Berita

Hyundai Mundur dari Proyek Mobil Listrik Otonom Apple

Mobil listrik otonom

Mobil listrik Hyundai (Foto: Paultan)

Seoul – Awal bulan ini Hyundai dan Apple tengah terlibat pembicaraan mengenai proyek mobil listrik otonom. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Hyundai mundur dari proyek kerja sama tersebut.

Sebuah media asal Korea Selatan, eDaily, Jumat (22/1/2021) memberitakan bahwa Hyundai akan mengalihkan proyek mobil listrik otonom ke Kia.

Nantinya produksi mobil hasil kerja sama dengan Apple itu akan dilakuan di pabrik Kia di Georgia, Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan tersebut timbul spekulasi bahwa Hyundai sengaja mundur dari proyek mobil listrik otonom bersama Apple karena masalah reputasi merek.

Ketakutan pabrikan asal Korea Selatan itu adalah proyek ini nantinya dipimpin sepenuhnya oleh Apple.

Sedangkan Hyundai sendiri hanya akan dijadikan sebagai pabrik OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk mobil listrik Apple.

Baca Juga:

Pembicaraan tentang proyek mobil listrik otonom masih berlangsung sampai saat ini dan masalah tersebut belum diputuskan.

Kia sendiri memang sudah memiliki rencana untuk fokus mengembangkan mobil listrik. Pabrikan berjanji akan memperkenalkan tujuh mobil listrik baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) hingga 2027.

Selain itu, pihaknya juga menyatakan keseriusannya untuk mengembangkan layanan mobilitas ramah lingkungan di kota-kota besar dan menciptakan kendaraan listrik otonom.

Perusahaan juga akan memperdalam jalinan bisnis bersama perusahaan jasa transportasi untuk meningkatkan layanan di kawasan strategis.

Seharusnya Mobil Hyundai-Apple Masuk Produksi 2024

Mobil Listrik Otonom

Proyek mobil Apple (Foto: Paultan)

Diberitakan sebelumnya, kesepakatan kerja sama antara Hyundai dengan Apple itu rencananya akan ditandatangani pada Maret tahun ini.

Penandatanganan perjanjian kerja sama proyek mobil listrik tanpa sopir itu merupakan lanjutan dari hasil pembicaraan awal antara Hyundai dan Apple beberapa waktu lalu.

Hyundai Motor belum mau memberikan jawaban terkait kerja sama tersebut.

Pihaknya hanya menegaskan bahwa saat ini Hyundai menerima banyak permintaan kerja sama dari berbagai perusahaan untuk mengembangkan mobil listrik otonom.

Demikian pula Apple menolak memberikan pernyataan terkait proyek tersebut.

Baca Juga:

Sebelumnya Hyundai dan Apple kabarnya berencana merilis mobil versi prototipe tahun depan dengan menggunakan nama merek Apple.

Mobil tersebut pun dijadwalkan masuk dapur produksi pada 2024 di Amerika Serikat.

Apple telah memiliki tim kecil yang ditugaskan untuk mengembangkan sistem penggerak, desain interior, dan eksterior mobil.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts