan sekitar 30 negara di berbagai kawasan. (Foto: Honda)

Dalam pandangan Billy, ketersediaan cip semikonduktor saat ini masih belum stabil. Para pemasok komponen tersebut memang sudah berusaha meningkatkan produksinya, tapi hal tersebut membutuhkan waktu.

“Ketersediaan parts masih kita monitor karena banyak sekali cip yang digunakan dan dipakai. Semua negara perlu, jadi kita monitor terus perkembangannya,” sambung Billy.

Hanya Dibuat di Indonesia

Sebagai informasi, untuk saat ini Indonesia menjadi basis produksi satu-satunya mobil baru Honda yang resmi diperkenalkan pada 21 September 2021 tersebut.

Penyerahan All New Honda BR-V

Suasana penyerahan All New Honda BR-V secara simbolis kepada konsumen, Sabtu (8/1/2021) di Jakarta. (Foto: Honda)

Pabrikan mulai mengirimkan unitnya kepada konsumen di Tanah Air sejak akhir pekan kemarin.

Di samping itu Honda BR-V terbaru juga dipersiapkan untuk ekspor yang mulai dilakukan Februari mendatang.

“Kita akan ekspor ke 30 negara, Asia, Amerika Utara, Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika. Februari kita akan mulai, bulan depan,” jelas Billy.

Diberitakan sebelumnya, untuk pasar dalam negeri HPM memasang target penjualan wholesales sekitar 3.000 unit selama Januari ini.

Simak video impresi pertama Honda BR-V dari Carmudi berikut ini:

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *