Mobil Sumber informasi

Infografis: Suzuki APV Arena 2018

Infografis suzuki apv 2018

 

Sekilas Informasi tentang Suzuki Arena 2018

Infografis Suzuki APV Arena ini memang bukan jadi model anyar di pasar otomotif Indonesia. Tapi produk low MPV ini memiliki reputasi sebagai mobil keluarga yang pernah berjaya di pasar nasional dan internasional.

Suzuki APV, kendaraan dengan mengusung mesin tipe G15A 1.500 cc 16 silinder Multi Point Injection distributor less Ignition. Selain bertenaga, juga mampu mengefisienkan penggunaan bahan bakar (irit BBM).

Konsumsi BBM Suzuki APV

Hal tersebut terbukti saat sesi test drive yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu. Hasil pengujian di jalan bebas hambatan (Tol), konsumsi BBM APV Arena ini sangat irit. Dengan mampu menembus catatan 1 l liter untuk 13 km.

Bodi dan Kestabilan Suzuki Arena 2018

Sedangkan soal kestabilan, gejala body roll kala melibas tikungan atau bermanuver nyaris tak terasa. Hal itu terbukti dari jalan berliku di sekitar bukit Sentul, dengan kecepatan 75 km/jam mengandalkan engine break dan membawa beban penumpang penuh plus barang, Suzuki APV Arena ini bisa keluar tanpa “goyangan” maupun getaran dari stir.

Semua ini berkat suspensi depan menggunakan MacPherson struts yang menjamin kestabilan di segala kondisi jalan dan penyempurnaan model suspensi belakang yang dulunya mengandalkan pegas daun yang lebih kaku, kini menggunakan pegas spiral sehingga lebih lentur dan nyaman.

Suspensi belakang baru itu juga menjamin mobil dapat mengangkut beban yang berat dan menjadikan kendaraan lebih nyaman dan stabil. Sisi kenyamanan semakin terasa saat duduk dalam kabin penumpang.

Dengan posisi duduk pengemudi yang cukup tinggi menjadikan ruang pandang pengemudi menjadi luas. Pengaturan posisi duduk pun seperti posisi di dalam sebuah sedan. Walaupun berbentuk minibus, tetapi posisi duduk pengemudi di Suzuki APV termasuk ideal.

Performa Suzuki APV Arena

Menjajal New Suzuki APV Arena di sekitar perumahan bukit Sentul yang sarat tanjakan, unjuk performa mesin sangat tangguh. Tarikan mesin melahap tanjakan terjal dirasakan masih responsif dengan posisi gear tiga. Padahal, saat test drive dilakukan, mesin dalam kondisi standar tanpa tune-up.

Kabin penumpang pun terasa lapang dengan posisi duduk tanpa berdesakan dan nyaman. Sedangkan jarak kaki dengan kursi di depannya tidak terlalu sempit. Selain itu, para penumpang baris kedua dan ketiga diberikan sandaran tangan di tengah.

Memang sejatinya, New APV Arena sanggup mengangkut delapan penumpang untuk tipe GL dan XG dengan konfigurasi 2-3-3. Namun, dengan alasan menambah kenyamanan, tipe SGX penumpang menjadi tujuh orang dengan konfigurasi 2-2-3.

Perubahan lain pada mobil yang merupakan hasil kolaborasi insinyur Indonesia dan Jepang ini adalah pada sisi ekterior. Dengan bumper depan dan gril yang menghasilkan lekukan tajam aerodinamis; desain head lamp baru dengan multireflector yang berkelas; juga desain panel instrumen.

Begitu pula bukaan bagasi dari krom semakin menambah kesan mewah. Lampu belakang pun kini menyatu dengan sein dan lampu mundur. Desain dasbor tak luput pula dari sentuhan. Selain bentuknya yang lebih dinamis, perangkat audio pada varian SG dan SGX kini tampil lebih terintegrasi berukuran 2 Din yang dapat memutar kaset dan CD kesayangan serta mendengarkan siaran radio.

Fitur Keselamatan Suzuki APV Arena

Untuk faktor keamanan, APV dilengkapi total effective control technology (TECT) dan side impact beam untuk menahan benturan. Sabuk pengaman di setiap sisi penumpang dan posisi air intake setinggi 101 cm, menjadikan pengendaranya tidak perlu khawatir menerjang banjir walau posisi mesin berada di bawah.

Semua kelebihan APV Arena itu bukti pengalaman bertahun-tahun dari Suzuki memproduksi kendaraan yang mengerti kebutuhan konsumen sehingga mampu diterima pasar dengan baik.

Untuk melihat spesifikasi lengkap Suzuki Arena bisa lihat di sini.

Sementara untuk melihat kisaran harga Suzuki Arena silahkan klik di sini.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/