HomeBeritaHonda Luncurkan HR-V Versi Turbo, Indonesia Menyusul?

Honda Luncurkan HR-V Versi Turbo, Indonesia Menyusul?

Honda HR-V facelift (Foto: Paultan)

Paris – Hampir enam bulan setelah resmi meluncur di Jepang, Honda Eropa akhirnya menghadirkan HR-V facelift. Bedanya dengan di Jepang, khusus pasar Eropa HR-V facelift akan dibekali dengan turbocharger. Itu artinya Honda HR-V terbaru tidak hanya tampak lebih segar tapi juga bertenaga.

Sebagaimana diberitakan Paultan, pada saat peluncuran nanti HR-V facelift tersedia dengan mesin 1.5 litre i-VTEC. Mampu menghasilkan tenaga 130 hp dan torsi puncak 155 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu cukup untuk HR-V melesat sejauh 100 km/h dalam 10.7 detik untuk model dengan transmisi manual enam percepatan. Sedangkan model dengan transmisi otomatis jenis continuously variable transmission lebih lambat sekira dua detik.

Pertengahan 2019 Honda akan menambahkan HR-V facelift dengan mesin bensin turbocharged VTEC 1,5 liter yang lebih sporty dan 1.6 liter i-DTEC diesel. Honda belum mengkonfirmasi rincian tenaganya.

Meskipun begitu mesin bensin yang disematkan ke HR-V facelift merupakan milik Honda Civic hatchback. Yang menghasilkan tenaga sekuat 173 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 219,6 Nm pada 5.500 rpm.

Honda HR-V facelift (Foto: Paultan)

HR-V facelift untuk pasar Eropa juga akan dilengkapi dengan material khusus di kabin yang berguna untuk meredam suara bising dari luar mobil. Selain itu ada juga lampu halogen proyektor baru dan lampu senja LED sebagai standar.

Juga ditambah grafis grille krom gelap yang lebih berani, air intake depan bersanding dengan lampu kabut, aksen krom. Serta smoked tail lights menyempurnakan tampilan HR-V facelift.

Honda di Indonesia Belum Ada Tanda-Tanda Mengeluarkan HR-V Versi Turbo

Bersamaan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan HR-V terbaru. Mobil yang masuk segmen Sport Utility Vehicles (SUV) itu megalami sedikit peyegaran baik itu pada sektor eksterior maupun interior.

Eksterior Honda HR-V terbaru memiliki gril depan yang membuatnya terlihat semakin gagah. Lampu utama dan senja LED membuat tampilan HR-V terbaru lebih elegan dan lampu kabut LED menambah visibilitas saat berkendara di kondisi berkabut.

Kini HR-V terbaru juga dilengkapi dengan velg 17 inch dan antena model sirip hiu menambah kesan agresif. Di kabin, Honda HR-V terbaru dibekali head unit layar sentuh 8 inch. Lengkap dengan berbagai format musik dan video melalui media seperti AM/FM radio, AUX-in Port, USB Port, Bluetooth. Serta Miracast/Mirroring yang kompatibel untuk Android.

Pada bagian kursi juga telah dilengkapi dengan desain baru dengan bahan dasar kulit  menambah kesan sporty. Tidak hanya itu, tersedia juga pedal pad sporty.

Honda HR-V terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Masih Ada Peluang Honda HR-V Versi Turbo

Honda HR-V terbaru tersedia dalam 4 varian yaitu tipe 1.8L Prestige CVT, tipe 1.5 E Special Edition CVT, tipe 1.5L E CVT, tipe 1.5L S CVT dan 1.5L S M/T. Khusus HR-V  mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder mampu mengeluarkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm. Torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.600 rpm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan.

Sedangkan HR-V dengan mesin 1.8 liter SOHC i-VTEC 4 silinder menghasilkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm. Dengan torsi maksimal 17,2 kg.m pada 4.300 rpm.

Namun sangat disayangkan dari semua mesin tidak ada satupun dilengkapi dengan turbocharged seperti yang bakal dihadirkan di pasar Eropa. Hingga sekarang belum ada tanda-tanda HPM untuk membawanya masuk ke Tanah Air.

“Sampai saat ini kita belum ada rencana,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director HPM kepada Carmudi, Rabu (15/8).

Tetapi dirinya tidak menampik bila mesin yang sudah dibekali dengan turbocharged cocok digunakan di Indonesia. Jonfis menjelaskan bahwa dengan disematkannya turbocharged pada mesin mobil tidak hanya membuat tenaganya semakin meningkat tapi juga irit bahan bakar.

“Cocok sekali. Itu juga merupakan tren dunia saat ini untuk teknologi Internal Combustion Engine. Selain bisa menghasilkan tenaga besar, irit bahan bakar, dan juga membuat lingkungan lebih bersih. Dengan begitu konsumen dapat dipastikan akan merasaka kesenangan mengeudi,” tutur Jonfis.

Beberapa merek di segmen yang sama selain Honda sudah mulai membekali beberapa variannya dengan turbocharged . Bisa jadi Honda saat ini masih menyimpan strategi, melihat respon pasar terkait teknologi ini. (dol)

Previous post
Kembaran Honda Supra X 125 Terbaru Rilis di Thailand, Indonesia Kapan?
Next post
Fitur HSTC di Honda Forza Bisa Hilangkan Rasa Gugup