Berita

Hyundai Ioniq 5 Akan Diproduksi di Indonesia Tahun Ini

Cikarang — Hyundai Indonesia akan memproduksi mobil listrik Ioniq 5 di pabrik Hyundai, Cikarang, Jawa Barat. Namun, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) belum memberitahu kapan pastinya mobil tersebut diproduksi di Tanah Air.

“Ioniq 5 akan diproduksi di Indonesia tahun ini. Tunggu tanggal mainnya,” ujar Makmur, Chief Operating Officer PT HMID, pada awak media, termasuk Carmudi, di pabrik Hyundai beberapa waktu lalu.

Hyundai Ioniq 5 akan diproduksi di Indonesia. (Foto: Hyundai)

Namun, jika sedikit menarik pernyataan Lee Kang Hyung selaku Chief Operating Officer Hyundai Motor Asia Pasific dalam webinar virtual Misi Tekan Emisi Melalui Kendaraan Listrik pertengahan Desember 2021 lalu, produksi Ioniq 5 di Indonesia akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Sesuai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), Ioniq 5 buatan Indonesia akan diluncurkan pada Maret 2022,” ujarnya.

Dalam presentasinya disebutkan juga bahwa pengisian standar daya mobil tersebut membutuhkan waktu 7 jam 15 menit hingga terisi penuh, sedangkan untuk pengisian dengan ultrafast, hanya butuh 18 menit.

Selain itu, mobil ini menerapkan E-GMP (Electric Global Modular Platform) yang merupakan platform mobil listrik khusus Hyundai.

Sebelumnya, Ioniq 5 pernah dihadirkan oleh HMID dalam pameran ‘The Future EV Ecosystem for Indonesia” di Jakarta pada Oktober 2021 lalu.

Ioniq 5 sudah dipasarkan di beberapa negara, seperti Korea Selatan, Australia, dan Inggris.

Spesifikasi Singkat Hyundai Ioniq 5

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5. (Foto: Hyundai)

Hyundai Ioniq 5 telah diluncurkan secara global pada Februari 2021. Mobil listrik ini mempunyai eksterior yang terkesan futuristik dengan dilengkapi solar panel pada atapnya.

Ioniq 5 mengusung konsep Parametric Pixel, di mana terlihat dari lampu-lampu yang tersematkannya dalam bentuk kotak-kotak kecil. Terinspirasi konsep EV ’45’ Hyundai, pilarnya berbentuk C sehingga mudah dikenali. Ioniq 5 turut disematkan pelek dengan diameter 20 inci yang merupakan ukuran paling besar pada mobil listrik Hyundai.

Di bagian interiornya sendiri, terdapat head unit touch screen berukuran 12,25 inci.

Menariknya, Ioniq 5 menggunakan bahan ramah lingkungan untuk beberapa bagian interiornya, seperti serat benang wol, cat, serta kulit yang berbahan alami.

Di sisi lain, Ioniq 5 ditawarkan dalam versi long range yang dilengkapi baterai 72,6 kWh berdasarkan data spesifikasi global.

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts