Berita

Ikuti Selera Masyarakat, Hyundai Staria Mesin Bensin Tidak Akan Dijual di Indonesia

Jakarta – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) hanya menawarkan Staria di Indonesia dengan mesin diesel. Padahal untuk beberapa negara Hyundai Staria tersedia pilihan mesin bensin Smartstream berkapasitas 3.500 cc, V6.

Konsumen di Indonesia dipastikan hanya akan mendapatkan versi mesin diesel turbocharge saja.

Bonar Pakpahan, Product Expert HMID membeberkan alasan mengapa pasar Indonesia hanya mendapatkan mesin diesel saja.

“Ada beberapa faktor mengapa mesin diesel yang masuk ke Indonesia saja. Salah satunya kami sudah melakukan riset untuk pasar Tanah Air,” buka Bonar kepada kami, Jumat (10/9/2021) lalu di sela test drive Hyundai Staria.

hyundai staria bensin

Menurut Hyundai, alasan utamanya karena mesin diesel yang ditambahkan turbocharge lebih disukai oleh kebanyakan konsumen di Indonesia

Alasan kedua menurut Bonar adalah faktor harga. Jika Staria bermesin bensin dijual di Indonesia, nantinya akan terkena skema pajak PPnBM yang lebih besar akibat kapasitas mesin yang lebih dari 3.000 cc.

“Kemudian ada pajak pertambahan nilai barang mewah yang membagi mesin 3.000 cc ke bawah dan 3.500 cc ke atas. Yang mana nilai PPnBM ini menjadi sangat besar sehingga kalau kita masukan yang varian bensinnya, harganya akan semakin tinggi lagi,” sambung Bonar.

Spesifikasi Mesin Bensin Hyundai Staria

Sedikit membahas spesifikasi mesin bensin pada Hyundai Staria. Mesin bensin ini merupakan mesin yang juga digunakan oleh KIA Grand Sedona, saudara dekat Hyundai Staria.

hyundai staria bensin

Hingga saat ini Staria masih berstatus impor langsung dari Korea Selatan atau Completely Built Up (CBU). Jika ke depannya akan dirakit di Indonesia, pihak HMID belum bisa menjawab dan memberikan janji perihal tersebut.

“Ada banyak faktor yang perlu dipelajari. Pertama, bagaimana market tersebut dan mapping secara global. Kalau dari peraturan negara tersebut memiliki insentif dari pemerintah cukup besar, pasti akan jadi pilar di sana,” jelas Makmur, Chief Operating Officer HMID.

Mobil dengan penggerak roda depan ini sendiri dijual di Indonesia dalam dua varian; Signature 7 dan Signature 9.

Keduanya dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc, 4 silinder, turbocharge. Transmisinya menggunakan otomatis dengan 8 percepatan yang punya performa cukup mumpuni.

Harga Hyundai Staria

Berikut ini daftar harga Hyundai Staria OTR Jabodetabek seperti dilansir dari situs web resmi Hyundai.

  • Staria Signature 7 Rp1,02 miliar
  • Staria Signature 9 Rp888 juta

Simak juga video review lengkap Hyundai Staria dari Carmudi berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *