Berita

Hyundai Staria Rilis 13 April, Harga Bisa Tembus Rp500 Juta

Jakarta – Kabar Hyundai akan meluncurkan MPV Staria di Indonesia akhirnya perlahan terungkap. Bersumber dari situs web resmi global, Hyundai menghitung waktu mundur peluncuran MPV luxury ini menuju tanggal 13 April 2021.

hyundai staria akan meluncur secara global 13 April 2021

 

 

Staria akan diluncurkan serentak di lima negara; Seoul, Korea Selatan (pukul 09:30); Jakarta, Indonesia (07:30); Dubai, UEA (04:30); Moskow, Rusia (03:30); dan Frankfurt, Jerman (02:30).

Ini tentu saja sudah menjadi bentuk kejelasan akan kehadiran MPV berdesain futuristik tersebut, khususnya di Indonesia.

Jika sebelumnya Hyundai telah merilis teaser-nya, kali ini wujud Staria kelihatan lebih jelas.

Pertama, yang paling menyita perhatian adalah ukuran kaca mobil dan yang sangat lebar guna memberikan pandangan luas bagi penumpang di dalam kabin.

Saking luasnya, ditambah dengan panoramic sunroof yang juga besar, kabin mobil berkesan layaknya pesawat luar angkasa.

jok baris ketiga hyundai Staria dengan model captain seat

Tak hanya soal visibilitas, konfigurasi jok berkapasitas 9 penumpang pun jadi sorotan berikutnya. Pasalnya, apa yang dimaksud Hyundai sebuah ‘ruang dimensi baru’ tampak pada jok baris keduanya.

Ya, jok baris kedua Staria bisa diputar menghadap belakang sehingga bisa berhadapan dengan jok baris ketiga.
Selain itu, jok baris keempat bisa dilipat rata guna menghadirkan ruang bagasi super besar.

konfigurasi jok hyundai staria 9-penumpang

Hyundai mengatakan bahwa interior Staria terinspirasi dari arsitektur rumah tradisional Korea Selatan, Hanok yang dibangun dengan menyelaraskan alam dan kebutuhan manusianya.

Prediksi Harga Hyundai Staria Tembus Rp500 Juta

Harga Hyundai Staria diprediksi akan menembus Rp500 jutaan. Hal tersebut bukan tanpa dasar yang kuat karena Hyundai Staria sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp450 juta.

Selain itu, dari laman resmi Samsat tersebut diketahui juga bahwa Staria akan menggendong mesin berkapasitas 2.2 liter, two wheel drive (2WD), serta ditunjang transmisi otomatis 8-percepatan.

harga NJKB Hyundai Staria di Samsat DKI Jakarta

Hal menarik lainnya adalah besar kemungkinan Staria akan juga diproduksi di Indonesia. Atau setidaknya Indonesia akan menjadi titik pasar potensial, setidaknya di kawasan Asia Tenggara.

Terlebih lagi pabrik Hyundai di Cikarang yang ditargetkan rampung akhir tahun 2021 nanti bisa memperkuat product plan untuk pasar lokal maupun ekspor.

lokasi pabrik hyundai di cikarang

Pabrik Hyundai (Foto: Indianautosblog)

“Terus juga untuk menghitung mengenai ekonomi order production dari sisi pabrik kan juga harus dipikirkan. Kebutuhan segmen ekspor dari luar negeri jadi itu juga menjadi bahan pertimbangan dari product plan. Jadi itu dipikirkan semua mulai dari kebutuhan lokal hingga global,” tutup Makmur.

Baca Juga:

Penulis: Dimas Hadi

Related Posts