Home » Tips dan Trik » Ingin Ganti Ban Serep Mobil? Berikut Caranya

Ingin Ganti Ban Serep Mobil? Berikut Caranya

Cara mengganti ban serep mobil. (Foto: Youtube)

Jakarta – Bagi pengemudi baru alias pemula, jika di tengah perjalanan ban mobilnya tiba-tiba bocor atau kempes, pastinya akan merasa panik. Ditambah, jika ia hanya sendirian di dalam mobil tersebut. Sebenarnya, tidak perlu merasa panik dan bingung saat mengetahui ban mobilnya kempes. Biasanya, terdapat ban serep yang disematkan pada bawah mobil.

Ban ini digunakan untuk menggantikan ban mobil yang kempes ataupun bocor. Namun, masih banyak pengendara mobil yang merasa kebingungan saat ingin mengganti ban yang kempes tersebut dengan ban serep, khususnya jika sedang berada di daerah yang tidak ada bengkel. Sebenarnya, ini merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui setiap pengguna mobil.

Cara Mengganti Ban Serep Mobil

Ada satu hal yang perlu diingat sebelum Carmudian mengganti ban serep mobil. Yaitu, jangan langsung berhenti saat ban mobilnya tiba-tiba kempes atau bocor. Pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan kondisi sekitar. Kemudian, mencari tempat yang aman untuk berhenti, dan Carmudian bisa mulai mengganti ban serep mobil. Ini bertujuan untuk menjaga keselamatan Carmudian dan pengguna jalan lainnya.

Berikut Carmudi rangkum cara mengganti ban serep mobil seperti dilansir dari kanal Youtube Carmudi. Di kanal tersebut, penggantian ban serep dilakukan pada Toyota Kijang Innova “Reborn”.

  1. Mengambil Peralatan

Carmudian pastinya harus menepikan mobil terlebih dahulu di tempat yang aman, serta jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard. Setelah itu, hal yang harus Carmudian lakukan adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti ban serep mobil. Peralatan-peralatan tersebut biasanya diletakkan di ujung kiri mobil.

Peralatannya antara lain dongkrak mobil, hook pemutar dongkrak dan menurunkan ban, pemanjang hook 1 dan 2, serta kunci ban. Sebagai informasi, ada penjelasan detail mengenai letak dongkrak untuk ban depan dan belakang pada stiker yang ditempel di dongkrak tersebut.

  1. Masukkan Hook ke Lubang Kecil di Bagasi

Sebelumnya, Carmudian pasang terlebih dahulu hook pemutar dongkrak dengan pemanjang hook, lalu Carmudian bisa memasukkan hook-nya ke lubang kecil di bagasi. Di tahap ini, pastikan Carmudian memasukkan hook sampai terasa “klik”. Kemudian, pasang kunci ban di belakang pemanjang hook.

  1. Putar Hook Berlawanan Arah Jarum Jam

Carmudian putar hook-nya sampai ban serep yang berada di bawah mobil benar-benar turun. Setelahnya, Carmudian bisa mengeluarkan pengunci ban serep lewat lubang di tengah velg-nya.

  1. Mengendurkan Lug Nut Ban yang Akan Diganti

Tahap ini menggunakan kunci ban untuk mengendurkan lug nut ban yang akan diganti. Putar lug nut bannya berlawanan dengan arah jarum jam. Sebaiknya, lakukan dengan urutan lug nut berseberangan. Ingat, ban mobilnya cukup dikendurkan saja sebelum mobil didongkrak.

  1. Mendorong Dongkrak Mobil Sesuai Petunjuk

Pada tahap ini, Carmudian bisa menggunakan hook ke pemutar dongkrak untuk mendorong dan memutar. Putar searah jarum jam untuk menaikkan. Carmudian bisa menggunakan kunci ban untuk memutar jika terasa berat. Naikkan sampai ban yang akan diganti terangkat.

  1. Lepaskan Semua Lug Nut Ban Serep

Setelah ban yang diganti terangkat, lepaskan semua lug nut bannya. Kemudian, ganti dengan ban serep dan sesuaikan lubang PCD ban serepnya. Setelah itu, pasang lagi semua lug nut-nya dan kencangkan searah jarum jam, tapi jangan sampai terlalu kencang.

  1. Turunkan Dongkrak Mobil

Setelah ban serep terpasang dengan benar, Carmudian bisa menurunkan dongkrak mobil dan putar berlawanan arah jarum jam. Kemudian, kencangkan lagi semua lug nut ban serep.

  1. Memasukkan Kunci Ban Serep

Di tahap ini, Carmudian memasukkan kunci ban serep lewat lubang center cap. Selanjutnya seperti di tahap kedua, masukkan hook ke lubang kecil di bagasi lalu putar searah jarum jam sampai ban yang diganti benar-benar naik dan terpasang di bawah mobil.

  1. Kembalikan Semua Peralatan ke Tempat Semula

Tahap terakhir, jangan lupa untuk mengembalikan semua peralatan ganti ban serep ke tempat semula. Jangan sampai ada peralatan yang tercecer ataupun tertinggal.

Mengganti Ban Serep Mobil Versi Kedua

Letak ban serep mobil. Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Selain cara di atas, ada cara lain mengganti ban serep untuk semua tipe mobil. Carmudi rangkum cara mengganti ban serep versi kedua yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

  1. Siapkan Peralatan Ganti Serep Ban Mobil

Sama seperti cara di atas, hal pertama yang harus Carmudian lakukan adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Seperti, dongkrak mobil, kunci roda, serta ban cadangan. Ketiga peralatan tersebut harus selalu dibawa dan disimpan di dalam bagasi mobil.

  1. Mengendurkan Baut Ban Mobil yang Ingin Diganti

Selanjutnya, Carmudian harus membuka penutup lubang baut ban jika memang ada. Kemudian, cungkil penutup tersebut dengan obeng dan putar baut berlawanan arah jarum jam. Trik mudah untuk mengendurkan baut ini adalah mengendurkan baut yang letaknya saling berseberangan. Ingat, baut cukup dikendurkan saja, jangan sampai terlepas.

  1. Memasang Dongkrak Mobil

Cara memasang dongkrak mobil ini ada tekniknya sendiri. Selain memasang dongkrak di dekat ban mobil yang ingin diganti, pastikan juga memasang dongkrak tersebut pada struktur yang kokoh. Titik terbaik memasang dongkrak ditandai dengan cekungan di dekat roda mobil.

Langkah selanjutnya, angkat ban dengan dongkrak tersebut sampai ban benar-benar terangkat. Namun ingat, jika dongkrak terlihat miring, jangan dipaksakan. Turunkan dongkrak dan atur ulang posisi dongkrak tersebut.

  1. Membuka Baut Ban

Setelah ban yang ingin diganti terangkat, Carmudian bisa membuka baut bannya sampai semuanya lepas. Jangan lupa setelah dilepas, untuk menyimpannya kembali di tempat yang aman. Selain itu, pastikan meletakkan ban mobil pada posisi tidur agar ban tersebut tidak menggelinding.

  1. Memasang Ban Serep Mobil

Di tahap ini, Carmudian bisa mengambil ban serep dan pasang pada posisinya dengan benar. Tips mengganti ban mobil serep ini adalah memasukkan ban dengan sedikit menggoyang-goyangkannya. Dengan cara ini, tenaga yang dikeluarkan untuk mengganti ban tidak terlalu menguras tenaga.

Jika bannya sudah terpasang dengan benar, Carmudian bisa pasang bautnya dengan cara yang sama saat Carmudian mengendurkan ban di tahap sebelumnya. Tidak perlu terlalu kuat memasangnya, cukup pasang hingga baut dirasa cukup keras terpasang.

  1. Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut Mobil

Langkah selanjutnya, Carmudian sudah bisa menurunkan dongkrak secara perlahan dan hati-hati. Jika ban yang diganti sudah sampai ke tanah, Carmudian bisa melepas dongkraknya dan mengencangkan baut satu demi satu dengan teknik yang sama seperti sebelumnya, yaitu dengan pola bersilang. Saat mengencangkan baut mobil, pastikan kunci roda terpasang dengan benar.

  1. Mengembalikan Peralatan ke Tempat Semula

Tahap terakhir tentunya mengembalikan semua peralatan ganti ban serep ke tempatnya semula. Pastikan jangan ada yang sampai tercecer. Disarankan jika ada waktu luang, Carmudian bisa memperbaiki ban mobil yang bocor tadi agar bisa digunakan kembali.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Ini Bocoran Wajah Baru New Toyota Agya, Mukanya Mirip Toyota Yaris
Next post
DFSK Gelora Bisa Muat 11 Orang Jadi Senjata Tarik Konsumen