Berita Mobil Sumber informasi

Hyundai Grand i10X Sang Crossover Mungil, Tak Mau Kalah dengan Ignis

Jakarta – Masih ingat versi crossover dari city car Grand i10? Hyundai pun turut menyegarkan Grand i10X tersebut yang membuatnya makin terlihat macho.

Setelah pasar mini crossover alias city car yang didandani ala SUV kembali hot berkat kehadiran Suzuki Ignis, sang kontender dari Korea Selatan pun tampak tak mau kalah.

Berbarengan dengan Grand i10 facelift, PT Hyundai Mobil Indonesia turut memperbarui sang crossover mungilnya, New Hyundai Grand i10X (13/7). Seperti saudara city car-nya, Grand i10X anyar ini pun mendapat beberapa penyegaran yang membuatnya kembali terlihat fresh.

Paling jelas adalah tampilannya yang tak lagi terlihat seakan seperti Hyundai Grand i10 standar yang ditempel stiker hitam di sekujur bagian bawah bodinya. Kini beberapa parts pun mendukung aura crossover calon pesaing Suzuki Ignis dari Negeri Ginseng ini.

Tak Lagi Seperti Grand i10 Tempelan

Bagian depan, gril heksagonal bermotif honeycomb raksasa baru New Grand i10X, sama dengan di New Grand i10 standar. Sementara bentuk bumper baru, memberi lekukan di housing lampu kabut sehingga kesan tiga dimensinya lebih terlihat.

Bedanya dengan yang standar, bumper depan diberikan bumper protector berkelir hitam, namun kali ini ketambahan garis merah alias red stripe. Terlihat cocok terutama pada warna utama bodi kontras putih seperti di atas.

“Untuk New Hyundai Grand i10 Cross (X, red) mendapatkan skidplate yang membedakan dari Grand i10 biasa,” ujar Mukiat Sutikno, President Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Hyundai Grand i10X 2

Beberapa perubahan Hyundai Grand i10X . Foto/Carmudi Indonesia.

Dari samping, skid plate di bawah turut menghiasi juga dengan red stripe yang sama seperti di depan. Sayangnya ubahan di atas tidak dibarengi dengan penambahan bahan plastik di pilar B yang masih sewarna bodi.

Begitu pula di belakang. Selain bumper baru dengan dual tone warna bodi dan hitam horizontal bersama reflektor bulat di ujungnya. Khusus New Hyundai Grand i10X juga mendapatkan lower bumper protector dan twin chrom tailpipe. Sayangnya hanya pajangan karena knalpot aslinya mengarah ke bawah.

Spoiler belakang juga menjadi pembeda dibanding Grand i10 standar. Sedangkan bila dibandingkan sebelumnya, handel pintu kini berubah menjadi sewarna bodi.

Velg pun berbeda dengan diamond cut 4 spokes berkelir dual tone, pun ban yang digunakan berbeda karena bila New Grand i10 menggunakan Nexen CP661 165/65R14, New Grand i10X menggunakan Achilles 122 175/70R14 yang lebih besar.

Sekadar info, Grand i10X ini hanya beredar di Tanah Air, berarti bisa dikatakan world premiere dong ya kehadirannya sekarang?

Interior Mirip New Grand i10, Ditambahkan Setir Berlapis Kulit

Sementara di dalam, ubahan yang diterima sama dengan New Hyundai Grand i10 standar dengan head unit Double-DIN baru. Mempunyai empat speaker, hingga fitur first in class yaitu ventilasi AC untuk penumpang belakang seperti di kakaknya, i20.

Oh iya, pembeda Grand i10X anyar ini dibanding versi standarnya untuk segi interior adalah setir yang dibungkus bahan kulit.

Perihal jantung mekanis, sayangnya tidak ada perubahan dibanding sebelumnya alias masih menggunakan Kappa 1.25L berkapasitas 1.248 cc. Sanggup memuntahkan tenaga 87 hp dan torsi 119 Nm.

Mesin berteknologi D-CVVT tersebut disambungkan ke kedua roda depan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sama seperti New Hyundai Grand i10, New Grand i10X akan diluncurkan dan harganya akan diumumkan pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 pada tanggal 10-20 Agustus 2017 mendatang. (Penulis: Fransiscus Rosano)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/