Home » Berita » Honda Sonic 150 R Lebih Unggul dari Suzuki Satria F150, Ini Penyebabnya

Honda Sonic 150 R Lebih Unggul dari Suzuki Satria F150, Ini Penyebabnya

Jakarta – Seolah tak rela Suzuki Satria F150 bermain sendiri di segmen motor ayam jago maka pada 2015 Astra Honda Motor (AHM) mendatangkan Sonic 150 R. Diawal kemunculan Sonic 150 R, jagoan utama Suzuki yaitu Satria F150 belum bergeser dari posisi puncak.

Namun seiring mulai meluasnya pemasaran Sonic 150 R di Indonesia, semakin kesini penjualan Satria F150 malah memgalami penurunan. Keperkasaan Honda Sonic 150 R masih bertahan sampai saat ini.

Banggas F. S. Pardede, Marketing 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengakui bila dari segi penjualan Sonic 150 R lebih unggul dari Satria F150. Dirinya mengungkapkan penyebab utama Sonic 150 R karena Honda lebih memiliki lebih banyak jaringan ketimbang Suzuki.

Suzuki All New Satria F150
Model Suzuki All New Satria F150

“Kalau vololume penjualan lebih banyak Honda, karena jaringan-nya (dealer/outlet penjualan sepeda motor) mereka jauh dari kita. Tapi kalau dilihat memang mereka (Honda) jual Sonic berapa sih per ouletnya dia, dibanding Satria per-outlet,” ungkap Banggas.

Walaupun kalah unggul dari sektor penjualan, namun dirinya membantah bila Satria F150 mulai sepi peminat. Berdasarkan data Asoisiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) secara wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) lanjut Banggas penjualan Satria F150 sampai sekarang masih stabil baik itu untuk pasar domestik maupun ekspor.

“Dari data AISI rata-rata Satria F150 perbulan 1.500 sampai 2.000 unit. Kita memang secara internal karena permintaan ekspor besar, kemarin kita sempat ada masalah kapasitas, karena pabrik Suzuki di Indonesia bukan hanya untuk memenuhi pasar domestik saja tapi ekspor juga. Pasar ekspor dan domestik sama-sama sedang naik,” tutur Banggas.

Untuk terus memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor, sekarang ini Suzuki tengah mengenjot produksi dan terus berusaha supaya konsumen yang sudah melakukan pemesanan terhadap Satria F150 tidak terlalu lama menunggu unit sampai ke tangan konsumen.

“Sekarang Satria F150 inden-nya (untuk pasar domestik) kurang dari sebulan,” pungkas dia.

Suzuki Satria F150 Mendapat Penyegaran

Tidak sampai satu minggu setelah Honda mengumumkan penyegaran pada Sonic 150R, kini giliran Suzuki merilis All New Satria F150 dengan warna baru. SIS memberikan penyegaran tampilan kepada model hyperunderbone legendaris itu, dengan warna-warna baru. Setidaknya ada empat pilihan warna baru yang ditawarkan untuk All New Satria F150 seperti Stronger Red, Aura Yellow, Titan Black. Serta Titan Black dengan velg berwarna Red.

Warna-warna serta desain striping baru yang ditawarkan, diyakini Suzuki sudah mewakili tren gaya anak muda masa kini yang penuh semangat dan kebebasan berkreatif tanpa batas.

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen dan calon konsumen sepeda motor Suzuki, SIS memutuskan tidak menaikkan harga untuk All New Satria F150 dengan warna baru. Salah satu jagoan Suzuki ini dijual dengan harga Rp22,5 juta, on the road DKI Jakarta.

Calon konsumen sudah bisa melihat dan memiliki kehadiran All New Satria F150 warna baru awal September 2018 di seluruh jaringan penjualan Suzuki di Tanah Air.(dol)

The Best King of Truck Modification
Previous post
Jadi The Best King of Truck Modification Kuras Modal Rp300 Juta
berburu mobil bekas
Next post
Perempuan Berburu Mobil Bekas, Ini Hal-hal Perlu Diketahui