Berita Mobil

Asah Kemampuan Teknisi dan Wiraniaga, HPM Gelar ‘Honda Skill Contest’

honda skill contest

Honda Skill Contest 2018 (Foto: Honda Prospect Motor)

Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM), Agen Pemegang Merek Mobil Honda di Indonesia, kembali menggelar Honda Skill Contest yang diikuti oleh wiraniaga dan teknisi dari dealer Honda di seluruh Tanah Air.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan Honda Skill Contest ke-14 sejak pertama diadakan pada 1999. Ini adalah program tahunan yang diadakan oleh PT Honda Prospect Motor untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian wiraniaga, teknisi servis, spare part dan customer care officer di setiap dealer Honda.

“Memang ini acara ke-14 sejak HPM berdiri tahun 1999. Kita lakukan kontes dari sisi wiraniaga, teknisi servis, spare parts dan customer care officer. Jadi ada 4 departemen berkompetisi dari seluruh Indonesia,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM, di Honda Prospect Motor Training Center, Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (24/2).

“Hari ini merupakan final yang sebelumnya itu sudah dilakukan proses penyaringan di main dealer. Jadi sudah disaring juara-juaranya dikonteskan disini,” sambungnya.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya ajang tahunan ini adalah untuk menguji kemampuan dari para teknisi dan wiraniaga Honda. Agar supaya kelak pelajaran yang didapat dari kontes tersebut, bisa diterapkan di dealer masing-masing.

“Kita ingin mengukur tingkat daripada kemampuan teknisi dan juga mengukur berapa efisien dan efektivitasnya dalam bekerja. Kita harapakan bahwa patokan waktu ini bisa dibawa pulang ke dealer. Ini diaplikasikan sebagai patokan supaya kualitas sumber daya repair maupun sales dan segala macam itu, tetap dari tahun ke tahun meningkat,” tambah Jonfis.

Honda Skill Contest 2018 diikuti sebanyak 1.096 peserta dari berbagai dealer Honda. Setelah melalui tahap seleksi yang sangat ketat mulai bulan November 2017 di 5 main dealer Honda, maka terpilihlah 90 finalis yang lolos ke babak final di Jakarta.

Semua finalis terbagi-bagi sesuai dengan kategori yang sudah ditetapkan. Diantaranya 10 orang dari wiraniaga, 10 orang customer service, 10 orang service advisor, 10 orang spare parts dan 50 orang teknisi servis.

Khusus pemenang di kategori Teknisi Servis yang terdiri dari General Repair, Pair Maintenance serta Body & Paint Repair, akan mewakili Honda Indonesia di kontes tingkat Asia & Oceania dalam ajang Asia & Oceania Techinician Contest. Ajang ini akan digelar di Thailand pada 2019 mendatang.

honda skill contest

Honda Skill Contest 2018 (Foto: Honda Prospect Motor)

Pelayanan Terbaik

Seiring makin bertambahnya jumlah dealer dan produk, tentunya pelayanan kepada pelanggan harus ditingkatkan. Untuk itu peran sumber daya manusia sangat dibutuhkan, terutama yang memiliki kemampuan dalam hal teknis dan pemasaran.

“Jumlah jaringan dealer dan pelayanan berstandar tinggi menjadi salah satu faktor yang diperlukan untuk mempertahankan eksistensi Honda di tengah masyarakat. Melalui kontes ini, Honda berkomitmen mengembangkan sumber daya manusianya agar dapat memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan konsumen,” tutur Jonfis.

Menurut Jonfis, sumber daya manusia sangat penting dalam hal bisnis. Sumber daya manusia bisa membantu dari segi penjualan dan pelayanan setelah mobil digunakan oleh konsumen. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts