Sepeda motor

Honda RC213V-S Jadi Motor Termahal di Jepang

Jepang — Honda RC213V-S ternyata menjadi sepeda motor yang punya harga paling mahal di Jepang. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi khusus balap yang masih bisa digunakan untuk kebutuhan jalan raya.

Diberitakan laman MCN, Honda RC213V-S ini beberapa waktu lalu sempat terjual di Jepang dengan harga 177.035 Poundsterling atau setara Rp3,3 miliar (kurs 1 Poundsterling= Rp19.121,-).

Honda sendiri mengklaim hanya memproduksi sepeda motor tersebut sebanyak 213 unit di seluruh dunia, dan salah satu motor yang terjual di Jepang ini bernomor produksi 58.

honda rc213v-s

Sebelumnya rekor sepeda motor termahal di Jepang dipegang oleh Honda CB750 yang hanya dibuat empat unit di seluruh dunia.

Honda CB750 buatan 1968 tersebut sempat laku terjual dengan harga 164.282 Poundsterling atau setara dengan Rp3,1 miliar (kurs 1 Poundsterling= Rp19.121,-) dan memegang rekor selama beberapa tahun.

Namu, spesifikasi balap pada sepeda motor Honda RC213V-S bukanlah satu-satunya faktor yang membuat harganya mahal. Faktor lain adalah motor ini dibuat sepenuhnya menggunakan tangan, alias handmade.

honda rc213v-s

Honda memproduksi motor sport satu ini dengan standar MotoGP dari segi rangka, transmisi, fitur, dan mesin. Bahkan Marc Marquez menggunakan motor ini sebagai tunggangan latihan pasca cedera yang dialaminya lantaran spesifikasinya mirip dengan motor MotoGP miliknya.

Versi 213V-S ini juga telah dibekali dengan sport kit yang disertakan livery HRC Tricolour. Honda mengatakan jika mesin pada motor ini dibuat dengan filosofi mudah dikendarai oleh siapa saja.

Di Indonesia bahkan motor tersebut sudah dibeli oleh Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Komisi III DPR RI. Ia beberapa waktu lalu kedapatan memamerkan motor yang baru dibelinya tersebut di garasi miliknya.

honda rc213v-s

Dikutip dari berbagai sumber, dirinya membeli sepeda motor yang dibuat di pabrik Kumamoto, Jepang tersebut dengan banderol 2-3 kali lipat lebih mahal atau berkisar Rp7—9 miliar.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts