Home » Berita » Indonesia Keduluan Australia dalam Mendatangkan Toyota Fortuner Facelift

Indonesia Keduluan Australia dalam Mendatangkan Toyota Fortuner Facelift

Toyota Fortuner Facelift (Foto: Paultan)

Jakarta – Toyota Fortuner Facelift pertama kali diperkenalkan awal Juni lalu di Thailand. Sekarang medium SUV tersebut segera melenggang di Australia. Toyota Australia telah mengeluarkan pengumuman bahwa pihaknya akan meluncurkan Fortuner terbaru pada 27 Agustus 2020.

Kemungkinan besar Fortuner facelift yang dipasarkan di Australia didatangkan langsung dalam bentuk utuh dari Thailand. Jelang peluncuran, Toyota Australia telah berbagi sedikit terkait spesifikasi Fortuner facelift.

Sebagaimana diberitakan Paultan, Kamis (13/8/2020), nantinya Fortuner facelift hanya akan ditawarkan dalam satu pilihan mesin saja yaitu diesel. Mesin dengan nama kode 1GD-FTV memiliki kapasitas 2.8 litre empat silinder turbodiesel bertenaga 201 hp dan torsi puncak 500 Nm. Toyota mengklaim mesin ini lebih irit bahan bakar.

Dari sisi fitur keselamatan Fortuner sudah dibekali Toyota Safety Sense mencakup autonomous emergency braking dengan nighttime pedestrian detectionn, adaptive cruise control, lane keeping assist, dan lain-lain. Fitur keselamatan tadi akan menjadi perangkat standar Fortuner facelift di pasar Australia.

Tak cuma itu saja, perangkat standar lain yang juga turut disematkan seperti cooler box, multi-function steering wheel, soft touch dashboard, tilt and telescopic steering, enam pengaturan posisi duduk pengemudi. Ada juga LED fog lights, roof rails, keyless entry, push-button start, privacy glass tint, navigation dan masih banyak lagi.

Sepertinya varian yang lebih sporty yaitu Fortuner Legender, tidak akan ditawarkan di Australia.

Interior Toyota Fortuner Facelift (Foto: Paultan)

Eksterior dan Interior Toyota Fortuner Facelift

Meski nantinya ada perbedaan fitur, namun dari segi desain termasuk tampilan eksterior dan interior tetap sama seperti Fortuner Facelift yang ada di Thailand.

Toyota Fortuner facelift mendapatkan fasia depan yang direvisi, gril hitam berukuran lebih besar dan dikelilingi krom tebal, Bagian bumper memiliki air intake berukuran besar dan inlet tengah yang lebih ramping.

Ada juga skid plate berukuran lebih besar dengan sentuhan perak, lampu belakang LED tiga dimensi dan velg desain baru berukuran velg 18 inci.

Bagian interior, mobil yang diambildari basis Toyota Hilux ini mendapat instrument cluster yang diperbarui, jok berlapis bahan kain dan kulit. Selain itu ada head unit layar sentuh 9 inci yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Toyota Fortuner Facelift (Foto: Paultan)

Di pasar Indonesia sendiri belum diketahui pasti kapan Toyota Fortuner facelift diluncurkan. Prediksi awal tak lama setelah kehadirannya di Thailand, namun perkiraan tersebut meleset. PT Toyota Astra Motor (TAM) malah lebih memilih untuk mendatangkan Corolla Cross terlebih dahulu.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Modifikasi Kawasaki KLX 250 Ala Supermoto, Punya Kemampuan Serba Bisa
Next post
DFSK Pancing Konsumen Beri Banyak Promo untuk Beli Glory i-Auto