Honda Pertahankan Posisi Ketiga di Indonesia Sampai Juli 2014

JIKA beberapa tahun terakhir ini merek Mitsubishi dan Suzuki selalu identik sebagai pabrikan otomotif yang berada di posisi ketiga dalam hal penjualan secara nasional. Kini, hal itu segera berganti dan masuk merek mobil Honda merangsek sebagai bagian tiga besar penguasa pasar otomotif.
Kehadiran model mobil Honda terbaru yang menarik dan elegan banyak menarik hati konsumen ketimbang dua merek yang pernah duduk di peringkat ketiga tersebut. Jika dahulu, Honda seakan-akan hanya mengandalkan Honda Jazz sebagai tulang punggung penjualannya, kini muncul nama baru seperti Honda Brio, Mobilio, dan produk LCGC Brio Satya memberikan kontribusi signifikan bagi pabrikan Honda Indonesia.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Honda dari Januari hingga Juli 2014 mencapai 95.658 unit. Dengan sumbangan terbesar datang dari Honda Mobilio sebanyak 52.671 unit atau memberikan 23% dari pangsa pasar MPV di Indonesia. Selanjutnya diikuti Honda Jazz yang laku terjual 9.763 unit sepanjang tahun 2014 dengan pangsa pasar sebesar 31% di kelas hatchback.
“Penjualan produk-produk Honda cukup baik mengingat hari kerja yang pendek di bulan Juli lalu. Kami yakin penjualan akan kembali meningkat di bulan selanjutnya karena kembali aktifnya pasar secara penuh,” tandas Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resminya.