Sepeda motor

Honda India Patenkan U-Go, Bakal Meluncur ke Indonesia?

India — Honda India dikabarkan telah mematenkan desain dari skuter listrik terbaru U-Go yang diprediksi meluncur tahun ini.

honda u-go

Honda akan segera meluncurkan skuter listrik U-Go di India. (Foto: Bikeadvice)

Dilansir dari laman Bikeadvice, Honda India kedapatan mematenkan desain U-Go yang sebelumnya sudah meluncur di Cina pada Agustus 2021 lalu.

Melihat dari segi desain, Honda U-Go ini memang diperuntukkan mobilitas perkotaan dengan jarak tempuh yang relatif tak terlalu jauh. Bentuknya kecil, sementara tampilannya mirip Viar Q1 yang ada di Indonesia.

honda u-go

Honda U-Go merupakan skuter listrik kecil untuk mobilitas perkotaan saja. (Foto: Bikeadvice)

Motor listrik mungil tersebut dibekali dengan beberapa fitur standard seperti lampu yang semuanya sudah memakai LED, layar instrumen cluster dengan LCD, port pengisian USB, dan bagasi sebesar 26 liter di bawah jok.

Menurut kabar yang berembus, Honda India nantinya akan menawarkan motor listrik ini dalam dua varian. Varian pertama dibekali motor listrik 1,2 kW dan varian kedua dibekali motor listrik 0,8 kW.

Varian pertama diklaim mampu mengeluarkan tenaga 1,6 hp dengan kecepatan maksimal 55 km/jam. Sementara varian kedua mampu mengeluarkan tenaga 1,1 hp dengan kecepatan maksimal 45 km/jam.

honda u-go

Honda U-Go di India akan ditambah kemampuan jarak tempuhnya dengan memanfaatkan baterai kedua. (Foto: Bikeadvice)

Masih dari sumber yang sama, Honda U-Go di India akan memiliki jarak tempuh di kisaran 65 km dalam satu kali pengisian penuh. Namun Honda India dikabarkan akan meningkatkan jarak tempuh skuter listrik ini hingga kisaran 130 km lewat pemakaian baterai kedua.

Walaupun baru dipatenkan dari segi desain, belum ada informasi resmi kapan Honda U-Go akan diluncurkan.

Honda U-Go Sudah Didaftarkan di Indonesia

Nama U-Go sendiri sebenarnya sudah pernah dipatenkan di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual oleh Honda di Indonesia pada Januari 2022 lalu.

 

Dari data yang tertera di sana diketahui bahwa desainer berasal dari Cina dan Prancis. Sayangnya hingga kini nama U-Go seakan menguap menjadi udara tanpa ada kabar lanjutan.

Kehadiran Honda U-Go mungkin bisa memperbanyak pilihan untuk masyarakat akan skuter listrik di Indonesia.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/