Home » Berita » Hyundai Sudah Siapkan Tucson Facelift, Kapan Meluncur?

Hyundai Sudah Siapkan Tucson Facelift, Kapan Meluncur?

tucson facelift
Hyundai Tucson 2016 (Foto: Indianautosblog)

New York – Pabrikan Korea Selatan Hyundai terakhir kali melakukan penyegaran pada Tucson di 2015. Saat ini Hyundai sepertinya tengah bersiap menghadirkan versi facelift dari generasi ketiga SUV andalannya.

Sebagaimana diberitakan Indianautosblog, rencananya peluncuran Hyundai Tucson facelift akan dilakukan pada akhir bulan bersamaan dengan digelarnya New York International Auto Show (NYIAS) 2018.

Kedatangan Hyundai Tucson facelift rupanya sudah terendus sejak lama. Hal itu bermula dari beredarnya penangkapan Hyundai Tucson yang tengah melakukan pengujian di jalan raya.

Walaupun sebagian bodinya ditutupi saat pengujian berlangsung, tapi bisa ditebak mobil adalah bagian depan dari Tucson, dengan gril dan bumper yang mengalami perubahan desain. Perubahan yang dilakukan oleh Hyundai akan memperkuat kesan sporty pada Tucson.

Bagian sisi Hyundai Tucson kemungkinan juga mengalami perubahan mulai dari handel pintu hingga garis desainnya secara keseluruhan. Sedangkan pada bagian buritan mobil, diprediksi bagian yang mengalami perubahan desain adalah bumper dan lampu.

Sementara itu untuk perubahan sisi interior tidak diketahui karena tidak terlihat dari penampakannya. Mengenai sumber tenaga, sepertinya Hyundai masih mengandalkan mesin Tucson saat ini. Catat bahwa setiap negara mungkin mendapat versi mesin yang berbeda.

Di Indonesia Hyundai Tucson ditawarkan dengan tiga varian. Dua diantaranya yaitu GLS dan XG, sudah dibekali mesin mesin NU 2.0 MPi, D-CVVT yang mampu menyemburkan tenaga 155 hp dan torsi puncak 191 Nm. Keduanya hanya mempunyai pilihan transmisi otomatis saja.

Sedangkan satu tipe lagi adalah XG CRDi EVGTurbo yang sudah dibekali mesin R2.0 CRDi 16 valve, dengan kapasitas 1.955cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 178 PS pada 4.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 400 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm. Tenaga pada mesin ini disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis shiftronic 6-percepatan.

Kiprah Hyundai Tucson di Indonesia

tucson facelift
Hyundai Tucson XG CRDi AT (Foto: Carmudi)

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Hyundai di Indonesia, pertama kali memasarkan Tucson pada 2005. Bicara penjualan, Tucson memang kurang mendapat sambutan positif dari konsumen di Tanah Air.

Mungkin karena banderol harga yang terlampau tinggi, sebab raksasa Korea Selatan ini membawanya dalam bentuk utuh atau CBU (Complete Built-Up) dari kampung halamannya, atau bisa juga faktor lainnya.

Berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke dealer), penjualan Hyundai Tucson tidak pernah menembus angka 1.000 unit dalam satu tahun sejak pertama kali dipasarkan. Di awal 2018 (Januari-Februari) ini saja, Hyundai Tucson tercatat hanya terdistribusi sebanyak 26 unit ke dealer. Merunut lebih rinci, pada Januari Hyundai hanya mengirim 11 unit, sedangkan di bulan berikutnya 15 unit.

Saat ini Hyundai Tucson tipe GLS AT dibanderol dengan Rp385 juta, XG AT dijual Rp417 juta dan XG CRDi AT seharga RP458 juta. (dna)

Previous post
Ini Alasan Orang Lebih Memilih Membeli Mobil Matic
Pertamina
Next post
Suplai Premium di Jakarta Dibatasi, Ternyata Ini Penyebabnya