Home » Tips dan Trik » Ingat, Kebiasaan 2 Jari di Handle Rem Hanya untuk Balap

Ingat, Kebiasaan 2 Jari di Handle Rem Hanya untuk Balap

Posisi 2 jari saat berkendara adalah hal yang salah
Posisi 2 jari saat berkendara adalah hal yang salah

Jakarta – Para pengendara sepeda motor kerap salah kaprah dalam berkendara yang aman, terutama posisi jari. Banyak orang yang memposisikan 2 jari di bagian handle rem. Padahal, kebiasaan ini justru sangat tidak disarankan. Bahkan jika dibiarkan, kebiasaan berbahaya ini bisa berakibat fatal. Terutama di musim hujan seperti ini.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) membeberkan hal tersebut. Penggunaan dua jari yang stand by di tuas rem depan dan belakang pada motor matic. Ataupun di tuas rem depan dan tuas kopling pada motor sport atau cub justru salah. Lalu, seperti apa posisi jari yang benar saat berkendara?

“Diwajibkan untuk menggunakan empat jari dalam melakukan pengereman. Hal ini dikarenakan apabila kita menggunakan 4 jari, tuas rem akan tercengkram lebih baik sehingga pengereman dapat lebih maksimal,” ujar Ludhy kepada Carmudi beberapa waktu lalu. Posisi 2 jari seperti hal di atas memang tidak direkomendasi, namun kerap dilakukan.

Menahan 2 jari seperti itu ternyata juga bisa menyebabkan penyakit. “Penggunaan dua jari dengan posisi stand by pada saat berkendara menyebabkan rasa pegal pada otot jari dan otot pergelangan tangan. Apabila pengendara berkendara dengan jarak jauh, hal tersebut dapat membuat otot kita menjadi tegang dikarenakan otot jari yang terus-terusan berkontraksi sehingga menyebabkan menjadi lelah,” sambungnya.

Posisi 2 Jari di Rem Hanya untuk Balap

Lebih lanjut Ludhy mengatakan jika posisi 2 jari di atas handle rem hanya untuk balap saja. Sebab penggunaan rem tersebut bertujuan untuk mengurangi kecepatan motor, tanpa mengurangi akselerasi dari motor tersebut. “Bila digunakan dalam kehidupan sehari-hari ketika sedang berkendara di jalan raya akan sangat berbahaya,” ujar Ludhy.

Sangat dianjurkan kepada pengendara motor untuk memakai 4 jari pada saat melakukan pengereman. Selain itu penggunaan rem depan dan belakang harus digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam melakukan pengereman. “Cengkraman empat jari tentu akan lebih kuat di bandingkan dengan menggunakan dua jari saja,” kata Ludhy. Ia menyarankan posisi tangan sebaiknya mengepal di bagian setang.

Posisi 2 jari saat berkendara adalah hal yang salah
Posisi 2 jari saat berkendara adalah hal yang salah

Hal ini akan membuat tangan dan badan dalam posisi yang siap siaga. Selain itu, badan pengendara juga akan lebih rileks dan nyaman saat berkendara. Kebiasaan menahan atau memposisikan 2 jari di atas handle rem tentunya sangat tidak dianjurkan. Kalau kamu masih memakai cara seperti itu, ada baiknya dikurangi ya.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Outside temperature W124 buatan lokal, harga terjangkau
Previous post
Pasang Fitur Outside Temperature W124 Mercy Boxer, Ternyata Murah!
Next post
Tak Lagi Disponsori Datsun, Kini Bali United Didukung oleh Wuling Motors