Home » Berita » IMX 2019 Digelar, Dorong Industri Modifikasi dan Merek Lokal

IMX 2019 Digelar, Dorong Industri Modifikasi dan Merek Lokal

Kemenperin Airlangga Hartanto di pembukaan IMX 2019.

Jakarta – Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 resmi dibuka hari Sabtu (28/9/2019). Event expo modifikasi terbesar dan sudah dilaksanakan kedua kalinya di Tanah Air ini dilangsungkan sampai Minggu (29/9/2019) di Balai Kartini, Jakarta. IMX sendiri adalah perhelatan modifikasi yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Bukan tanpa alasan, NMAA berharap dengan IMX di setiap tahunnya mampu mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

Pembukaan jadi spesial lantaran juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) – Kementerian Perindustrian – Ir. Harjanto, M.Eng, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, serta Andre Mulyadi selaku founder NMAA sekaligus Project Director IMX. Kesemuanya hadir untuk secara simbolis membuka expo modifikasi peristisius ini.

IMX pun kemudian hadir dan seakan-akan melengkapi gairah industri otomotif Indonesia dengan segala merek-merek lokalnya.

“Kami senang jika pada akhirnya pelaku modifikasi memiliki expo-nya sendiri yang konsisten berjalan dari tahun ke tahun. Sehingga melalui IMX ini, kami berharap semakin banyak merek-merek lokal yang percaya diri menampilkan produknya,” ujar Airlangga Hartanto dalam sambutannya.

IMX 2019 dorong kualitas industri modifikasi dan merek lokal

“Selain itu semoga pelaku modifikasi Tanah Air akan semakin terasah kemampuannya dalam soal kualitas, safety yang memenuhi standar internasional. Pada gilirannya nanti, modifikasi Indonesia bisa menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan,” sambungnya.

Dukungan Pemerintah dan Tokoh Modifikator Luar Negeri

Pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Perindustrian dinilai sangat mendukung perkembangan industri otomotif, termasuk segmen modifikasi. Ini bisa dilihat dari terselenggaranya aktivitas AMMDes Digimodz yang dihelat beberapa waktu lalu. Kolabirasi antara Kemenperin RI dan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes kemudian menunjuk IMX sebagai lokasi pengumuman. Tak hanya itu, expo ini juga sekaligus sebagai tempat memamerkan karya pemenang dari kompetisi modifikasi digital tersebut.

IMX 2019 didukung pemerintah dan modifikator dunia

Capaian menarik muncul di IMX 2019. Pada tahun kedua ini IMX mencatat 30% lebih banyak exhibitor dari dalam dan luar negeri. Khusus tenant luar negeri di antaranya diisi oleh rumah modifikasi Rywire Motorsport Electronics dari Amerika Serikat, tuner JDM Yard dari Australia, penyelenggara Osaka Automesse dari Jepang, majalah modifikasi Super Street dari Amerika Serikat, brand velg SSR dari Jepang, serta legenda custom culture Mooneyes asal Jepang.

Shige Sunaguma selaku pemilik Mooneyes yang juga dianggap sebagai “The Godfather of Japanese Custom Scene” menyempatkan datang ke IMX 2019 sebagai bagian dari rangkaian kegiatannya di Indonesia. Kesempatan ini menjadi yang pertama kali baginya untuk menyapa penggemar modifikasi di IMX, dan merespons positif adanya expo modifikasi tersebut. Ia berharap ranah custom mobil di Indonesia terus bertumbuh dan berkembang seperti di Jepang dan Amerika.

 

Penulis: Dimas Hadi

Editor: Tutus Subronto

Previous post
Ini yang Ditunggu Industri Otomotif untuk Mengejar Produksi Mobil Listrik
Next post
Karena Kualitas, Harga Mitsubishi Mirage Bekas Lebih Mahal Dari LCGC