Honda Civic Type R Ludes Terjual, Pemesanan Tutup Sementara
Mandalika — Masih ingat Honda Civic Type R generasi keenam yang dijual hampir Rp 1,4 miliar di Indonesia? Kalau Carmudian salah satu orang yang tertarik meminangnya, sayang sekali, pemesanan Civic Type R ini sedang ditutup sementara!
Eits, jangan salah, pesanan Civic Type R ini bukan ditutup sementara karena ada masalah, justru semua unit yang dialokasikan untuk dijual tahun ini semuanya sudah ludes terjual.
“Honda Civic Type R pemesanannya sudah melebihi alokasi 100 unit, sudah 114 unit, terpaksa kami tutup sementara pemesanan nomor rangka 2023,” ujar Billy Yusak, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), pada acara Honda TrackFEST di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok.
Mengingat Honda Civic Type R berkode FL5 ini dibanderol seharga Rp1,399 miliar (OTR Jakarta Mei 2023), antusiasme line up Honda ter-sporty dan termahal di Indonesia ini bisa dibilang sangat luar biasa.
Lantas, apakah Civic Type R anyar ini akan berhenti dipasarkan di Indonesia?
Tentu tidak.
Pemesanan sedan sport bertenaga 315 HP dan torsi 420 Nm ini akan segera dibuka kembali, tapi untuk VIN 2024.
“Peminat Type R FL5 sangat banyak, karena itu pemesananan akan dibuka lagi di Juli 2023 untuk nomor rangka 2024,” tambah Billy.
Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5)
Sedikit mengingatkan, Honda Civic Type R generasi keenam (FL5) ini berbasis dari Civic standar generasi ke-11, tapi dari yang versi Hatchback, bukan versi Sedan seperti yang dijual di Indonesia.
Dibanding Civic Type R generasi kelima (FK8), FL5 ini memiliki dimensi yang lebih lebar 12 mm, lebih rendah 19 mm dan wheelbase-nya lebih panjang 35 mm.
Selain itu, desain Civic Type R FL5 jauh lebih dewasa dan matang dibanding pendahulunya.
Hal tersebut didapat dari kap mesin berbahan aluminium yang lebih ringan 43 persen dibanding sebelumnya.
Ketambahan lagi, pelek forged 19 inci dengan model desain rim stepless dibanding 20 inci dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S 265/30 R19 yang dikembangkan khusus.
Pintu bagasi berbahan resin juga diklaim lebih ringan 20 persen, hingga spoiler dengan support die cast aluminium.
Dibanding Civic Hatchback standar, interiornya Civic Type R FL5 terlihat lebih sporty karena penggunaan setir yang lingkarnya berlapis bahan suede dengan emblem merah khas Type R.
Konsol tengah dan shift knob berbahan aluminium, karpet dasar merah dan—yang paling mencolok—jok depan bucket seat berbahan suede sintetik warna merah yang support-nya sangat tebal dan mengikat menambah kesan sporty juga.
Bintang utamanya tentu yang ada di bawah kap mesin.
Civic Type R FL5 tetap menggunakan mesin yang sama seperti sebelumnya dengan kode K20C berkapasitas 1.996 cc, tapi tenaganya naik 9 HP dari yang lama menjadi 315 HP (319 PS) dan torsinya naik 20 Nm menjadi 420 Nm.
Ingat, Civic RS yang dijual di Indonesia tenaganya sekitar 176 HP, artinya Civic Type R FL5 ini tenaganya nyaris dua kali lipat Civic RS standar!
Pengembangan sektor mesinnya juga tidak sedikit.
Dari turbo yang jumah blade-nya dikurangi dan bentuk serta diameternya dioptimalisasi agar inersia di unitnya berkurang.
Sistem exhaust straight-nya menaikkan aliran udara keluarnya sebanyak 13 persen yang mengurangi back pressure, sehingga mesin bekerja lebih efisien.
Radiatornya di-upgrade, air intake lebih besar, engine control system-nya direvisi dengan mengatur ulang sistem VTC-nya, hingga transmisi manual 6-percepatannya mendapat beberapa revisi seperti flywheel yang lebih ringan 18 persen dan inersia berkurang 25 persen, juga sistem rev matching dengan auto blip yang direvisi.
Klaimnya, waktu 0-100 km/jam Civic Type R FL5 ini hanya membutuhkan 5,4 detik saja.
Kalau penasaran dengan spesifikasi hingga serba-serbi dari Honda Civic Type R FL5 ini, simak langsung Review 10 Hal Honda Civic Type R di Youtube Channel Carmudi di bawah, ya!
Data Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5) Indonesia:
Mesin | K20C1 |
---|---|
Jumlah Silinder | 4, Segaris |
Teknologi Mesin | DOHC, VTEC Turbo, Gasoline Direct Injection, Single Scroll Turbocharger |
Kapasitas Mesin | 1.996 cc |
Tenaga Maksimum | 315 HP (319 PS) @ 6.500 RPM |
Torsi Maksimum | 420 Nm @ 2600-4.000 RPM |
Layout Mesin | Mesin Depan Penggerak Roda Depan |
Transmisi | Manual 6-percepatan dengan Rev Match |
Kapasitas Tangki | 47 liter |
Rekomendasi Bahan Bakar | Bensin dengan oktan minimal RON 95 |
Panjang | 4.594 mm |
Lebar | 1.890 mm |
Tinggi | 1.401 mm |
Wheelbase | 2.734 mm |
Sistem Kemudi | Electric Power Steering |
Radius Putar | 6,2 m |
Suspensi Depan | Dual Axis |
Suspensi Belakang | Multi-link |
Ground Clearance | 121 mm |
Ukuran Ban | 265/30 R19 |
Ban | Michelin Pilot Sport 4S |
Rem Depan | Cakram Ventilasi (2-piece) 350 mm Brembo dengan Kaliper Aluminium dengan 3-piston |
Rem Belakang | Cakram Ventilasi 305 mm Brembo dengan Kaliper 1-piston |
Sistem Rem | ABS, EBD, VDC, HSA |
Penulis: Fransiscus Rosano
Editor: Dimas
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!