Berita

Hyundai Staria Meluncur di Indonesia 20 Agustus, Alphard Mesti Waspada

Jakarta –Hyundai Staria dipastikan meluncur di Indonesia minggu depan. Kehadirannya menambah ramai pasar MPV premium di dalam negeri yang selama ini dikuasai oleh Toyota Alphard.

Hyundai Staria meluncur perdana di dunia pada awal April 2021 di Korea Selatan. Kemudian mulai merambah ke pasar Asia Tenggara, tepatnya di Thailand pada 9 Juli lalu.

Hyundai Staria Indonesia

Keran Pemesanan Hyundai Staria sudah dibuka (Foto: Hyundai)

Sekarang giliran Indonesia yang mendapat giliran untuk memasarkan mobil mewah baru keluaran Hyundai tersebut.

Sebenarnya, sinyal kedatangan Hyundai Staria ke Indonesia sudah tercium sejak beberapa bulan lalu, bahkan tak lama setelah mobil ini mengawali debutnya di dunia.

April lalu, nama Staria sudah terpampang di Samsat DKI Jakarta. Dari situ pula terkuak tipe Staria yang didaftarkan beserta Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp450 juta.

Sinyal masuknya Staria semakin diperkuat oleh pernyataan yang disampaikan juru bicara Hyundai Motor Company (HMC) beberapa hari jelang peluncurannya di Thailand.

“Hyundai juga berencana untuk mulai memperkenalkan minivan Staria di Vietnam, Malaysia, dan Indonesia pada kuartal ketiga,” kata juru bicara HMC, sebagaimana dikutip dari Yonhap.

Setelah menjadi teka-teki, akhirnya jadwal peluncuran Hyundai Staria resmi dirilis oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Pemesanan Hyundai Staria

Kabin Hyundai Staria (Foto: Staria)

Melalui surat undangan yang masuk ke meja redaksi Carmudi, diberitahukan peluncuran Staria akan diselenggarakan pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Seromial peluncurannya bisa disaksikan masyarakat umum melalui kanal Youtube Hyundai Motors Indonesia pada pukul 16:00 WIB.

“PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengundang rekan-rekan media untuk menjadi saksi dalam peluncuran produk Hyundai terbaru, Staria , MPV premium nan futuristik yang memberikan makna pengalaman hidup lebih besar, Larger Than Life,” demikian petikan isi undangan yang dikirim Jumat (13/8/2021).

Hyundai Staria Pakai Mesin Diesel

Merujuk pada tipe Staria yang tertera di Samsat DKI Jakarta, kemungkinan hanya mesin diesel saja yang masuk Indonesia.

Mesinnya berkapasitas 2.2 liter turbodiesel yang mampu mengeluarkan tenaga 174 hp dan torsi 431 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam percepatan atau otomatis delapan percepatan.

Sejauh ini, belum diketahui spesifikasi detail Hyundai Staria untuk pasar Indonesia.

Peluncuran Hyundai Staria

Hyundai Staria meluncur 20 Agustus 2021 (Foto: Hyundai)

Namun, bila mengacu pada model yang di pasarkan Hyundai di tanah kelahirannya, mobil berbentuk kotak ini dibekali sejumlah fitur kenyamanan. Antara lain Smart infotainment dengan kamera wide-angle, Smart Power Sliding Door, Panoramic Window, One Touch Relaxtion Mode, 64-color Ambient Mood Light, dan Air Cleaning Mode.

Sedangkan fitur keamanannya meliputi, Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR), Safe Exit Assist (SEA), dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts