HomeBeritaHonda Brio Sedang Naik Daun, Apa Kabar Mobilio?

Honda Brio Sedang Naik Daun, Apa Kabar Mobilio?

Honda Mobilio
New Honda Mobilio RS tipe CVT jadi mobil yang punya fitur keselamatan lengkap (Foto: Carmudi)

Jakarta – Sejak awal diluncurkan pada September 2013, Honda Mobilio belum pernah mendapatkan ubahan secara total sampai sekarang. Perubahan hanya sebatas penyegaran kecil saja.

Kendati demikian penjualan mobil keluarga itu diklaim masih stabil, terutama di tengah tren penurunan penjualan kendaraan pada tahun lalu.

“Kalau lihat Honda Mobilio di masa pandemi Covid-19 ini tidak terlalu jelek, cukup stabil. Tetapi total market memang segmen Low MPV itu turun, Low SUV yang naik begitu juga city car dan LCGC,” ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, dalam diskusi virtual, Senin (18/1/2021).

Berdasarkan data penjualan Honda periode Januari sampai Desember 2020, Mobilio berada di posisi ketiga setelah Brio dan HR-V 1.5L.

Total angka penjualan yang diraih pesaing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia itu selama 2020 sebanyak 6.889 unit.

Billy menyadari bahwa salah satu model andalan Honda itu belum pernah mendapatkan ubahan besar. Namun penyegaran untuk Mobilio sendiri sudah masuk dalam rencana besar Honda ke depannya. Hanya saja soal waktunya masih belum bisa dibeberkan.

“Memang Mobilio itu sudah lama ya tidak mengalami penyegaran. Kalau ditanya penyegaran, ya penyegaran produk itu strategi kami. Tetapi waktunya kami belum bisa informasikan sekarang. Karena tergantung kondisi pasar dan kami benar-benar memantau juga terhadap Mobilio, bagaimana program menarik yang bisa meningkatkan penjualan,” terang Billy.

Penyegaran Terakhir Honda Mobilio

Honda Mobilio
Honda Mobilio terakhir meluncur versi terbarunya pada 2019 (Foto: Carmudi)

HPM terakhir kali melakukan penyegaran terhadap Honda Mobilio pada Februari 2019. Mobil ini tampil dengan berbagai penyegaran pada eksterior serta beberapa fitur baru pada interior.

Pada bagian eksterior, Honda Mobilio terbaru dilengkapi dengan New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light untuk visibilitas pengendara yang lebih baik.

Selain itu, pelek 15 inci Two Tone dengan desain baru yang semakin sporty juga hadir. Kesan stylish sekaligus sporty pada Mobilio baru juga semakin diperkuat dengan spoiler di bagian depan, samping serta belakang

Bagian interior Mobilio terbaru dilengkapi head unit layar sentuh 6,2 inci didukung oleh berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD.

Nuansa di dalam kabin semakin segar dengan warna baru pada bagian dasbor dan interior yang berwarna hitam dan ivory (two-tone), serta pola kain baru yang melapisi seluruh kursi kabin.

Sementara varian Mobilio RS mendapat beberapa pembaruan seperti New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light serta pelek 15 inci 15” Two Tone, New Shark Fin Antenna dan New Smoked Rear Combi Lamp.

Di dalam kabin, nuansa sporty juga semakin kuat dengan sentuhan warna oranye di dasbor dan jahitan pada kursi mobil, serta desain baru pada bagian meter cluster berlogo RS. Sedangkan di sektor hiburan, Mobilio RS dilengkapi head unit layar sentuh 8 inci.

Dari sisi performa, didukung mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 116 hp pada 6.600 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Saat ini HPM menjual Mobilio dalam lima varian dengan harga mulai dari Rp207,5 jutaan sampai Rp263,5 jutaan (OTR Jakarta).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Previous post
Cek Dulu Bagian Ini Sebelum Beli BMW E39 Bekas, Waspada Unit Kemakan Usia
APAR mobil Honda
Next post
Sudah Dibekali APAR, Harga Mobil Honda Produksi 2021 Naik