Mobil

Ikut Balap di AXCR 2022, Ternyata Mitsubishi Triton Bisa Jadi Mobil Hobi Juga

Jakarta — Mitsubishi Triton resmi menjadi mobil balap yang akan bertarung di Asia Cross Country Rally (AXCR) pada November 2022 mendatang. Rifat Sungkar pun akan menjadi pembalapnya di kelas T1.

Menurut Mitsubishi kelas T1 sendiri merupakan kelas yang akan diikuti oleh mobil-mobil dengan standar pabrikan. Dengan kondisi standar diharapkan Mitsubishi Triton bisa mengeluarkan performa terbaiknya.

Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan ke depannya, tak hanya untuk balap atau kendaraan pertambangan, Mitsubishi Triton akan jadi mobil hobi untuk off-road atau camping.

mitsubishi triton mobil hobi

Mitsubishi New Triton melibas lintasan lumpur

“Sebenarnya Triton ini memang habitat utamanya di daerah pertambangan dan perkebunan. Orang bilang ini kuda pekerja (workhorse), secara tidak langsung ketika dipakai untuk reli nanti akan semakin meningkatkan imej Triton sebagai mobil tangguh,” ujarnya di GIIAS, Rabu (17/8/2022).

Mitsubishi Triton yang dijual di pasar Indonesia dibekali dengan banyak fitur, seperti:

  • hill descent control (HDC),
  • forward collision mitigation system (FCM),
  • automatic high beam,
  • blind spot warning,
  • 7 buah airbag,
  • ultrasonic misaceleration mitigation system (UMS).

Tak hanya itu saja, generasi Triton yang terbaru juga sudah hadir dengan mesin diesel berkode 4N15 yang sudah berstandar Euro4. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 178 hp @3.500 rpm dengan torsi maksimum 430 Nm @2.500 rpm.

Untuk pilihan transmisinya ditawarkan dalam dua pilihan, yakni manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan dengan Sport mode. Sebagai mobil berpenggerak 4×4, Triton dibekali dengan Super Select 4WD-II.

mitsubishi triton mobil hobi

Mitsubishi New Triton (Foto: MMKSI)

Fitur tersebut memungkinkan pengendara mengubah mode roda penggerak dari 2WD ke 4WD (4H, 4HLc) pada kecepatan hingga 100 km/jam.

Artinya, pengemudi bisa melakukan perjalanan tanpa harus berhenti untuk memindahkan mode penggeraknya ini.

Bahkan masih ada juga mode off-road mode yang bisa langsung digunakan oleh pengemudi. Secara tidak langsung Mitsubishi sudah membekali banyak fitur, khususnya untuk melahap medan off-road agar pemilik mobil bisa menjadi lebih andal walaupun menggunakan mobil standar.

Fitur-fitur di atas tentu membuat Mitsubishi Triton cukup layak untuk dijadikan mobil hobi, terutama konsumen yang suka bermain off-road dan camping.

Ukuran bak yang terdapat di bagian belakang juga terbilang cukup besar dengan ukuran panjang 1.520 mm, lebar 1.470 mm, dan tinggi 475 mm.

Mitsubishi Triton Ralliart

Mitsubishi Triton Ralliart (Foto: Mitsubishi)

Dengan kemampuan tersebut, bahkan Rifat Sungkar mengatakan jika Triton punya kapabilitas yang sudah cukup mumpuni walaupun dalam kondisi standar.

“Sesuai AXCR namanya yang penting adalah endurance. Kalau modifikasi seperti apa, bisa dilihat di website, namun saya yang saya ikutin tidak terlalu ekstrem. Body shell masih normal, suspensi boleh diubah, pesertanya sangat banyak,” kata Rifat.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika dikendarai. It's not about the miles per gallon, but it's about the smiles per gallon

Related Posts