Home » Sepeda motor » Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F 150, Siapa Meniru Siapa?

Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F 150, Siapa Meniru Siapa?

Dominasi Suzuki di kelas underbone atau biasa disebut ayago (ayam jago) lewat Suzuki Satria F 150 tidak bisa dipungkiri lagi. Motor ini kemudian menjadi salah satu sepeda motor tercepat di kelas 4-tak. Satria F 150 bisa dibilang tidak memiliki rival sama sekali di kelas ini sejak pertama kali meluncur pada 2004. Memang ada Kawasaki Athlete, tetapi reputasinya masih kalah jauh dibanding Satria F 150 dan bermain di kelas 125cc.

Langsung mendominasi pasar sejak pertama kali, banyak yang menyebut Satria F 150 adalah pionir di kelasnya. Bahkan kehadiran Honda Sonic 150R yang bakal berhadapan langsung dengan Satria F 150 di pasar, disebut hanya meniru model dan spesifikasi dari model terlaris Suzuki di Tanah Air tersebut, terutama oleh mereka yang berusia relatif muda.

Padahal jika merunut sejarah model ayago di Tanah Air, banyak model yang masuk ke Indonesia terlebih dahulu sebelum masa keemasan Satria F 150, termasuk Honda Sonic generasi lawas. Jadi, siapa yang meniru siapa?

Motor Ayago Legendaris Awal 2000-an Sebelum Honda Sonic 150R

Sebelum menghadirkan Sonic 150R yang disiapkan sebagai rival abadi Satria F 150, Honda sudah punya ayago handal di Tanah Air meski masih diimpor oleh importir umum. Honda Nova Dash RS masuk ke Tanah Air dari Thailand dengan mengusung bodi yang sporti dan maskulin di zamannya. Performanya juga tangguh dengan mengusung mesin 125cc 2-tak dan berharga mahal, sehingga hanya segelintir orang saja yang memilikinya saat itu dan populasinya saat ini dengan kondisi segar pun bisa dibilang sangat langka.

Honda Nova Dash
Honda Nova Dash, Salah Satu Pionir Motor Ayago di Tanah Air

Yamaha punya Tiara 120 S yang juga dikenal dengan nama J120Z dan Speed MX 120 di sejumlah pasar. Model ini pertama kali diperkenalkan di Thailand pada 1999 sebelum masuk ke Tanah Air secara CBU dari Malaysia pada awal millenium dengan mengusung kapasitas mesin 120cc 2-tak.

Suzuki RK Cool 110 masuk ke pasar Tanah Air pada rentang periode 2002-2004. Mengusung kapasitas mesin 110cc 2-tak, salah satu model ayago CBU pertama di Tanah Air ini saat itu dibanderol cukup tinggi, sekitar Rp17 jutaan. Populasinya cukup langka saat itu meski menyita perhatian di jalan dengan kelir two-tone putih birunya yang khas. Mungkin inilah motor Suzuki pertama di Tanah Air yang menjadi cikal bakal dari Satria F 150.

Honda Nova Sonic 125 menyusul masuk ke Tanah Air, juga dari Thailand. Motor ini relatif lebih sering terlihat di jalan ketimbang Nova Dash meski banderolnya cukup tinggi saat itu, jika dibandingkan banderol rata-rata dari bebek 4-tak lainnya. Banyak yang menyebut desain Nova Sonic kurang atraktif ketimbang Nova Dash. Generasi terbaru Nova Sonic juga diketahui sempat masuk Tanah Air pada masa keemasan Satria F 150, meski populasinya terbilang langka.

Honda Sonic 125
Honda Sonic 125, Cikal Bakal Sonic 150R

Suzuki Raider 125 kemudian masuk setelah RK-Cool cukup sukses di pasaran. Membawa teknologi yang lebih maju dengan mengusung mesin 4-tak, populasinya di Tanah Air relatif lebih sedikit dengan motor serupa di kelasnya yakni Honda Sonic 125.

Suzuki Raider 125 langsung digantikan sang adik yakni Suzuki Raider 150. Inilah motor yang kemudian melahirkan Satria F 150. Pada awal kehadirannya, Raider 150 dibanderol diatas Rp25 jutaan. Suzuki Satria F 150 kemudian dihadirkan secara CBU dari Thailand dengan bentuk yang nyaris serupa dengan Raider 150. Suzuki Indonesia diketahui hanya melakukan beberapa perubahan minor yang disesuaikan untuk pasar di Tanah Air. Satria F-150 CBU bertahan hingga 2004 sebelum Suzuki Indonesia memutuskan Satria F 150 menjadi motor CKD kira-kira pada 2007 dan sempat mengalami beberapa facelift hingga model terkini.

Mampukah Honda Sonic 150R Menandingi Dominasi Suzuki Satria F 150?

Mengadopsi desain identik dan spesifikasi sebanding serta banderol yang nyaris sama, Honda Sonic 150R bisa menjadi penggerus pasar Satria F 150. Apalagi Satria F 150 kini memiliki reputasi sebagai motor balap jalanan yang lebih banyak dipakai oleh remaja tanggung sehingga sisi eksklusif yang dulu identik dengan motor ini, terus berkurang.

Suzuki Satria F 150
Suzuki Satria F 150, Idola Para Remaja Masa Kini

Mereka yang ingin tampil beda tentunya bisa memilih Sonic 150R. Sementara pemakai setia Satria F 150 yang mungkin kecewa dengan reputasi motor tersebut saat ini di mata publik, bukan tidak mungkin berkhianat dengan berganti ke Sonic 150R. Apapun jawaban dari hasil head-to-head antara keduanya nanti di pasar dan mana yang akhirnya terbukti siapa meniru siapa, dipastikan Suzuki tidak akan bisa lagi tidur nyenyak.

Berikut spesifikasi dari Honda Sonic 150R:

Dimensi: 1.941 panjang x 659 lebar x 977 tinggi (mm)
Jarak Sumbu roda: 1.275 mm
Berat: 114,2 kg
Kapasitas tangki: 4,3 liter
Kapasitas dan Tipe Mesin: 148,2cc. 4-tak DOHC water cooled
Tenaga dan Torsi Maksimal: 11,5 kW/9.000 rpm dan 13,5 Nm/8.500 rpm

Honda Sonic 150R
Honda Sonic 150R Bakal Menggerus Pasar Suzuki Satria F 150
Previous post
Teka-Teki Dua Mobil Baru BMW di GIIAS 2015
Next post
(Video) Helikopter Adu Skill Drifting dengan Toyota 86