BeritaProdukSumber informasi

Honda Spacy ‘Pensiun’, Ikut Jadi Tumbal Kesuksesan Honda PCX?

Honda Spacy (Foto: AHM)

Jakarta – Honda mengisi segmen entry level skutik di Indonesia mengandalkan dua model yaitu BeAT Series dan Spacy. Namun demikian, kiprah Honda Spacy tidak bisa sesukses BeAT yang bahkan menjadi skutik sejuta umat.

Peminat skuter dengan bagasi super besar ini rupanya begitu minim. Hal ini mendorong PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya secara resmi menghentikan produksi di bulan ini.

Setelah resmi mempensiunkan Spacy, Honda tidak menyiapkan pengganti untuk skutik ini. AHM saat ini percaya diri dengan menawarkan beragam model yang tersedia kepada konsumen.

“Sementara ini belum ada pengganti Spacy, karena memang pasarnya sudah terisi semua,” ungkap Johannes Loman, Vice President Excecutive PT AHM beberapa waktu lalu.

Honda Spacy pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dengan dukungan mesin 108 cc injeksi yang menghasilkan tenaga 8,2 PS/8.000 rpm dan torsi 8 Nm/6.000 rpm. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), Penjualan Honda Spacy pada 2016 hanya mencapai 6.170 unit.

Kondisi makin parah di tahun berikutnya, pada tahun 2017 penjualan Spacy turun cukup signifikan menjadi 5.042 unit. Bisa dibilang, kehadiran Spacy ini tidak memenuhi selera konsumen Indonesia.

Sebab, pengguna skutik kelas entry level kurang menyukai bentuknya yang lebar sebagai konsekuensi karena ukuran bagasi yang besar.

Sebaliknya, konsumen lebih menyukai skutik dengan desain yang ramping dan sporty. Itulah mengapa, skutik seperti Honda BeAT atau Yamaha Mio langsung laris di awal kemunculannya.

Sejak diluncurkan hingga akhir produksi, Spacy belum pernah mendapat penyegaran atau update model. Loman menyebut bila update model ini mengacu pada model global. “Spacy itu global model, bukan hanya ada di Indonesia,” tambahnya.

Honda Spacy Bukan Tumbal Produksi Honda PCX

AHM saat ini terus menggenjot produksi All New PCX sebagai salah satu model andalannya. Skutik gambot ini permintaannya sangat tinggi, bahkan konsumen masih harus inden.

All New Honda PCX

Namun demikian, Loman mengindikasikan gencarnya produksi PCX ini tidak sampai mengorbankan Honda Spacy yang sampai pensiun. Sebab, kedua skutik ini tidak diproduksi dalam plant (pabrik) yang sama.

“Spacy di Plant 3 Cikarang, itu metik semua. Kalau PCX di Sunter,” jelasnya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts