Berita Produk Sepeda motor Sumber informasi

Honda: All New PCX Tak Takut dengan Yamaha NMax Karena Beda Konsep

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta -Seperti diketahui beberapa waktu lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing resmi meluncurkan NMax terbaru  (9/12), selisih beberapa hari sebelum pesaing terdekatnya yaitu Honda PCX wajah baru. Walaupun NMax lebih dulu meluncur, namun sepertinya PT Astra Honda Motor (AHM) tidak melihat hal itu sebagai ancaman.

Bahkan pabrikan yang berlambang sayap kepak itu tidak memandang NMax sebagai model pesaing untuk PCX. Memang ini alasan yang normatif, meskipun dari segi fitur PCX memang masih unggul dan harganya tak berbeda jauh.

“Jadi kalau saya lihat konsepnya berbeda antara model kami (PCX) dan mereka (Yamaha Nmax),” ujar President Director AHM Toshiyuki Inuma, pada saat peluncuran All New PCX 150 di Jakarta, pada Rabu (13/12) lalu.

Beda konsep yang dimaksud oleh Inuma salah satuya yaitu dari segi penampilan antara PCX dan NMax. Dirinya beranggapan bahwa All New PCX 150 tampil dengan desain tubuh yang sangat elegan. Sedangkan NMax sendiri menurutnya lebih ke arah tampilan sporty. “Tapi itu semua tergantung dari selera konsumen pada saat memilih,” terang Inuma.

Sementara itu dari segi kenyamanan saat dikendarai baik itu untuk harian atau touring, Inuma sangat percaya diri bahwa produk yang bakal diproduksi secara lokal itu lebih nyamman dibanding model lainnya yang berada dalam satu segmen.

“Kalau saya sih yakin kenyamanannya tidak tertandingi untuk model All New PCX 150. Sya yakinkan PCX dan NMax konsepnya berbeda” katanya.

Sebagai informasi Honda All New PCX 150 akan mulai diproduksi di pabrik AHM, Sunter, Jakarta Utara mulai awal tahun depan. Dibanderol dengan kisaran harga antara Rp27 juta sampai Rp32 juta, Honda belum menentukan target penjualan.

“Kami mohon maaf tidak bisa menyebutkan karena baru akan diproduksi tahun depan,” ungkapnya singkat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga All New Honda PCX 150

Konsumen All New Honda PCX

Honda All New PCX 150 datang dengan desain dan tambahan fitur baru yang belum ada di model terdahulu. Honda tidak terlalu muluk-muluk dalam menentukan target konsumen untuk sepeda motor matik bertubuh bongsor itu.

“Konsumen All New PCX adalah menyasar pengguna sepeda motor yang sebelumnya memakai Vario 125 dan  Vario 150, tapi mereka yang ingin memilih motor dengan mesin 150 cc  dengan bodi lebih besar,” tuturnya.

Bicara soal Vario, pada kesempatan yang sama Inuma sempat memaparkan bahwa mesin yang digendong oleh All New PCX 150 sama seperti yang dipakai oleh Vario 150. Hanya saja kata Inuma ada beberapa bagian pada mesin yang dikembangkan sehingga dapat dipastikan tenaga yang dihasilkan berbeda.

“Basic mesin sama, tapi kami telah melakukan pengembangan. Perangkat intake dan exhaust berbeda,” ungkap Inuma.

Namun yang cukup disayangkan adalah Honda masih menutup-nutupi tenaga dari mesin PCX terbaru. Berdasarkan spesifikasi yang dikeluarkan oleh Honda, All New PCX 150 dibekali mesin tipe 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP. Sedangkan kapasitasnya 149,3 cc.

Honda menyediakan 2 tipe All New PCX yakni Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS). Pilihan warnanya beragam mulai dari Black, White, Red dan Light Gold. Motor ini memiliki panjang tubuh sekira 1.923 milimeter, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm, serta jarak sumbu roda 1.313 mm. Kapasitas tangki cukup besar, mampu menampung bahan bakar sebanyak 8 liter.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts