BeritaMobil

Honda CR-V Terbaru, Honda Lebih Pilih Hybrid Daripada Diesel

Tokyo – Honda sedang mempersiapkan pengembangan terbaru untuk SUV andalannya Honda CR-V. Rencananya, model ini akan muncul di Tokyo Motor Show 2017, akhir Oktober mendatang.

Berbeda dengan tren kebanyakan SUV di dunia yang memilih mesin diesel sebagai andalan, Honda malah memutuskan kalau mesin ganda perpaduan bensin dan listrik sebagai penunjang utama dari Honda CR-V.

“Generasi kelima CR-V terdiri dari rangkaian hybrid yang dilengkapi “SPORT HYBRID i-MMD” yakni sistem two-motor hybrid yang akan tersedia untuk varian FWD dan 4WD,” tulis Honda dalam keterangan resminya.

Apa Itu i-MMD pada Honda CR-V Hybrid?

Disebut i-MMD (Intelligent Multi Mode Drive), sistem ini terdiri dari mesin bensin dan motor dua motor yang didukung oleh baterai lithium-ion.

Namun, tidak seperti Toyota Prius atau Hyundai Ioniq tidak ada transmisi fisik atau gearbox. Sebaliknya, transmisi yang hilang direplikasi oleh mesin dan motor listrik.

Melepaskan gearbox secara dramatis mengurangi ukuran mesin secara keseluruhan, menghemat berat dan meningkatkan efisiensi pada saat bersamaan, menurut Honda.

Sistem secara otomatis berganti-ganti di antara tiga mode mengemudi tergantung pada kondisi: tenaga listrik, hiybrid, juga mesin bakar.

Pada mode hybrid roda depan masih digerakkan oleh motor listrik dengan mesin bakar menyuplai tenaga ke motor kedua (electric generator), yang memberi suplai listrik untuk menggerakkan roda.

Keseluruhan sistem bekerja dan terasa sangat mirip dengan menggunakan gearbox CVT, alias sangat halus seperti tidak ada perpindahan mode sumber tenaga.

Saat berjalan normal listrik bisa mengambil alih, saat ingin melaju kencang mesin bakar bisa mengambil alih menggerakkan roda depan melalui kopling kecil untuk memaksimalkan efisiensi.

Mau lebih kencang lagi? Mesin bakar dan kedua motor listrik akan saling bekerjasama untuk menyuplai tenaga.

Mobil yang sudah dikenal di 160 negara ini akan Premiere di Jepang dengan utilitas telah disempurnakan dengan menambah kursi tiga baris untuk model Honda CR-V dengan mesin bakar konvensional, seperti di Indonesia.

Menariknya, nuansa canggih tetap disematkan dengan menjadikan fitur keamanan “Honda SENSING” sebagai fitur standar.

Seperti apa sosok baru Honda CR-V ini nantinya? Pantengin Carmudi Indonesia untuk ulasan lengkapnya langsung dari Tokyo Motor Show 2017!

Penulis: Bagja Pratama

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts