Home » Berita » Imbas Corona yang Meluas, Pabrik Suzuki Kembali Berhenti Operasi

Imbas Corona yang Meluas, Pabrik Suzuki Kembali Berhenti Operasi

Jalur perakitan Suzuki GSX-R yang di produksi di pabrik Suzuki Tambun 1.Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Suzuki Indonesia mengumumkan telah menghentikan sementara aktivitas produksi pabriknya. Hal tersebut dikarenakan mengikuti instruksi pemerintah mengenai wabah virus corona yang meluas. Penghentian tersebut awalnya hanya berlaku hingga 24 April 2020 lalu, namun kini diperpanjang hingga 8 Mei 2020.

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan hal ini merupakan langkah terbaik. Mengingat wabah virus corona semakin meluas dan menjangkiti ribuan orang di Indonesia. Seiji Itayama, President Director PT SIM dan SIS melayangkan nada persetujuan memperpanjang penghentian pabrik.

“Ini merupakan langkah terbaik yang bisa kami ambil demi kesehatan semua pihak. Di samping itu, ini adalah komitmen kami mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Maka dari itu, kami akan memperpanjang penghentian aktivitas pabrik Suzuki di Indonesia,” katanya dalam siaran resmi.

Pabrik Suzuki yang ada di Indonesia sebenarnya juga memberikan suplai untuk pasar ekspor. Ekspor yang dilakukan merupakan pembuatan powertrain di pabrik Cakung dan Cikarang. Selain itu, ada juga ekspor sepeda motor yang dilakukan di pabrik Tambun 1. Pabrik ini juga hanya beroperasi selama 4 hari, sejak 27 April hingga 30 April 2020 mendatang.

Pekerja Pabrik Suzuki Tetap Mendapat Gaji Penuh

Kendati hanya beroperasi sementara, Suzuki memberlakukan physical distancing. Selain itu, Suzuki menjamin para pekerja yang terpaksa harus berdiam diri di rumah untuk mendapatkan gaji penuh. Suzuki akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk menjamin ketersediaan pasokan unit dan suku cadang akan tetap tersedia untuk pasar nasional.

“Kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, terutama di tengah pandemi COVID-19. Untuk saat ini, fast moving parts seperti filter oli, bulb, dan kampas kopling menjadi suku cadang yang paling sering dicari pelanggan. Kami menjamin bahwa ketersediaan suku cadang dipastikan aman,” ungkap Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dalam keterangan resminya, Selasa (21/4/2020).

Suzuki Jamin ketersediaan suku cadang (Foto: Suzuki)

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Nekat Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi, Siap-Siap Kena Denda

Previous post
Konsistensi yang Terbayar Setelah Tiga Warsa Wuling di Indonesia
Next post
Spesifikasi dan Harga Terbaru Kawasaki KLX250, Motor Off Road Bermesin Tangguh