HomeReviewsIngin Beli Honda CR-V Terbaru? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Beli Honda CR-V Terbaru? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V terbaru. (Foto: Ilustrasi)

JakartaHonda CR-V merupakan salah satu SUV (Sport Utility Vehicle) yang populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia. CR-V terbaru telah mendapatkan penyegaran pada eksterior maupun interiornya. Bahkan, kini menawarkan pilihan berteknologi hybrid, hanya sayangnya belum masuk ke Indonesia. Di samping memiliki beberapa kelebihan, tentunya Honda CR-V terbaru juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini Carmudi rangkum beberapa kelebihan yang dimiliki Honda CR-V terbaru.

Kelebihan Honda CR-V Terbaru

Suspensi Mumpuni

Honda CR-V terbaru telah disematkan suspensi andal dan mumpuni, yakni menggunakan MacPhersons Strut di bagian depan dan suspensi Multi-Link di bagian belakang.

Kedua suspensi tersebut dinilai dapat menjaga kestabilan mobil ini dengan sangat baik. Sehingga, dapat dibawa berkendara di jalanan yang tidak rata maupun bergelombang sekalipun.

Performa Mesin Gahar dan Irit Bahan Bakar

Kelebihan lainnya yang dimiliki Honda CR-V terbaru adalah performanya yang besar. Mobil ini menawarkan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1,5L Turbo dan 2L.

Mesin 1,5L Turbo, memiliki spesifikai DOHC berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder serta berteknologi i-VTEC Turbo dan DBW. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 187 Hp pada 5.600 Rpm serta torsi maksimal 240 Nm pada 2000 hingga 5000 Rpm.

Sedangkan, untuk mesin 2L, memiliki spesifikai SOHC berkapasitas 1.997 cc, 4 silinder serta berteknologi i-VTEC dan DBW 16 katup. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 152 Hp pada 6.500 Rpm dan torsi sebesar 189 Nm pada 4.300 Rpm.

Selain memiliki performa gahar, mesin CR-V terbaru juga diklaim efisien dan irit bahan bakar. Ini didapat dari sistem suplai bahan bakar PGM-FI untuk varian 2L dan direct injection di varian 1.5L Turbo.

Fitur Paddle Shift

Paddle shift merupakan fitur untuk memindahkan gigi mobil secara manual dan disematkan di mobil bertransmisi otomatis dengan sentuhan jari tangan tanpa harus meninggalkan kemudi. Salah satunya, Honda CR-V terbaru yang menggunakan transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) di semua variannya.

Dengan disematkannya fitur tersebut, pengemudi mobil ini dapat berkendara dengan sangat nyaman. Pengemudi cukup menggerakkan jari tangannya saja untuk mengatur perpindahan gigi tanpa harus melepas kemudi mobil.

Fitur Keselamatan Canggih dan Lengkap

Honda CR-V terbaru ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang canggih. Mobil ini disematkan fitur dual front SRS airbags yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang bagian depan jika terjadi benturan keras.

Terdapat juga fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) yang memberikan kemudahan bagi pengemudi saat terjebak macet di jalanan tanjakan. Pengemudi mobil tidak harus menginjak rem atau gas agar mobil tidak mundur. Selain itu, terdapat ISOFIX dan tether untuk mendukung pemasangan kursi penumpang balita.

Interior Mobil Luas

Jika melihat interior Honda CR-V terbaru, terlihat ruang kabin mobil yang luas. Mobil ini dapat menampung 5 hingga 7 orang penumpang dengan ruang gerak yang leluasa. CR-V terbaru memiliki ukuran panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.679 mm.

Di sisi lain, bagasi CR-V terbaru juga cukup luas. Kursi baris ketiga bisa dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang lebih luas. Selain itu, ruang penyimpanan atau kompartemen dalam mobil ini dinilai fungsional.

Kekurangan Honda CR-V Terbaru

Selanjutnya, Carmudi rangkum beberapa kekurangan yang dimiliki Honda CR-V terbaru sebagai berikut.

Harga Tinggi

Honda CR-V terbaru memiliki harga yang terbilang mahal, yaitu Rp463,9 juta (OTR DKI Jakarta) untuk varian terendah. Dengan harga tersebut, mobil ini lebih mahal jika dibandingkan kompetitornya asal Cina yang menjadi pesaing terberatnya.

Sebut saja misalnya DFSK Glory 580 seharga Rp315 juta (OTR DKI Jakarta) pada varian tertinggi, dan Wuling Almaz seharga Rp341,8 juta (OTR DKI Jakarta) untuk varian tertinggi.

Tidak Memiliki Pilihan Mode Berkendara Lengkap

Seharusnya untuk mobil SUV seharga Rp460 jutaan, Honda CR-V terbaru ini memiliki fitur pilihan mode berkendara yang lengkap, seperti eco, sport, dan normal. Namun kenyataannya, mobil ini hanya disematkan fitur ECON saja.

Fitur Sunroof Hanya di Varian Tertinggi

Kekurangan lainnya yang dimiliki Honda CR-V terbaru adalah belum memiliki sunroof pada semua variannya. Fitur tersebut hanya disematkan pada CR-V terbaru tipe tertinggi, 1.5L Prestige Turbo.

Spesifikasi Honda CR-V Terbaru

Eksterior Honda CR-V Terbaru Elegan

Tampilan Honda CR-V terbaru. (Foto: Carmudi Indonesia)

Honda CR-V terbaru ini memiliki desain eksterior yang terlihat sporty serta elegan. Di bagian depan, disematkan head lamp projector halogen yang berdesain seperti mata menyipit tajam dan dapat mengeluarkan cahaya optimal. Khusus untuk CR-V terbaru varian 1.5L Prestige Turbo, disematkan head lamp full LED Headlight.

Tidak hanya itu, terdapat juga  fog lamp atau lampu kabut yang dapat memberikan pencahayaan maksimal saat mobil dibawa berkendara di malam hari atau saat cuaca kabut tebal.

Di bagian samping, pintu mobil disematkan handle door berdesain modern dengan adanya lekukan halus yang terkesan mewah. Side skirts turut disematkan di bagian samping bawah mobil yang juga berdesain modern.

Sedangkan di bagian belakang, terdapat tail lamp LED yang dilengkapi dengan rear combi lamp dan LED light bars khas mobil SUV premium.

Interior Honda CR-V Terbaru Modern

Interior Honda-CR-V terbaru. (Foto: Paultan)

Selain eksteriornya terlihat elegan, Honda CR-V terbaru juga memiliki interior yang tampak modern. Dasbor mobil ini sudah disematkan layar sentuh (touchscreen) lengkap dengan fitur hiburan sistem audio video untuk memutar CD/DVD, MP3/WMA, dan radio.

Terdapat juga beberapa fitur canggih lainnya. Seperti, HDMI port, USB port, smartphone connection, dan Bluetooth. Khusus di varian 1.5L Turbo dan Prestige Turbo, disematkan nanoe technology dan Speed-sensitive Volume Compensation (SVC).

Nanoe technology merupakan fitur yang berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil. Sedangkan, SVC adalah fitur untuk mengatur volume audio mobil agar tetap terdengar jernih selama perjalanan.

Di sisi lain, terdapat layar panel MID, di mana panel tersebut dapat memberikan informasi yang lengkap mengenai kondisi mobil ini saat dibawa berkendara.

Sistem kemudinya juga telah disematkan beberapa tombol fitur yang sudah terintegrasi dengan audio steering switch, hands free-telephone, dan cruise control. Sehingga, pengemudi tidak kehilangan fokus selama mengendarai mobil ini.

Fitur Keselamatan Honda CR-V Terbaru Canggih

Honda CR-V terbaru telah dibekali dengan berbagai fitur yang lengkap dan canggih, khususnya fitur keselamatannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil ini sudah mengandalkan fitur dual front SRS airbags untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan jika terjadi benturan keras.

Selain itu, disematkan juga fitur Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), serta ISOFIX dan tether untuk menjaga keselamatan penumpang balita. Di sisi lain, pengereman CR-V terbaru sudah menggunakan teknologi ABS, EBD, dan BA yang dapat memberikan kualitas pengereman sempuna dan mencegah ban mobil terselip.

Harga Honda CR-V Terbaru

Carmudi rangkum harga Honda CR-V terbaru OTR DKI Jakarta sebagai berikut.

  • All New CR-V 2,0L i-VTEC Rp463,9 juta
  • All New CR-V 1,5L Turbo Rp498,4 juta
  • All New CR-V 1,5L Prestige Turbo Rp539,4 juta

 

Penulis: Nadya Andari 

Editor: Dimas

Baca Juga:

Begini Tampang Nissan X-Trail Baru, Makin Keren

Previous post
Berburu Toyota Alphard Bekas Taksi, Seberapa Menarik Dimiliki?
Next post
Solusi Bagi Pemilik Mobil Daihatsu yang Masa Garansinya Habis