Berita

Hyundai Kona Facelift Sudah Muncul, Apa Saja yang Berubah?

Hyundai Kona Facelift (Foto: Paultan)

Seoul – Hyundai Motor Company (HMC) resmi meliris facelift Kona untuk dipasarkan secara global yang mendapat pembaruan di sektor eksterior dan interior. Tidak cuma itu, Hyundai juga menawarkan Kona facelift ini dengan teknologi mild-hybrid dan tipe N Line yang berfokus pada nuansa sporty layaknya mobil balap.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini penjelasan singkat seputar perubahan yang terjadi di facelift Hyundai Kona.

Desain Eksterior

Dimulai dari bagian terluar mobil, facelift Hyundai Kona terlihat pada fasia depan, lampu jenis LED untuk DRL yang sudah direvisi, lampu utama pipih dan lebih panjang. Kemudian garis guratan-guratan di kap mobil kini diperpanjang, gril dengan desain baru, dan skid plate berbalut warna silver semakin memperkuat nuansa jantan pada bagian eksterior.

facelift hyundai kona

Tampak samping Kona Facelift (Foto: Paultan)

Bagian belakang mobil terpasang lampu yang sudah didesain ulang. Sedangkan bumper bawah juga diberi warna kontras dengan bodi supaya selaras dengan bagian depan.

Di sisi lain, Hyundai Kona N-Line hadir dengan body kit yang lebih aerodinamis. Di bagian depan, tipe N-line mendapat desain lubang udara yang khas. Di belakang, Kona N Line mendapatkan diffuser dan knalpot sport ganda.

Desain Interior

Masuk ke bagian kabin, mobil asal Korea Selatan ini sudah dilengkapi rem tangan elektronik, ambient lighting yang memberikan suasana kabin menjadi lebih tenang dan nyaman.

Interior Kona Facelift (Foto: Paultan)

Selain itu, tipe tertinggi dari Kona terbaru, N-Line mendapat sistem infotainment berupa head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci, serta cluster instrumen digital 10,25 inci.

Supaya tampilan kabin terasa lebih sporty, Hyundai melengkapinya dengan jahitan merah yang menghiasi tuas transmisi, hingga jok, ditambahkan pula pedal logam dan logo N.

Hyundai Kona Facelift tipe N-Line

Hyundai Kona Facelift tipe N-Line (Foto: Paultan)

Spesifikasi Mesin

Hyundai Kona facelift masih dipersenjatai dengan mesin bensin 1.6 liter yang sama dengan model sebelumnya. Tetapi yang menarik disini adalah tenaganya meningkat dari sebelumnya hanya 177 hp, sekarang menjadi 198 hp. Mobil akan tersedia dalam sistem penggerak dua dan empat roda.

Hyundai juga memberikan pilihan mesin bensin 1,0 liter Turbocharger dengan sistem mild-hybrid 48V. Ada juga mesin diesel 1,6 liter yang kini hadir dengan sistem mild-hybrid 48V sebagai standar.

Untuk transmisi, mesin bensin dan diesel 1,6 liter dibekali transmisi DCT 7 kecepatan atau iMT 6 kecepatan baru dari Hyundai. Mesin 1.0 liter mendapatkan transmisi iMT 6 kecepatan.

  • Mesin: Nu
  • Jumlah Silinder: 4, Segaris
  • Teknologi Mesin: Atkinson Cycle, DOHC, MPi Dual CVVT
  • Kapasitas Mesin: 1.6 L (bensin) / 1.0 L Turobcharger mild-hybrid / 1.6 L mild hybrid
  • Tenaga Maksimum: 198 hp
  • Transmisi: DCT 7 percepatan / iMT 6 percepatan
  • Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Roda Depan
  • Kapasitas Tangki: 50 liter

Interior Kona Facelift N-Line (Foto: Paultan)

Fitur Keselamatan

Dari semua perubahan yang ada, satu yang tak kalah pentingnya yaitu fitur keselamatan. Hyundai Kona facelift mendapat sejumlah fitur keselamatan yang telah ditingkatkan. Di antaranya:

  • Smart Cruise Control (SCC)
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
  • Leading Vehicle Departure Alert (LVDA)
  • Lane Following Assist (LFA)

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Starlet Bangkit Lagi, Gunakan Spesifikasi Suzuki Baleno

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/