Berita

Huawei Bersiap Kembangkan Mobil Otonom

Beijing – Perusahaan manufaktur perangkat telekomunikasi dan ponsel asal China, Huawei semakin serius terjun ke dunia otomotif. Baru-baru ini dikabarkan, Huawei tengah bersiap mengembangkan mobil penumpang otonom (tanpa sopir).

“Tujuan tim kami adalah untuk mencapai mobil tanpa pengemudi pada 2025,” ungkap Wang Jun, Senior Executive Huawei Smart Vehicle Unit, saat berbicara di sebuah acara konferensi industri.

Mobil Otonom Huawei

Huawei ingin garap mobil otonom (Foto: Paultan)

Dilaporkan Reuters, Selasa (15/6/2021), rencana pengembangan mobil otonom tidak hanya dilakukan oleh Huawei. Belasan pabrikan mobil dan perusahaan teknologi, seperti Baidu Inc. juga sedang mempercepat pengembangan sistem kendaraan otonom, yang diharapkan membawa perubahan besar pada industri transportasi.

Huawei telah beralih ke kendaraan listrik pintar setelah bisnis ponsel pintarnya dihantam oleh sanksi dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, mantan Presiden Donald Trump menyebut perusahaan itu sebagai ancaman bagi keamanan nasional AS.

Mobil Pertama Huawei

Huawei secara resmi memperkenalkan mobil pertamanya pada April lalu bersamaan dengan ajang Shanghai Auto Show. Diberi nama, Seres Huawei Smart Selection SF5, mobil ini dikembangkan bersama perusahaan asal California, Seres.

Mobil hasil garapan Huawei kabarnya ditawarkan dalam dua varian, harganya mulai dari 216.800 Yuan atau sekira Rp485 jutaan.

Mobil pertama Huawei (Foto: Paultan)

Seres Huawei Smart Selection SF5 memiliki panjang 4.700 mm, lebar 1.930 mm, tinggi 1.625 mm dan wheelbase 2.875 mm.

Tampilan luar mobil Huawei terlihat begitu modern, tampak gagang pintunya menyatu dengan bodi mobil sehingga terlihat rapi.

Sementara interiornya dibekali head unit berukuran besar layaknya tablet, berisikan berbagai pengaturan dan terhubung ke sistem HiCar berbasis OS Harmony dari Huawei.

Mobil ini didukung oleh motor listrik SEP200 di gandar depan dan sistem penggerak listrik DriveOne all-in-one milik Huawei di bagian belakang bersama dengan mesin 1,5 liter turbo empat silinder. Tenaga yang dihasilkan 543 hp dan torsi puncak 820 Nm.

Oppo Ikut-ikutan Bikin Mobil

Perusahaan ponsel pintar Oppo dikabarkan ingin membuat mobil juga. Hal ini tentunya menambah panjang daftar perusahaan smartphone asal China yang ingin berkecimpung di bisnis mobil.

Menurut laporan CarNewsChina, Tony Chen, pendiri dan CEO Oppo terpilih sebagai pemimpin proyek pembuatan mobilnya.

Seres Huawei Smart Selection SF5 (Foto: Paultan)

Saat ini pihaknya tengah mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbakat, dan terus mempelajari seluk beluk bisnis mobil.

Oppo juga dikabarkan telah menerbitkan sejumlah paten terkait kendaraan otonom, termasuk peralatan elektronik untuk penentuan posisi mobil, kamera, dan perangkat pengukur jarak.

Selain itu pihaknya Oppo juga sedang melakukan penelitian di sebuah fasilitas di Chengdu, China.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts