Tips dan Trik

Ingat Lagi, Cara Aman Membeli Mobil Baru Secara Kredit

Jakarta – Ketika konsumen ingin membeli mobil baru akan dihadapkan dengan dua sistem pembayaran, secara tunai atau kredit. Umumnya konsumen memilih pembayaran secara kredit, karena dinilai lebih meringankan dan tidak perlu menyiapkan dana banyak di awal.

Untuk membeli mobil baru secara kredit ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, supaya tidak menyesal dikemudian hari.

Membeli Mobil Secara Kredit

Konsumen sedang dilayani oleh Sales Auto2000 (Foto: Auto2000)

Berikut cara aman membeli mobil secara kredit yang bisa Carmudian terapkan:

Pilih Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Pastikan mobil yang hendak Carmudian beli sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, mencari mobil untuk keluarga dengan dua orang anak, maka kendaraan yang cocok adalah jenis MPV. Sebaliknya, jika Carmudian belum berkeluarga atau masih mahasiswa, disarankan memilih mobil jenis hatchback, atau bisa juga sedan.

Kondisi Keuangan

Kendati membeli mobil baru secara kredit terbilang ringan, tapi pastikan terlebih dahulu kondisi keuangan Carmudian sehat hingga beberapa tahun ke depan. Sebab, konsumen akan dituntut membayar cicilan mobil tepat waktu setiap bulannya. Bila tidak, maka kemungkinan besar mobil baru yang sudah dimiliki konsumen bisa ditarik kembali oleh perusahaan pembiayaan (leasing).

Selain itu, pastikan juga dana untuk membayar uang muka (down payment/DP) telah tersedia. Semakin besar DP yang dibayarkan, maka semakin ringan pula cicilan mobil perbulannya.

Membeli Mobil Secara Kredit

Membeli mobil baru secara kredit harus lolos BI Checking (Foto: Auto2000)

Simulasi Kredit

Jika Carmudian telah menemukan mobil baru yang ingin di beli, sebaiknya cari tahu dahulu harga dari masing-masing varian. Kemudian, cocokan dengan kemampuan finansial, bila perlu lakukan simulasi kredit secara mandiri atau bisa meminta bantuan kepada tenaga penjual di diler.

Ini penting dilakukan supaya bisa menentukan besaran uang muka dan ada gambaran ke depannya seberapa besar dana yang perlu disiapkan setiap bulannya untuk membayar cicilan.

Manfaatkan Program Penjualan

Tidak jarang diler maupun Agen Pemegang Merek (APM) menghadirkan program penjualan khusus. Biasanya lewat program tersebut, mereka menawarkan paket khusus yang memudahkan Carmudian memiliki mobil baru. Selain itu ada beragam keuntungan lainnya yang akan ditawarkan.

Mobil Toyota PPnBM

Ilustrasi konsumen membeli mobil Toyota (Foto: Auto2000)

Lolos Proses BI Checking

Apabila semua cara tadi sudah dijalani, maka ada satu syarat penting harus dilewati, yaitu lolos proses BI checking. Bila tidak lolos maka konsumen tak bisa melakukan pembelian mobil baru secara kredit.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts