Berita

Hyundai Stargazer, Dugaan Fitur Keselamatan yang Akan Dimiliki

Jakarta — Hyundai Stargazer diduga akan dilengkapi dengan fitur yang mendukung aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara yakni Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Hal tersebut mengacu pada informasi yang ditampilkan pada teaser terbarunya. 

Peluncuran Hyundai Stargazer terasa makin dekat. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memang belum mengumumkan tanggal pastinya, tapi agen pemegang merek tersebut getol memberikan bocoran.

Hyundai Stargazer Fitur

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memang belum mengumumkan tanggal pastinya, tapi agen pemegang merek tersebut getol memberikan bocoran. (Foto: Hyundai)

Setelah mengungkap eksterior dan interior, kini giliran detail panel instrument cluster yang diperlihatkan kepada publik, Senin (27/6/2022).

Dalam sebuah video yang diunggah ke Instagram @hyundaimotorindonesia terlihat mobil ini sudah menggunakan speedometer digital.

Tak kalah menarik adalah detail-detail informasi yang berada di dalamnya. Pertama adalah grafis di tengah-tengah layar yang turut disertai keterangan “Emergency Braking”.

Pada sistem ADAS Hyundai Smart Sense, grafis semacam itu menandakan keberadaan fitur Forward Collision Avoidance Assist. 

Kemudian bergeser sedikit ke bawah maka akan terlihat grafis berwarna hijau berupa mobil diapit dua buah garis dan sebuah lingkar setir. Hal ini mengindikasikan Hyundai Stargazer pun akan memiliki fitur Lane Following Assist dan Lane Keeping Assist.

Fitur-fitur yang disebutkan di atas tentunya masih sebatas dugaan. Terlebih lagi HMID memberi keterangan bahwa tampilan informasi pada materi teaser tersebut dapat berbeda dengan kondisi aktual nanti.

Kapan Hyundai Stargazer Meluncur?

Momen peluncuran Hyundai Stargazer itu pun masih menjadi tanda tanya. Namun, HMID memastikan pelaksanaannya akan digelar tahun ini.

Captain Hyundai Stargazer

(Foto: Hyundai)

Sebagai informasi, pada 11—21 Agustus 2022 mendatang akan ada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pameran ini kerap dimanfaatkan para pabrikan untuk memperkenalkan produk-produk baru. Kemungkinan besar Stargazer bakal diperkenalkan di sana.

Sebelumnya, PT HMID juga pernah menyebarluaskan penampakkan interior Hyundai Stargazer. Salah satu hal yang cukup menyedot perhatian saat itu ialah penggunaan jok tengah captain seat.

Seperti diketahui, penggunaan jok semacam itu bukan hal yang lumrah untuk mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Segmen yang disebut-sebut akan digeluti oleh mobil ini.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/