HomeBeritaImbauan Bagi yang Berencana Berlibur Menggunakan Kendaraan

Imbauan Bagi yang Berencana Berlibur Menggunakan Kendaraan

Berlibur Menggunakan Kendaraan
Imbuan bagi warga yang ingin berlibur menggunakan kendaraan (Foto: Jasa Marga)

Jakarta – Pemerintah telah menetapkan 28-30 Oktober 2020 sebagai hari libur alias cuti bersama dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Diperkirakan banyak warga yang akan memanfaatkan momen ini dengan berlibur menggunakan kendaraan.

PT Jasa Marga memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas (lalin) kendaraan bermotor yang meninggalkan Jakarta pada periode libur panjang.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi puncak volume lalin untuk arus mudik adalah pada Rabu, 28 Oktober 2020. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada Minggu, 1 November 2020.

Sebagai upaya memperlancar mobilitas warga yang berlibur menggunakan kendaraan, Heru mengimbau agar menghindari perjalanan saat puncak volume lalin. Hal ini demi mengedepankan keamanan dan kenyamanan sesama pengguna jalan.

“Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing. Yakni melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50%, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19,” tambah Heru dalam keterangan resminya, Senin (26/10/2020).

 Berlibur Menggunakan Kendaraan
Memperlancar mobilitas warga yang berlibur menggunakan kendaraan Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi (Foto: Jasa Marga)

Menyiagakan Petugas

Jasa Marga juga menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan. Selain itu menjalin kerja sama dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas buka-tutup tempat istirahat saat terjadi antrean kendaraan.

“Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan di manapun berada. Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami imbau untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Memilih untuk take away makanan dibandingkan makan di tempat. Membawa peralatan ibadah pribadi dan tidak perlu berlama-lama di rest area,” jelas Heru.

Heru juga menyarankan, sebelum berlibur menggunakan kendaraan bermotor pastikan pengendara maupun kendaraan dalam keadaan prima, apalagi sekarang ini sudah memasuki musim hujan. Selain itu, pastikan saldo uang elektronik cukup serta patuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Volume Lalin Keluar Jakarta

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra memperkirakan volume lalin keluar Jakarta selama libur panjang naik sekira 21,77% dibandingkan periode new normal.

“Distribusi mayoritas lalin meninggalkan Jakarta ke arah Timur menuju Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi sebesar 48,17%. Sementara 28,32% ke arah Barat menuju Banten/Merak dan 23,51% ke arah Selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor/Puncak/Ciawi,” jelas Bima.

 Berlibur Menggunakan Kendaraan
Lakukan pengecekan mobil usai digunakan mudik (Foto: ADM)

Bima juga menjelaskan bahwa angka prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalin yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/utama. Antara lain GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Guna meningkatkan layanan lalin, Jasa Marga juga menyiagakan sarana prasarana. Selain itu menempatkan petugas untuk rekayasa lalu lintas pada titik-titik rawan kemacetan. Serta memastikan keberfungsian CCTV, Variable Message Sign (VMS), VMS Mobile, Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) dan Radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Waspadai Titik-Titik Kemacetan Saat Cuti Bersama Besok

Nissan Buka Lowongan
Previous post
Pabrik di Indonesia Tutup, Nissan Thailand Malah Buka Lowongan Kerja
Next post
Menantikan Mobil Listrik Wuling di Indonesia, Berapa Harga yang Pas?