Berita

Honda Jazz Disuntik Mati Tak Hanya di Indonesia, Tapi Juga Filipina

Jakarta –Honda Jazz resmi disuntik mati di Indonesia dan produksinya sudah dihentikan pada Februari 2021. Rupanya, langkah PT Honda Prospect Motor (HPM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia diikuti oleh Honda di Filipina.

Honda Cars Philippines (HCPI) baru-baru ini secara resmi mengeluarkan pengumuman bahwa Jazz telah disuntik mati dan tidak dijual lagi di Filipina.

Honda Jazz disuntik mati

Honda Jazz disuntik mati di Indonesia (Foto: Carmudi)

“Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami ingin secara resmi mengumumkan penghentian Jazz dan semua variannya. Agar kami dapat mengalihkan fokus dan sumber daya kami ke model saat ini dan yang akan datang,” kata Masahiko Nakamura, presiden HCPI, seperti dilansir dari Autoindustriya, Senin (12/4/2021).

Honda Jazz pertama kali hadir di Filipina pada Juli 2004, artinya sudah 17 tahun meramaikan pasar otomotif di sana. Sedangkan secara global, Jazz atau dikenal juga dengan sebutan Fit telah berusia 20 tahun sejak diluncurkan pada Juni 2001.

Honda Jazz generasi ketiga menjadi model terakhir yang dijual sebelum akhirnya disuntik mati. Generasi pertama datang pada 2004, diikuti Jazz generasi kedua pada 2008, dan terakhir yakni generasi ketiga meluncur pada 2014.

HCPI mengklaim selama kurun waktu 17 tahun, Honda Jazz telah terjual lebih dari 25 ribu unit di pasar Filipina. Saat ini stok Jazz masih tersedia di diler dan akan terus dijual sampai habis.

Honda Jazz disuntik mati

New Honda Jazz tampilan belakang. (Foto: Carmudi)

Berdasarkan rumor yang beredar, HCPI telah menyediakan pengganti dan penerus Honda Jazz yang telah disuntik mati yaitu City Hatchback. Kemungkinan mobil lima pintu ini akan meluncur dalam waktu dekat dan didatangkan langsung dari Thailand.

Honda City Hatchback RS Jadi Pengganti Jazz di Indonesia

Bersamaan dengan peluncuran City Hatchback RS pada awal Maret lalu, HPM secara resmi mengumumkan berhenti memproduksi dan menjual Jazz.

“Memang karakter yang khas pada Honda City Hatchback RS ini adalah sama dengan Jazz yang sporty desainnya, performa engine yang baik, malah ini (City Hatchback RS) lebih baik. Jadi kami anggap, berfikir, bahwa karakter Honda City Hatchback RS sama dengan Jazz, bahkan lebih bagus dan tentu value for money lebih baik,” Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Harga Honda City Hatchback

Harga Honda City Hatchback resmi diumumkan (Foto: Carmudi)

Honda Jazz hadir di Indonesia sejak 2003 dan selalu mendapat perhatian positif dari konsumen khusunya kaum muda.

City Hatchback RS sebagai penerus Jazz punya desain eksterior yang stylish, ruang belakang yang luas, panel instrumen berkualitas tinggi dan fitur canggih.

Mesin yang dipakai City Hatchback RS berbeda dengan Jazz. Perbedaan paling mencolok dari sisi teknologi, di mana Jazz masih menggunakan Single Over Head Camshaft (SOHC), sedangkan City Hatchback RS pakai Double Over head Camshaft (DOHC).

Pesaing baru Toyota Yaris itu dibekali mesin 1.498 cc , 4 silinder, DOHC bertenaga 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT atau manual 6 percepatan.

Honda City Hatchback RS (Foto: HPM)

Berikut harga Honda City Hatchback RS yang berlaku di wilayah Jakarta (OTR Jakarta):

  • City Hatchback RS M/T (manual) Rp289 juta
  • City Hatchback RS CVT (otomatis) Rp299 juta.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts