HomeTips dan TrikHujan Tak Menentu, Begini Cara Aman Berkendara Sepeda Motor

Hujan Tak Menentu, Begini Cara Aman Berkendara Sepeda Motor

Berkendara Sepeda Motor
Mengendarai sepeda motor saat hujan perlu kewaspadaan (Foto/Ilustrasi)

Jakarta – Hujan turun tak menentu, oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang terutama bagi yang berkendara menggunakan sepeda motor, agar tetap aman dan nyaman saat di perjalanan.

Sebab, berkendara sepeda motor saat hujan turun sangat berisiko, mulai dari pandangan yang tergangu hingga harus pintar-pintar menguasai kendaraan, karena jalan menjadi licin.

Bagi para pengguna sepeda motor wajib waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan dengan selalu menerapkan teknik keselamatan berkendara (safety riding) yang tepat. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Yamaha Riding Academy (YRA) berbagi tips berkendara sepeda motor saat hujan yang menyangkut pengendara, kendaraan, dan lingkungan atau cuaca.

Poin-poin yang diberikan ini dapat menjadi panduan agar tetap berkendara dengan aman meskipun sedang turun hujan saat di jalanan.

”Saat musim hujan pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Dalam keadaan seperti itu, safety riding sangat penting dijalankan,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam keterangan resminya, Senin (30/11/2020).

Berkendara sepeda motor
Jas hujan ponco cukup berbahaya dan berkibat fatal.Foto/Carmudi indonesia/Ben

Berikut tips berkendara sepeda motor saat hujan :

Pengendara

  • Persiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan. Disarankan untuk menggunakannya jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), karena jenis ini tidak ada bagian yang berkibar sehingga lebih aman untuk diri sendiri dan pengendara lain.
  • Menggunakan helm dengan visor bening, karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu pandangan saat berkendara.
  • Gunakan sepatu anti air atau dari bahan karet agar dapat melindungi kaki. Tidak disarankan menggunakan sandal, karena tak memberikan perlindungan terhadap kaki.
  • Hindari melakukan pengereman secara mendadak, karena daya cengkeraman ban ke aspal berkurang saat jalan licin.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar. Saat hujan dan jalan licin dibutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.
  • Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang berwarna terang, agar mudah terlihat oleh pengendara lain, sehingga mendukung keselamatan berkendara.

Kendaraan

  • Pastikan ban dalam kondisi baik (tidak gundul), dan memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip.
  • Periksa kondisi rem.
  • Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik (lampu depan, sein, rem, senja) agar mudah terlihat oleh pengendara lain.
Jas Hujan Untuk Pengendara Motor
Jas hujan digunakan saat mengendarai motor.Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Lingkungan / Cuaca

  • Kenali kondisi jalan (rusak, lubang, banjir) agar terhindar dari potensi bahaya saat melewati area tersebut.
  • Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi di tempat yang aman dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada.
  • Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya menggunakan jas hujan jangan menunggu hujan deras.
  • Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor.

Menerapkan safety riding saat berkendara dalam kondisi hujan hukumnya wajib bagi pengguna sepeda motor. Dengan begitu tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tapi juga pengendara lainnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Mobil Saat Musim Hujan

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik
Previous post
Patut Dicontoh, Thailand Berencana Hadirkan Skema Tukar Tambah Mobil
Jeep Compass dan Grand Cherokee
Next post
Jeep Compass dan Grand Cherokee Terbaru Masuk Indonesia 2021