Berita

Honda Stop Produksi Mobilio, Prioritaskan Brio

Jakarta – Berdasarkan data Gaikindo September 2021, Honda diketahui menghentikan produksi Mobilio.

Bahkan dari sumber yang sama, penjualan wholesales Honda Mobilio anjlok di mana Honda hanya mengirimkan satu unit ke diler.

Perbandingan sangat kontras jika melihat ke bulan sebelumnya, di mana produksi Mobilio berjumlah 180 unit dan wholesales 387 unit.

Honda Mobilio Stop Produksi

(Foto: Carmudi)

Imbas stop produksi tersebut memunculkan spekulasi, salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia menyiapkan generasi baru Mobilio.

Dugaan ini dinilai wajar karena Honda baru saja meluncurkan generasi anyar BR-V yang mana pada model sebelumnya dibangun dalam satu platform yang sama.

Namun dugaan tersebut langsung dibantah Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM.

Dirinya menegaskan bahwa tidak adanya produksi Mobilio dikarenakan kendala terbatasnya stok chip semikonduktor.

“Kita prioritaskan produksi untuk model yang permintaannya tinggi di tengah-tengah terbatasnya komponen yang ada,” katanya saat dihubungi Carmudi, Kamis (14/10/2021).

Pengalihan konsentrasi produksi mobil yang dilakukan Honda ini juga untuk memenuhi permintaan Brio yang sangat tinggi.

“Karena Honda Brio mempunyai permintaan yang sangat tinggi, kami memprioritaskan produksi model tersebut terlebih dahulu,” lanjutnya.

Kendati demikian, proses produksi Honda Mobilio akan dimulai kembali pada Oktober ini.

“Mulai bulan ini pemasok sudah bisa memproduksi komponen secara bertahap. Dan akan kami produksi secepat-cepatnya agar konsumen dapat mendapatkan kendaraannya secepat mungkin,” pungkas Yusak.

Nomor Buncit di Segmen Low MPV

Honda Mobilio Berhenti Diproduksi

(Foto: Carmudi)

Melihat kembali data dari Gaikindo, Mobilio sendiri menjadi low MPV dengan penjualan (wholesales) terkecil pada September kemarin. Sedangkan penjualan retail (diler ke konsumen) mencapai 127 unit.

Secara peringkat, jumlah penjualan Mobilio berada di posisi bawah. Kalah jauh dengan Toyota Avanza (7.531 unit), Mitsubishi Xpander (2.613 unit), Daihatsu Xenia (1.121 unit), dan Suzuki Ertiga (963 unit).

Baca Juga:

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts