Home » Berita » Ingat, Nonton MotoGP 2021 Tak Perlu ke Malaysia Cukup ke Mandalika Saja!

Ingat, Nonton MotoGP 2021 Tak Perlu ke Malaysia Cukup ke Mandalika Saja!

Indonesia menyatakan siap menggelar pertandingan MotoGP pada 2021 mendatang di Mandalika.
Indonesia menyatakan siap menggelar pertandingan MotoGP pada 2021 mendatang di Mandalika. (Foto: Kemenpora.go.id)

Jakarta – Sebagaimana diketahui selama ini para penggemar MotoGP di Indonesia memilih berkunjung ke Malaysia untuk menyaksikan langsung jalannya balapan di sirkuit internasional Sepang. Tapi nanti sekira dua tahun lagi penggemar MotoGP tak perlu berbondong-bondong pergi ke Malaysia.

Sebab pemerintah Indonesia saat ini sedang mengupayakan agar pelaksanaan balapan MotoGP 2021 mendatang, bisa dilakukan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saya sampaikan bahwa kita siap,” ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikutip dari setkab.go.id.

Hal itu diungkapkan oleh Jokowi kepada wartawan usai menerima Chief Executive Officer (CEO) Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer, di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3) sore.

Menurut Presiden, kedatangan Chief Executive Officer (CEO) Dorna, Carmelo Ezpeleta ingin mendapatkan keyakinan kesiapan Indonesia, baik dalam organisasi maupun infrastruktur menuju ke sana. Karena sudah ada tanda tangan kerja sama antara ITDC sebagai pengelola dari kawasan Mandalika dan Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP 2021 mendatang.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi menyampaikan bahwa pemerintah mendukung penuh persiapaan hingga penyelenggaraan MotoGP di Indonesia. Dirinya juga mengungkapkan bila MotoGP terlaksana di Mandalika maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Ini adalah kabar gembira bagi seluruh penggemar MotoGP di Indonesia bahwa kita akan menjadi tuan rumah nanti di MotoGP Mandalika. Tentu banyak pertanyaan kenapa tidak di tempat lain yang dulu pernah jadi isu. Yang penting, menurut Menpora, sekarang Indonesia sudah memperoleh kepastian bahwa MotoGP akan diselenggarakan 2021 di kawasan Mandalika,” kata Imam.

Konsep Sirkuit Jalanan

Sirkuit tempat berlangsungnya MotoGP Indonesia di Mandalika akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan. Nantinya sirkuit tersebut dipadukan dengan keindahan alam Mandalika sehingga MotoGP seri Indonesia akan tampil berbeda dari yang sudah ada.

“Tadi Carmelo menyampaikan bahwa ini adalah street circuit yang katanya sangat indah karena mepet dengan pantai,” kata Jokowi.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan guna menunjang gelaran tersebut. Untuk diketahui, sirkuit Mandalika berupa jalan raya dibangun sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika.

Infrastruktur yang akan dibangun tersebut nantinya tak hanya digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP semata, namun juga sebagai daya tarik wisata Mandalika yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai 1 dari 10 destinasi wisata baru Indonesia selain Bali.

“Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga juga pariwisata kita secara brand akan terangkat dan Mandalika akan mendapat manfaat karena investasi ini,” tutur Presiden.(dol)

Ayla Turbo
Previous post
Daihatsu Ayla Turbo dengan Sesama City Car Menang di Kertas, Memble di Aspal
Next post
Sepeda Motor Suzuki Buatan Indonesia Bakal Masuk Korea Selatan