Sepeda motor

Imbas Tuntutan Piaggio, Peugeot Metropolis Dilarang Jualan di Negaranya Sendiri

Prancis Piaggio Group (PIA.MI) resmi memenangkan gugatan yang dilayangkan kepada Peugeot Motorcycles yang sudah berlangsung sejak 2015 silam. Gugatan tersebut diberikan lantaran Peugeot Metropolis dinilai menjiplak teknologi skutik roda 3 dari Piaggio MP3.

Dalam gugatannya Piaggio menilai jika Peugeot Motorcycles melakukan plagiarisme paten teknologi yang ditanamkan di Peugeot Metropolis. Persoalan tersebut berkaitan juga dengan sistem kontrol yang membuat kendaraan bisa miring ke samping dan menjadi seimbang walaupun menggunakan tiga roda.

Dalam siaran resminya, Piaggio Group berhasil memenangkan gugatan tersebut dan Peugeot Motorcycles pun diberikan sanksi yang cukup berat.

peugeot metropolis

Salah satunya adalah membayarkan ganti rugi kepada pihak Piaggio sebesar 1,5 juta Euro atau setara dengan Rp25 miliar (kurs Rp16.676).

Di samping itu, produsen asal Prancis tersebut juga dipastikan dilarang untuk menjual, mempromosikan, mengimpor, mengekspor, dan menggunakan segala jenis skuter roda tiga yang memakai sistem kontrol yang dipatenkan Piaggio.

Bahkan dalam butir putusan tersebut juga disebutkan jika Peugeot Metropolis dilarang untuk dijual di negaranya sendiri. Pengadilan Milan melarang Peugeot Motorcycles di wilayah Italia untuk mengimpor dan menjual Peugeot Metropolis di Italia.

Belum selesai sampai di situ, Peugeot Motorcycles juga dikenakan denda sebesar 6 ribu Euro atau setara Rp100 juta untuk setiap kendaraan yang terjual setelah 30 hari sejak putusan hukuman diberikan.

peugeot metropolis menang gugatan

Dengan roda tiga, Piaggio MP3 500 punya handling seperti mobil (Foto: Motorbike)

Efek domino yang didapatkan juga mewajibkan Peugeot untuk menarik seluruh kendaraan tiruan yang sudah dijual di Italia dalam waktu 90 hari. Itupun masih dikenakan denda tambahan sebesar 10 ribu Euro atau setara dengan Rp166,7 juta untuk setiap hari tertunda dalam melaksanakan perintah.

“Pengadilan Milan telah melarang Peugeot Motorcycles di Italia untuk mengimpor dan menjual Peugeot Metropolis sesuai dengan waktu yang sudah diberikan oleh pengadilan,” terang pihak Piaggio dalam siaran resmi yang kami terima, Kamis (23/9/2021) kemarin.

Sekadar informasi, Peugeot Metropolis merupakan skuter matik roda tiga yang dibekali mesin berkapasitas 400 cc, 1 silinder. Harga yang dibanderol untuk skutik tersebut berkisar Rp260 jutaan dan memang berhadapan langsung dengan Piaggio MP3 yang sama-sama memiliki roda 3.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts