Home » Mobil » Ingin Bermain Mobil Eropa, Simak Harga Peugeot yang Menggoda

Ingin Bermain Mobil Eropa, Simak Harga Peugeot yang Menggoda

Spesifikasi Peugeot 5008
Peugeot di Indonesia

Jakarta – Bagi pecinta mobil, mobil merek Eropa selalu memiliki daya tarik tersendiri. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan dan sisi keamanan mobil Eropa memang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil merek Jepang. Standarisasi yang diterapkan untuk kualitas mobil Eropa juga cukup tinggi. Tak heran jika mobil merek Eropa selalu jadi tolak ukur beberapa produsen otomotif di luar Eropa.

Kamu yang hendak mencoba naik kelas dengan mencicipi mobil Eropa, ada baiknya melihat merek yang satu ini, nih. Merek yang satu ini merupakan merek buatan Prancis dengan nama Peugeot. Peugeot sendiri sudah cukup lama malang melintang di industri otomotif dunia. Di Indonesia, Peugeot sebenarnya cukup banyak populasinya. Hanya saja kurang diminati oleh sebagian orang karena beberapa hal.

Nah, kamu yang hendak mencoba mobil Eropa, bisa nih mencoba merek Peugeot. Mengapa? Harga bekas dari mobil ini bisa dibilang cukup terjangkau. Penasaran?

Peugeot 406, Wikipedia
Peugeot 406, Wikipedia

Penyebab Harga Bekas Peugeot Anjlok

Berdasarkan pantauan, harga bekas Peugeot bisa dibilang berada di bawah beberapa merek Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz. Peugeot yang beredar di Indonesia pun terdiri dari beberapa macam model. Mulai dari sedan, sedan dua pintu, hatchback, MPV hingga SUV.

Harga yang bisa kamu temukan di pasaran terdiri dari Rp20 jutaan hingga Rp500 jutaan tergantung model dan tahun pembuatan. Lantas, mengapa harga Peugeot di Indonesia cukup jatuh?

Muhammad Ikbal, pecinta dan pemakai sekaligus anggota komunitas merek Peugeot ini pun membeberkan sedikit alasannya.

“Mindset sebagian orang perawatan Peugeot itu mahal. Padahal enggak juga, kalau di bengkel resmi mungkin iya. Sama mindset mobil ini sering mogok dan gampang overheat ini memang benar. Tapi biasanya ini terjadi kalau pemiliknya tidak membawa mobilnya ke bengkel spesialis dan kebetulan dapat unit yang jelek,” ujarnya kepada Carmudi, Jumat (27/3/2020).

Jambore Nasional Peugeot 2018
Peugeot 306 milik Sakti berhasil meraih prestasi juara ke-3 kontes OEM (Istimewa)

Bagi anak muda yang hendak memelihara mobil Eropa pertama kali, Peugeot rasanya sangat cocok. Beberapa varian sedan seperti Peugeot 306, 405, 406, 407 bahkan terpantau memiliki harga di bawah Rp90 jutaan. Hal tersebut dikarenakan masih banyak orang Indonesia yang merasa takut untuk memelihara mobil Eropa.

Mobil Eropa dinilai sulit untuk mencari ketersediaan spare part, hal tersebut yang menjadi ketakutan bagi sebagian orang untuk memelihara mobil Eropa. Alasan lain yang menurut Ikbal menjadi dasar mengapa harga Peugeot bisa terjun bebas adalah tidak semua orang merupakan pehobi mobil dan tidak bisa merawat mobil dengan baik.

“Mayoritas orang yang nyari Peugeot selain penghobi itu orang-orang dari pemotor yang ingin naik kelas kalau diperhatiin belakangan ini. Yang punya duit seharga motor tapi mau beli mobil. Nah, pas giliran mereka sudah bisa beli, sayangnya mayoritas mereka nggak bisa merawat. Lalu pas dijual, mereka kerap menjual dengan harga sembarangan yang penting laku. Karena mereka itu nggak bisa merawat,” sambungnya.

Cara Mendapatkan Mobil Peugeot dengan Kondisi Bagus

Ikbal melanjutkan, menurutnya ada cara untuk mendapatkan Peugeot dengan kondisi yang apik.

“Pertama sih menurut saya cari mobilnya sama yang sudah dikenal. Jadi setidaknya kita tau riwayat atau itu mobil biasa servis di mana. Karena kalaupun beli dari komunitas juga ga jamin kondisinya akan baik. Lalu untuk perawatan saran sih lakukan saja di bengkel spesialis yang memang sudah terjamin dan punya track record bagus. Sebenarnya ada lumayan banyak kok bengkelnya,” bebernya.

desain timeless ala Peugeot 206, listing Carmudi

Bagi orang awam yang ingin membeli Peugeot bekas, Ikbal pun memberikan beberapa tips kepada mereka yang ingin membeli Peugeot pertama kali.

“Kalau baru beli mobil Peugeot bekas terutama yang lawas, saran pertama sih lakukan cek dan servis sistem pendinginannya dulu. Radiator, extra fan, water pump, pokoknya cooling systemnya harus baik. Nah, nyari mobil bekasnya, saran untuk beli dengan harga yang lebih mahal, tapi kondisinya jelas. Kecuali kalo memang dari awal niatnya mau nyari bahan,” tandasnya.

Mencari Peugeot dengan kondisi yang baik bisa dibilang susah-susah gampang. Yang namanya mencari mobil bekas, tentunya tidak bisa disamakan dengan mencari mobil baru. Membutuhkan kesabaran dalam mendapatkan unit kondisi baik dengan kelengkapan original yang masih melekat pada mobil. Lebih lanjut Ikbal menjelaskan beberapa tipe mobil Peugeot yang cocok untuk dibeli kaum pemula atau awam.

Jamboree Nasional Peugeot 2018
Komunitas Peugeot 306

“Kalau mau nyari yang perawatan mudah dan murah sih tipe sedan 306. Dipakai buat harian juga masih enak, untuk yang termuda yang varian My2000 harganya itu sudah di bawah Rp50 juta sepertinya. Kalo mau agak mudaan, irit dan enak dipakai harian ada tipe 307 hatchback atau SW. Ini mobil lumayan irit apalagi yang versi diesel HDI, rasanya cukup nyaman. Untuk tipe SW ada panoramic roof juga,” katanya.

Untuk memilih beberapa mobil yang sudah disebutkan di atas, Ikbal menyarankan untuk berhati-hati dalam mencari unit bekasnya.

“Cuma harus hati-hati nyari unitnya, kalo dapet yang nggak terlalu bagis bisa banyak faultnya (kerusakan) di MID clusternya. Dia soalnya sudah banyak sensor sensor. Kalau tipe sedan 306 belum banyak. Harga hatchback rasanya juga sudah di bawah Rp80 jutaan sepertinya,” pungkas pria berkacamata yang juga bekerja sebagai jurnalis ini.

Harga Peugeot 306

Salah satu mobil Peugeot yang populasinya cukup banyak adalah tipe sedan 306. Tipe ini diproduksi sejak tahun 1993 hingga 2002 silam. Produsen asal Prancis tersebut memproduksi 306 ini dalam beberapa varian. Mulai dari sedan 2 pintu, sedan 2 pintu cabriolet, hatchback dan sedan 4 pintu yang banyak ditemukan di Indonesia.

Mobil sedan dengan logo singa di bagian grillnya ini bisa dibilang jadi salah satu mobil yang cocok bagi pemula yang ingin mencoba mengendarai sedan Eropa.

Peugeot 306, Wikipedia
Peugeot 306, Wikipedia

Untuk harga bekasnya sendiri, bisa dibilang sudah sangat murah. Di pasaran, Peugeot 306 ini dijual dengan kisaran harga Rp20 jutaan hingga Rp50 jutaan. Desain dari Peugeot 306 ini bisa dibilang juga cocok untuk digunakan anak muda atau mereka yang suka dengan mobil berukuran kompak. Mobil Peugeot 306 ini punya dimensi yang tak terlalu besar dan kecil.

Harga Peugeot 406

Varian kedua yang bisa menjadi daftar pembelian adalah tipe Peugeot 406. Peugeot 406 bisa dibilang memiliki tingkatan di atas Peugeot 306. Secara desain, Peugeot 406 ini punya tampilan yang lebih keren dan sporty ketimbang varian 306. Bagian depan dari mobil ini terlihat lebih pipih, dengan lampu depan yang sedikit melancip. Desain buritannya pun juga menggambarkan sebuah sedan yang cukup sporty di zamannya.

Peugeot 406 modification, Google
Peugeot 406 modification, Google

Peugeot 406 sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 hingga 2004, dan memang dilahirkan sebagai mobil berukuran besar. Kenyamanan kabin dari mobil ini juga cukup baik, karena lebih lega dibandingkan tipe 306. Untuk harga bekasnya sendiri,berkisar diantara Rp25 jutaan hingga Rp60 jutaan tergantung kondisi.

Harga Peugeot 307

Peugeot 307 merupakan salah satu model hatchback yang pernah diluncurkan oleh pabrikan asal Prancis ini. Di Indonesia, tipe ini terdiri dari dua varian yakni hatchback dan station wagon (SW). Peugeot 307 ini sendiri pertama kali diproduksi pada tahun 2001 hingga 2008 di Prancis. Di tahun 2002, Peugeot 307 ini pernah mendapatkan gelar European Car of The Year. Tak heran mobil hasil karya desain Murat Gunak ini menjadi salah satu mobil yang sukses di era 2000-an.

Peugeot 307 SW
Peugeot 307 SW

Untuk harganya sendiri, 307 juga bisa dibilang sangat terjangkau. Di Indonesia varian ini ditawarkan antara Rp40 jutaan hingga Rp100 jutaan tergantung tipe dan kondisi mobil itu sendiri. Jika melihat dari desain, memang bagi orang awam bentuk 307 ini cenderung sedikit aneh dan kurang sedap dipandang.

Harga Peugeot 405

Lain lagi dengan Peugeot 405. Bagi pecinta mobil Young Timer atau mobil keluaran era 1990-an, Peugeot 405 ini punya daya tarik tersendiri. Desainnya lebih boxy alias cenderung mengotak seperti mobil yang ada di zaman tersebut. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, Peugeot 405 ini kerap masuk nominasi mobil terbaik di Eropa.

Peugeot 405 modification, Google
Peugeot 405 modification, Google

Handling dari mobil ini juga patut diacungi jempol, karena plat bagian bawahnya memakai platform Citroen BX. Di Indonesia, harga Peugeot 405 ini bisa dibilang sudah sangat murah. Kisaran harganya mencapai Rp10 jutaan hingga Rp40 jutaan tergantung tahun dan kondisi. Beberapa varian yang kerap dicari adalah tipe STi dan Le Mans yang dianggap punya performa yang cukup oke.

Harga Peugeot 806

Tipe ini merupakan MPV besar yang dijual di Indonesia. Peugeot 806 memiliki desain layaknya Nissan Serena. Salah satu kelebihan dari mobil kotak ini adalah joknya yang berukuran full dari depan hingga belakang. Mobil dengan pintu geser ini juga mampu mengangkut 6 hingga 7 orang penumpang dengan mudah. Peugeot 806 sendiri di Eropa memiliki nama Eurovans. Karena mobil ini diproduksi oleh Sevel Nord dan dijual secara resmi oleh Peugeot, Citroen, Fiat dan Lancia.

Peugeot 806, Autoevolution
Peugeot 806, Autoevolution

Untuk harga bekasnya, mobil ini punya banderol diantara Rp40 jutaan hingga Rp90 jutaan tergantung kondisi mobil itu sendiri. Bagi kamu yang hendak membeli mobil keluarga ala merek Eropa, Peugeot 806 bisa menjadi alternatif pilihan lain nih. Apalagi mobil ini juga mampu memuat banyak penumpang.

Ketersediaan Spare Part Peugeot

Komponen atau suku cadang Peugeot di Indonesia bisa dibilang masih didukung oleh jaringan resmi Peugeot. Peugeot Indonesia masih berdiri kokoh di bawah naungan PT Astra International Tbk. Konsumen pun masih bisa memesan suku cadang untuk mobil Peugeot yang dimiliki kendati sudah tidak diproduksi. Selain dari bengkel resmi, ada juga beberapa bengkel spesialis Peugeot yang tersebar di beberapa kota Indonesia.

Peugeot 405, Google
Peugeot 405, Google

Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, bengkel spesialisnya memang tak terlau banyak. Itu tadi merupakan harga Peugeot yang ada di Indonesia beserta alasan mengapa harga bekas Peugeot di Indonesia kerap anjlok. Dari beberapa varian yang disebutkan di atas, manakah yang menjadi tipe atau varian yang mampu menggoda kamu?    

Previous post
Pabrik Mobil Honda di Thailand Tutup, Bagaimana Nasib Impor Sedan ke Indonesia?
Next post
Daihatsu Mulai Terapkan Work From Home