Sepeda motor

Honda Perkenalkan CBSix50, Motor Konsep Bergaya Scrambler

Makin maraknya perkembangan sepeda motor bergaya Scrambler, membuat Honda tak mau ketinggalan untuk menghadirkan motor konsep dengan gaya yang sama. Pada ajang EICMA di Milan, pabrikan asal Jepang tersebut memerkenalkan dua buah sepeda motor konsep yang diberi label CBSix50 dan CB4. Honda menghadirkan kedua sepeda motor konsep tersebut sebagai jawaban atas kehadiran motor-motor bergaya Scrambler selama beberapa tahun terakhir ini yang dikeluarkan oleh beberapa pabrikan sepeda motor ternama di dunia.

CBSix50 dan CB4, Serupa tapi Tak Sama

Meskipun masih berupa sepeda motor konsep, tapi Honda membekali kedua sepeda motor tersebut dengan model terbaru dari CB650F dan bermesin empat silinder. Honda CB650F sendiri merupakan versi naked bike dari CBR650F. Bentuk bodi CB650F yang terbilang cukup tinggi, karena di desain sebagai sebuah motor touring, membuat Honda menganggapnya sebagai model yang pantas untuk dijadikan basis CBSix50 dan CB4.

CBSix50

Nampak samping dari motor konsep Honda CBSix50

Memiliki basis yang sama dengan CB4, tapi Honda hanya menggarap CBSix50 sebagai model Scrambler. Sedangkan untuk CB4, motor ini di desain sebagai sepeda motor urban berkonsep naked bike, sesuai dengan CB650F yang menjadi basis pembuatannya. Sementara perombakan untuk model Scrambler dipastikan akan cukup banyak, karena modelnya berbasis dari naked bike.

Namun, Honda sepertinya sudah memersiapkan segala kemungkinannya. Hal itu bisa terlihat ketika CBSix50 diperlihatkan untuk kali pertamanya di EICMA, di mana motor tersebut memang sudah dipersiapkan untuk bisa melibas segala macam kondisi. CBSix50 nampak dijejali dengan ban tapak yang tebal, lalu pelindung tangan, dan plat untuk melindungi bagian vital motor. Bodinya mungkin terlihat gambot, tapi itu hanyalah kamuflase untuk melindungi pengendaranya.

CBSix50

Honda CB4, motor konsep kembaran dari Honda CBSix50

Sementara untuk motor konsep CB4 memang dipersiapkan sebagai motor jalanan. Meskipun berkonsep naked bike, tapi modelnya dibuat klasik. Hal itu bisa terlihat dari model knalpot dengan gaya lama, tapi tetap memerlihatkan tampilan yang agresif. Berbeda dengan saudara kembarnya, CB4 memang terlihat memiliki desain bodi yang besar dan kokoh.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts

Comments are closed.

/