Home » Berita » Honda Super Cub KW Buatan Malaysia Hadir di Jakarta Fair 2019

Honda Super Cub KW Buatan Malaysia Hadir di Jakarta Fair 2019

Jakarta – Di salah satu booth yang ada di ajang Jakarta Fair 2019, terdapat sepeda motor aneh. Sepeda motor tersebut adalah SM Sport Classic yang bentuknya serupa dengan Honda Super Cub C125 yang dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor ini kerap dianggap sebagai Honda Super Cub KW buatan Malaysia.

PT MForce Indonesia yang merupakan APM resmi dari merk SYM dan SM Sport memang memajang sepeda motor tersebut. Hal tersebut dikatakan oleh Sofyan Wahyudi, Assisten Marketing Manager PT MForce Indonesia kepada Carmudi saat pembukaan Jakarta Fair 2019.

SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW
SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW

“Di ajang Jakarta Fair 2019 ini selain meluncurkan dua produk baru kami juga membawa SM Sport Classic. Mungkin banyak yang belum tau kalau SM Sport ini sendiri merupakan produk buatan Malaysia. SM Sport Classic memang kita kenalkan secara resmi pada ajang IMOS 2018 lalu,” ujarnya di sela Jakarta Fair 2019, Rabu (22/5).

Berlokasi di Hall B, MForce Indonesia memajang dua unit Honda Super Cub KW ini. Yang pertama berkelir hitam doff, dan yang kedua berkelir kuning glossy. Jika dilihat, memang sepintas sepeda motor ini benar-benar menyerupai Honda Super Cub C125, namun sebenarnya tetap ada perbedaan yang mendetail.

MForce Indonesia Membantah SM Sport Classic Disebut Meniru Honda Super Cub C125

Sofyan mengatakan jika model SM Sport Classic ini dinilai berbeda dengan Honda Super Cub C125. Ketika sepeda motor ini dianggap sebagai Honda Super Cub KW, Sofyan membantah hal tersebut. “Kita tidak bisa menilai hal itu, karena desain saat ini sudah bersifat global bukan milik perusahaan atau perorangan. Kita walaupun mirip tetapi tidak sama,” terang Sofyan.

SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW
SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW

Ia mengakui jika saat ini penjualan untuk merek SM Sport sendiri saat ini cukup sulit di Indonesia. Salah satu faktor sulitnya menjual produk tersebut adalah sensitifitas merk buatan Malaysia. Banyak masyarakat Indonesia yang menilai jika merk buatan Malaysia dianggap sebagai produk yang tabu.

Namun jika melihat dari segi penjualan, SM Sport mengaku masih optimis. “Dari segi penjualan kenapa masih optimis, kita memang mengikuti ajang ini dengan produk yang eksis atau sudah ada. Kami hadir sebagai produk penantang yang mempunyai produk dan pangsa pasarnya sendiri,” sambung Sofyan.

SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW
SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW

Sofyan sendiri mengaku masih yakin untuk menjual dua merk tersebut di Indonesia. “Kami yakin ada pangsa pasarnya sendiri, walaupun persentasenya tidak tinggi. SM Sport ini di Malaysia sendiri pangsa pasarnya nomor tiga tertinggi. Dilernya sendiri untuk SYM dan SM Sport kami juga memiliki ada beberapa diler di Jakarta,” jelasnya.

SM Sport Classic yang kerap disebut sebagai Honda Super Cub KW ini dijual dengan harga Rp 18 jutaan. Beberapa perbedaan yang kentara ada di bagian lampu sein, panel instrumen analog, velg jari-jari, hingga tombol-tombol. Sepeda motor buatan Malaysia ini juga belum dilengkapi dengan rem cakram.

SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW
SM Sport Classic, dianggap sebagai Honda Super Cub KW

Di bagian depan masih memakai sistem tromol yang dianggap ketinggalan jaman untuk saat ini. Soal mesin, sepeda motor ini dibekali dengan mesin 125 cc, 1 silinder, 4 tak. Jika dilihat sepintas, memang SM Sport Classic ini mirip dengan Honda Super Cub C125 milik buatan Honda. Berniat membeli  sepeda motor yang dianggap sebagai Honda Super Cub KW ini?

Previous post
Makin Panas, Penantang Kawasaki Z250 Meluncur di Jakarta Fair 2019
Next post
Shell Rimula Peduli Kesehatan Supir Truk dan Pick Up