Berita

Honda dan Pabrikan Jepang Lain Hentikan Ekspor ke Rusia

Tokyo – Honda Motor Company, Ltd resmi menghentikan sementara ekspor mobil dan sepeda motor ke Rusia. Keputusan ini dilatarbelakangi oleh invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Seorang juru bicara Honda mengatakan bahwa ekspor kendaraan ke Rusia sudah dihentikan mulai Rabu (2/3/2022). Dirinya tidak merinci kapan kegiatan ekspor berjalan kembali.

Honda tidak memiliki pabrik di sana, sehingga pengiriman mobil dilakukan secara langsung dari Jepang.

Ekspor Honda ke Rusia

Ilustrasi pabrik mobil Honda di China (Foto: CNN)

Sementara itu, pabrikan Jepang lain, Mazda Motor Corp sudah memiliki rencana untuk menghentikan sementara ekspor suku cadang mobil ke Rusia. Namun, belum diketahui pasti kapan waktunya.

>>>>> Cek daftar harga mobil Honda baru 2022

Nissan Motor Co Ltd masih bertahan dan terus melanjutkan roda bisnisnya sambil memantau situasi di sana. Berbeda dengan di Ukraina, juru bicara Nissan mengatakan kantor dan diler mereka ditutup.

Sebagaima diberitakan Reuters, Kamis (3/3/2022), Rusia menjadi salah satu negara tujuan ekspor kendaraan Nissan. Tahun lalu, Nissan membukukan penjualan mobil sebanyak 53.000 unit.

Toyota dan Mitsubishi Berhenti Produksi Mobil

Toyota Motor Corp akan menghentikan produksi mobil di pabriknya di Rusia mulai Jumat mendatang karena kesulitan mendapatkan suku cadang dan hambatan logistik lainnya.

Sedangkan impor kendaraan ke “Negeri Beruang Merah” itu sudah berhenti.

Namun, penjualan mobil masih terus berjalan hingga stok di diler habis. Toyota juga masih melayani pelanggan yang hendak melakukan perawatan mobil.

Toyota memiliki pabrik pembuatan mobil di St. Petersburg. Pabrik tersebut memproduksi sekitar 80.000 kendaraan dan mempekerjakan 2.000 karyawan.

“Sebagai perusahaan yang beroperasi di Ukraina dan Rusia, prioritas kami dalam menangani krisis ini adalah memastikan keselamatan semua anggota tim, karyawan dan mitra rantai pasokan. Kami juga memantau perkembangan global dan akan membuat keputusan yang diperlukan sesuai kebutuhan,” tulis Toyota dalam pernyataan resminya.

Ekspor Honda ke Rusia

Alasan restrukturisasi operasi, Honda berhenti pasok mobil ke diler (Foto: Reuters)

Mitsubishi Motor Corp dikabarkan telah menghentikan produksi dan penjualan mobil di Rusia karena mengalami gangguan rantai pasokan.

Selain pabrikan Jepang, produsen mobil asal Eropa, seperti Volvo, Volkswagen, Renault, Daimler Truck sudah menangguhkan kegiatan ekspor hingga batas waktu yang tak ditentukan.

>>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/