Sepeda motor

Honda Monkey 2021 Meluncur dengan Mesin Baru, Lihat Harganya

Inggris – Honda dikabarkan baru saja meluncurkan Monkey model 2021. Perubahan yang diberikan tergolong besar karena disebut menggunakan mesin baru.

Media otomotif asal inggris, Motor Cycle News, melaporkan mesin yang digunakan Honda Monkey 2021 memiliki ukuran diameter dan langkah lebih kecil dibanding sebelumnya guna mengejar rasio kompresi yang lebih besar.

Honda Monkey 2021

(Foto: MCN)

Perubahan jantung pacu tersebut diiringi penggunaan filter udara dan desain air intake anyar untuk memuluskan pasokan udara ke dalam mesin.

Walau ada perubahan signifikan, kapasitas mesinnya tetap sama. Begitu juga dengan tenaga yang dihasilkannya, yakni 9,3 Hp dan torsi 10,9 Nm untuk torsinya.

Bedanya, untuk tenaga puncak kini tersedia pada putaran mesin yang lebih rendah, yakni 6.750 rpm dari sebelumnya 7.000 rpm. Tapi untuk torsi puncak kehadirannya justru berada di level putaran mesin lebih tinggi, yakni 5.500 rpm dari sebelum 5.250 rpm.

Tak hanya sampai di situ, perubahan besar lainnya juga bisa ditemui pada sistem transmisinya. Honda Monkey 2021 menggunakan transmisi 5-percepatan dari sebelumnya yang hanya 4-percepatan.

Harga Honda Monkey 2021

(Foto: MCN)

Hal ini tentunya dapat meningkatkan pengalaman berkendara dengan motor berdimensi mungil tersebut lantaran jarak antar rasio gigi menjadi lebih rapat.

Pada sektor performa, saluran pembuangan juga mendapat revisi lewat knalpot baru untuk mengejar standar emisi gas buang Euro 5.

Kemudian untuk bagian kaki-kakinya, suspensi depan mendapat sedikit perubahan berupa jarak travel lebih panjang dan penerapan mekanisme two stage. Hal ini diklaim bisa meningkatkan kenyamanan ketika motor dipakai melewati medan jalan yang tidak rata.

Harga Honda Monkey 2021

Masih dari sumber yang sama, harga Honda Monkey 2021 berada di angka 3.899 pound sterling untuk pasar Inggris atau setara Rp78,2 rupiah.

Pada model 2021 ini terdapat opsi warna baru yang menggabungkan kelir biru dan silver metalik.

Seperti diketahui, motor ini juga dipasarkan di Indonesia. Menariknya harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan angka di atas, yaitu Rp79,34 juta.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts