Home » Berita » Honda Civic Type R dan Civic Hatchback Terbaru Lebih Banyak Fitur

Honda Civic Type R dan Civic Hatchback Terbaru Lebih Banyak Fitur

Honda Civic
Honda Civic Hatchback (Foto: HPM)

Jakarta – Setelah menyegarkan penampilan dari Civic versi sedan dan Coupe pada awal tahun ini, kini giliran memperkenalkan Civic Type R dan Civic  hatchback terbaru. Kedua model 2019 itu mendapat sejumlah penyegaran di antaranya penambahan fitur di interior, serta pilihan warna baru.

Kemungkinan mobil baru Honda Civic Type R dan Civic versi hatchback terbaru akan mulai dijual dalam waktu dekat di Amerika Serikat. Sebagaimana dilaporkan Autoindustriya, Honda Civic Type R dan Civic hatchback terbaru  dilengkapi Display Audio System yang sudah di upgrade. Kini memiliki tombol fisik dan tombol volume.

Sebagai informasi, sistem infotainment yang saat ini ditawarkan pada Civic tidak memiliki tombol fisik, dan hanya mengandalkan layar sentuh. Sistem infotainment baru juga telah dibekali dengan konektivitas Bluetooth, dan fungsi kontrol suara audio.

Baca juga: Diam-diam Honda Sudah Siapkan Civic Type R Terbaru

Tombol pada roda kemudi telah diperbarui sehingga lebih simpel dan mudah dioperasikan. Fitur tambahan lainnya yang ada di kabin Honda Civic Type R dan Civic versi hatchback terbaru adalah tuas rem elektrik.

Pindah ke bagian eksterior sepertinya Honda tidak melakukan perombakan sama sekali, begitu juga dengan sektor jantung pacunya. Pabrikan mobil asal Jepang itu masih mengandalkan mesin turbocharged 2.0 liter yang menghasilkan tenaga sekuat 306 PS dan torsi puncak 400 Nm.

Khusus Honda Civic Type R model 2019 yang dipasarkan di Amerika Serikat akan mendapatkan pilihan warna baru yaitu Sonic Gray Pearl. Sementara Civic hatchback datang dengan Honda Sensing sebagai fitur standar. Meliputi Collision Mitigation Braking, Forward Collision Warning, Lane Keep Assist, dan Road Departure Mitigation.

Civic Type R dan Civic Hatchback di Indonesia

Honda Civic Type R dan Civic hatchback masuk ke Indonesia tahun lalu di bawa oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Honda Civic hatchback merupakan varian dari generasi ke-10 Honda Civic. Dimana sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia pada 2016 lalu melalui versi sedannya.

Honda Civic hatchback hadir dengan desain eksterior baru yang agresif serta didukung performa berkendara yang sporty. Honda Civic hatchback dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu “Charismatic”, ”Soulful” dan “Comfortable”.

Konsep “Charismatic” mengacu pada rancangan dan pengemasan yang menghasilkan desain eksterior dan interior yang premium. Dengan memaksimalkan konsep “Man Maximum Machine Minimum” untuk menambah kenyamanan berkendara.

Sementara untuk konsep “Soulful” adalah konsep dasar untuk performa Honda Civic hatchback. Mengusung mesin baru, platform baru, serta rasa berkendara yang semakin sporty.

Sedangkan konsep “Comfortable” mewakili berbagai fitur dan teknologi canggih, yang memudahkan “interface” pengemudi dan mesin. Serta meningkatkan level keselamatan. Setiap pengembangan tersebut menegaskan dominasi Honda Civic hatchback dalam hal desain, kenyamanan, teknologi, performa dan keselamatan.

Honda Civic hatchback menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. HPM menawarkan dua varian pada Civic hatchback, untuk varian S di banderol Rp408,5 juta dan varian E Rp447,5 juta.

Sementara itu selang beberapa bulan setelah peluncuran Civic hatchback, HPM menghadirkan Civic Type R bersamaan dengan GIIAS 2017. Honda Civic Type R menghadirkan teknologi dan performa yang telah teruji di lintasan balap dunia.

Baca juga: Tenaga Honda Civic Type R Kini Makin Buas

Honda Civic Type R dibekali dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Tenaga Honda Civic Type R disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan.

Eksterior dan interior Honda Civic Type R tampil agresif dan lebih sporty ketimbang versi hatchback. Honda Civic Type R dipasarkan dengan harga Rp1,017,5 miliar.(dol)

Previous post
Infografis: Nissan March 2018, City Car Andalan Kaum Hawa
mobil offroad
Next post
5 Mobil Offroad Bertenaga Buas Setara Supercar