Home » Sepeda motor » Honda PCX Electric Resmi Meluncur, Cuma Tersedia Untuk Disewakan

Honda PCX Electric Resmi Meluncur, Cuma Tersedia Untuk Disewakan

Honda PCX Electric belum dijual untuk umum

Jakarta – Honda akhirnya merealisasikan rencana untuk merilis PCX versi elektrik. Hari ini, Kamis (31/1) PT Astra Honda Motor memperkenalkan Honda PCX Electric untuk masyarakat Indonesia. Sayangnya, motor ramah lingkungan ini hanya tersedia untuk kalangan terbatas.

“Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor. Lahirnya PCX sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik,” ujar Toshiyuki Inuma, Presiden Director AHM saat peluncuran.

Sebagai motor konsep, Honda PCX Electric pertama kali dipamerkan di Indonesia bersamaan dengan gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), awal November tahun lalu. Kini AHM memproduksinya secara lokal di pabrik perakitan Sunter, Jakarta Utara. Pada tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis untuk Honda PCX Electric berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis.

“Sebagai tahap awal upaya kami secara gradual menghadirkan pengalaman berkendara dengan motor listrik bagi masyarakat, kami pertama-tama akan kenjalankan skema bisnis berupa penyewaan kepada perusahaan unruk mendukung operasional di berbagai lini. Komitmen bisnis kami diwujudkan melalui penyediaan fasilitas penggantian baterai di beberapa lokasi serta kesiapan teknisi 7X24 jam melayani konsumen,”tambah Johannes Loman selaku Vice President Executive PT AHM pada kesempatan yang sama.

Honda PCX Electric dikembangkan dengan mengganti tenaga dari mesin bakar dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih compact. Karakter sistem tenaga listriknya mampu menghadirkan torsi optimial sejak putaran bawah. Ini membuat PCX Electric punya kemampuan menanjak yang mumpuni.

“Kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma.

Sekilas kemampuan Honda PCX Electric

Honda PCX Electric menghasilkan output maksimum 4.2kW dengan torsi maksimal 18 Nm @500 rpm. Kemampuan baterai pada Honda PCX Electric dapat digunakan berkendara hingga jarak 69 kilometer dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan. Energi listrik tersimpan pada dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack.

Sepasang baterai PCX bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system), atau dicolok menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan.

Pengisian baterai butuh waktu selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board (lepas baterai). Sementara itu, pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) butuh waktu 6 jam.

Previous post
Toyota 86 Berhenti Produksi Gara-gara Toyota Supra Baru?
Daftar Harga BMW 2019 terbaru
Next post
Tersedia Belasan Model dan Varian, Ini Daftar Harga BMW 2019 Terbaru