Berita

Honda Brio Buatan Indonesia Akan Ekspor untuk Pasar Regional Asia

Denpasar – Seperti diberitakan sebelumnya PT Honda Prospect Motor (HPM) akan melakukan ekspor untuk varian Brio. Mobil city car yang juga bermain di segmen LCGCC ini telah muncul dengan penyegaran yang signifikan pada Agustus lalu.

Menurut Takayuki Uotani selaku Business dan Product Planning Director PT HPM, menegaskan kalau All New Brio rencanannya  akan dipasarkan ke luar negeri (ekspor). Namun dirinya masih bungkam terkait negara tujuan dan jumlahnya masih dalam pembahasan di Honda.

“Nanti pasti akan kita informasikan. Tunggu satu bulan lagi soal ekspor All New Brio,” ujar Takayuki Uotani di sela-sela media test drive All New Brio di Bali, Kamis (18/10).

Takayuki Uotani memberikan gambaran awal, kalau All New Brio nantinya akan menyasar tiga hingga empat negara di kawasan Asia. Misalnya Filipina, Thailand dan intiya, pasar ekspor All New Brio merupakan negara-negara di regional Asia.

“Terkait tujuan negara tujuan ekspor biasanya menjadi keputusan prinsipal, dan Honda Indonesia hanya sebagai pelaksana dari strategi dan rencana prinsipal ini,” ujarnya.

Sebagai informasi HPM sebelumnya pernah melakukan ekspor mobil secara utuh (CBU) yaitu model Freed pada 2009. Sayangnya pada 2016, HPM menghentikan produksi Honda Freed di Indonesia. Bahkan juga Honda juga melakukan ekspor komponen alias secara compeletly knock down (CKD), dimana negara tujuan sebagian besar negara Asia, kemudian Meksiko dan Brasil.

Keputusan Ekspor Belum Final

Jonfis Fandy selaku Marketing and Aftersales Service Director HPM juga sempat mengatakan pada berita sebelumnya, kalau Honda Brio generasi kedua akan diekspor ke sejumlah negara. Sayangnya beliau tak mau memberikan rincian negara mana saja dengan alasan karena belum clear dengan pihak negara tujuan.

“Kami ingin memastikan kalau kita adalah leader di mobil ini, kami juga ingin memastikan kualitas internasional tetap bisa dipakai, ujar Jonfis.

Sebagai informasi kalau generasi kedua dari Honda Brio ditawarkan dalam lima varian. Yaitu tipe All New Honda Brio Satya E M/T. Serta All New Honda Brio Satya E CVT, All New Honda Brio RS M/T, dan All New Honda Brio RS CVT.

Sedangkan pilihan warna eksterior tersedia dalam tujuh warna, antara lain Taffeta White, Lunar Silver Metallic. Lalu Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red dan Carnival Yellow.

Brio generasi kedua ini mengalami penyempurnaan di berbagai aspek, seperti desain eksterior. Lalu  memperluas ruang bagasi hingga 90 mm dan juga memperpanjang jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang duduk belakang yang lebih besar.

Desain pintu belakang juga diubah menjadi model Tailgate, berbeda dengan tampilan generasi sebelumnya. Sementara mesinnya masih tetap menggunakan mesin 1.2 L i-VTEC 4 silinder yang telah disempurnakan.

Penyempurnaan yang dilakukan salah satunya mengembangkan teknologi i-VTEC dengan katup tunggal dalam kisaran rpm rendah. Sehingga mesin akan mendapatkan satu intake Valve per-silinder. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/