Home » Berita » Industri Otomotif Mulai Bergairah, Stok Mobil Baru Daihatsu Menipis

Industri Otomotif Mulai Bergairah, Stok Mobil Baru Daihatsu Menipis

Karyawan Daihatsu Lakukan Cek Suhu Tubuh Sebelum Bekerja (Foto: Daihatsu)

Jakarta – Sejak Juni 2020 penjualan mobil di Tanah Air mulai memperlihatkan pertumbuhan. Meski demikian belum bisa melewati angka penjualan pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan penjualan dipicu oleh kelonggaran-kelonggaran aktivitas setelah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah dihapuskan. Apalagi sejak Juni lalu banyak pabrikan yang memberikan promo khusus dan mengelar pameran mobil online dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Sehubungan dengan pasar otomotif yang kembali bergairah, stok mobil baru di diler dan pabrik mulai menipis. Mengingat hampir semua merek mobil di dalam negeri tidak melakukan produksi secara optimal.

Stok mobil yang menipis pun dirasakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia. Akibatnya Daihatsu tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan secara maksimal.

Mengantisipasi kekurangan stok mobil baru secara berkepanjangan, sejak Juli 2020 ADM telah melakukan persiapan produksi secara 2 sif dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Realisasi proses produksi 2 sif telah dilakukan sejak awal Agustus 2020 baik di pabrik Sunter maupun Karawang.

Dengan menerapkan 2 sif produksi, maka diharapkan jumlah mobil baru yang diproduksi pada bulan Agustus 2020 akan meningkat 4 kali lipat dibandingkan dengan hasil produksi Juli 2020.

Semua supplier Daihatsu siap mendukung peningkatan produksi mobil. Para supplier Daihatsu juga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan walaupun permintaan produksi meningkat tajam pada Agustus ini.

“Kami bersyukur, pasar mobil mulai menunjukkan peningkatan. Daihatsu berharap kondisi perekonomian Indonesia akan terus bergairah dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM dalam keterangan resminya, Selasa (4/8/2020).

Mengantisipasi stok mobil, pabrikan Daihatsu berlakukan 2 sif produksi (Foto: Daihatsu)

Daihatsu Sempat Berhenti Memproduksi Mobil

Daihatsu sempat menghentikan aktivitas pabrik mobil selama dua minggu pada awal April lalu. Kemudian pabrik mulai kembali memproduksi mobil awal Juni. Tetapi produksi mobil hanya difokuskan untuk pasar ekspor bukan domestik. Selain itu proses produksi hanya berjalan 1 sif saja.

Meski mulai beroperasi di tengah Covid-19 Daihatsu menerapkan protokol pencegahan penularan virus corona yang ditetapkan pemerintah. Di pabrik diberlakukan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh saat masuk area kerja, menjaga jarak antar karyawan minimal satu meter, pemberian dan penggunaan masker. Daihatsu juga membatasi jumlah karyawan dan waktu kerja di setiap area.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Selain Thailand dan Indonesia, Toyota Corolla Cross Juga Dijual di Filipina

Previous post
Mobil Lubricants Rilis Pelumas Baru yang Lebih Tahan Panas
Next post
Intip Spesifikasi Toyota Corolla Cross