MobilSumber informasi

Infografis Honda Mobilio 2018, MPV Dengan Kabin Paling Lega

infografis honda mobilio

Honda Mobilio termasuk pendatang baru dalam segmen low MPV di Indonesia. PT Honda Prospect Motor memperkenalkan Mobilio di tahun 2013, atau setelah satu dekade Toyota Avanza meluncur di Indonesia.

Honda Mobilio dihadirkan untuk menyasar kalangan keluarga kecil dan kelas menengah, yang membutuhkan kendaraan ekonomis dan memiliki kabin yang lega khas Honda. Basis yang dipakai yaitu Honda Brio yang terkenal nyaman, lincah dan fungsional.

Keunggulan Honda Mobilio memiliki kabin yang cukup lapang dibandingkan para pesaing di kelas yang sama. Untuk kelas tertinggi hadir tipe Mobilio RS dengan desain yang sporty look. Keunggulan lainnya dari Mobilio yaitu konsumsi bahan bakar yang irit, tapi harus dikompensasi dengan tenaga yang pas-pasan.

Honda Mobilio generasi awal ditawarkan dalam beberapa tipe, seperti tipe S, E, E CVT, dan E Prestige. Sementara untuk model tertinggi (RS) disodorkan dalam tiga tipe, Honda Mobilio RS, RS CVT, dan RS CVT Limited Edition.

Konsep yang digunakan dalam merancang Mobilio yaitu MPV rasa sedan seperti Nissan Grand Livina. Jaraknya ke tanah yang lebih pendek dibandingkan para pesaing, membuat mobilio tak terlalu limbung ketika dipacu dengan kecepatan tinggi.

Struktur rangka bodi sudah mencangkok G-CON+ACE, sehingga bodi takkan ringsek ketika terjadi kecelakaan atau benturan. Selain itu, sistem pengereman sudah menggunakan ABS, EBD, dan ISOFIX.

Karena mengejar harga yang relatif murah, Honda terpaksa men-downgrade material kabin dan eksterior Mobilio. Bagian kabin tidak terkesan mewah karena doortrim yang memakai bahan plastik.

Padahal, rivalnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki Ertiga pada bagian doortrim memakai bahan beludru yang lembut. Kompartemen penyimpanannya juga tak melimpah, tak seperti para pesaing.

Di tahun 2017 Honda memberikan facelift pada Mobilio berupa fasia depan baru yang terlihat lebih berkarakter dibanding sebelumnya yang hanya mengadopsi dari wajah Honda Brio. Desain grill Honda Mobilio lebih macho dan tegas, meninggalkan kesan membulat.

Mesin 1,5 Liter Andalan di Honda Mobilio

Honda Mobilio hadir dengan mesin 1.5 liter, SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC dan DBW. Suplai bahan bakarnya menggunakan PGM-FI, yang mampu menghantarkan tenaga sebessar 118 PS (87 kW) pada 6.600 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 14.8 kgm (145 Nm) pada 4.600 rpm.

Untuk transmisinya disodorkan pilihan manual 5 percepatan dan CVT. Nah, mesin 1,5 liter ini tetap bertahan sampai pada facelift di tahun 2017. Ubahan hanya sebatas desain interior, eksterior dan memperbaiki fitur.

Pada Mobilio facelift ini enaknya sudah memiliki fitur ECO Indicator yang akan mendukung gaya berkendara hemat bahan bakar. Honda pun membekali dengan teknologi Torque Boost Resonator yang sanggup meningkatkan torsi Honda Mobilio pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas, namun tetap hemat bahan bakar.

Untuk melihat spesifikasi lengkap Honda Mobilio 2018, silahkan klik di sini.

Sementara untuk melihat harga pasaran mobil baru Honda Mobilio 2018, klik di sini.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts