Home » Sepeda motor » Ingin Kredit Honda PCX, Segini Besaran DP Supaya Cicilannya Murah

Ingin Kredit Honda PCX, Segini Besaran DP Supaya Cicilannya Murah

Honda PCX Royal Matte Blue (Foto: Honda)

Jakarta – Dalam lima tahun terakhir, tren skutik bongsor semakin naik daun di Indonesia. Untuk segmen 150 cc, hanya tersedia pilihan Yamaha NMax atau Honda PCX. Kalian yang ingin membeli Honda PCX secara kredit, sebaiknya menghitung besaran DP dahulu supaya nantinya bisa membayar cicilan sesua kemampuan.

Membahas soal motor skutik bongsor, sebenarnya telah dipopulerkan terlebih dahulu oleh Honda PCX. Sayangnya, PCX generasi awal yang masih bermesin 125cc harganya sangat mahal karena masih impor dari Vietnam. Setelah Yamaha meluncurkan NMax yang diproduksi lokal pada 2015, maka peta persaingan semakin seru karena membuat harga Honda PCX ikut turun.

Untuk harganya, Honda PCX yang umum dijual hanya dua jenis saja yaitu standar (rem CBS) dan ABS. Untuk Honda PCX CBS dijual seharga Rp29,8 jutaan, kemudian Honda PCX ABS dengan harga Rp32,8 jutaan.

Bagi sebagian orang, harga Honda PCX baru terbilang cukup mahal, ini membuat Yamaha NMax cepat naik daun karena fiturnya yang lebih lengkap. Untuk All New NMax 155 standar, harganya Rp 29.750.000 sedangkan tipe 155 Connected/ABS dijual Rp 33.750.000.

Unit Honda PCX yang dipasarkan tahun ini masih sama spesifikasinya seperti saat diluncurkan pada 2017 lalu. Honda PCX generasi ketiga di Indonesia hadir dengan gaya Sophisticated & Luxurious atau mengutamakan kesan mewah dan kenyamanan. Skutik ini memiliki karakter yang mengutamakan kenyamanan berkendara baik untuk jalan perkotaan atau cruising.

Menghitung Besaran DP untuk Honda PCX

Honda PCX dan Honda ADV150 unjuk gigi di HUT Jawa Barat ke-74.
Honda PCX dan Honda ADV150 unjuk gigi di HUT Jawa Barat ke-74.

Bila kalian ingin membeli Honda PCX kondisi baru, pilihannya bisa membayar cash atau kredit. Nah, untuk pilihan kedua ini perhitungan kreditnya berbeda-beda di tiap diler. Dalam pembelian unit baru, ada dealer yang memberikan potongan harga untuk pembayaran secara kredit namun juga ada yang tidak.

Berdasarkan penelusuran Carmudi, Honda PCX yang dijual oleh diler Honda Mega Matahari di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat ini mendapat diskon langsung sebesar Rp.894.000 untuk PCX CBS dan Rp.923.000 untuk PCX ABS bila membeli secara cash. Dalam keterangannya, voucher digunakan khusus untuk pembelian cash sebagai potongan langsung.

List DP dan cicilan Honda PCX ABS

Nah, dier Honda Megah Matahari ini juga menyediakan tabel untuk memudahkan calon pembeli yang ingin membayar secara kredit. Besaran DP untuk Honda PCX ini bervariasi, untuk PCX CBS mulai dari Rp 3,5 juta sampai dengan Rp 12 juta. Kemudian DP untuk PCX ABS ini lebih mahal, mulai dari Rp 4,5 juta sampai dengan Rp 12 juta.

List DP Honda PCX CBS di dealer Honda Megah Matahari

Dari taksiran DP tadi kalian bisa menyesuaikan kemampuan pembayaran cicilan per bulan. Diler ini menyediakan opsi pembayaran cicilan mulai dari 11 bulan sampai 35 bulan. Karena ini adalah skutik yang dikategorikan ‘premium’, maka cicilannya pun rata-rata sudah di atas Rp 1 juta. Sebagai informasi, harga motor pun tidak mengikat dan bisa berbeda-beda antara tiap dealer.

Daftar harga, DP dan cicilan Honda PCX Bintang Motor

Sebagai contoh di diler Bintang Motor Jakarta, Harga PCX 150 CBS ACC dijual Rp 31.224.000 dan untuk PCX 150 ABS dihargai Rp 34.223.000. Untuk besaran DP Honda PCX di dealer ini mulai dari Rp 4,9 juta sampai dengan Rp 8,1 juta.

Persyaratan Membeli Motor Honda PCX Secara Kredit

Membeli Honda PCX bisa secara cash atau kredit (Foto: AHM)

Pembelian motor secara kredit umumnya memiliki persyaratan yang mirip antara satu dealer dengan yang lain. Sebelum membayar DP, harus menyiapkan beberapa berkas data diri antara lain:

  • Fotokopi KTP pemohon & Fotokopi KTP suami/istri/penjamin
  • Fotokopi KK/Surat Nikah/Akte Lahir
  • Slip gaji/id card kerja/rekening listrik bulan terakhir
  • Usia min 21 tahun
  • Jika masih 1 KK dengan orang tua diwajibkan data dari orang tua sebagai penjamin

Diler Honda Megah Matahari mewajibkan kepada konsumen untuk membayar booking fee sebesar Rp 1 juta. Pembeli tidak boleh meminta mengubah warna apabila sudah melakukan pemesanan. Jika motor ready stock, motor akan dikirim dalam waktu 1-2 hari setelah diler mendapat ACC dari leasing.

Jika ada perbedaan alamat Anda di KTP dengan alamat tinggal yang sekarang, maka survei akan dilakukan di alamat Anda sekarang. Pada saat survei, Anda akan diminta untuk mengisi dan menandatangani berkas kredit dan tidak ada pembayaran apapun saat survey. Dengan demikian, Pembayaran DP (Uang Muka) Honda PCX bisa dilakukan pada saat motor dikirim / COD (Cash On Delivery) di rumah Anda, atau dengan cara transfer ke rekening diler.

Spesifikasi Unggulan Honda PCX, Bikin NMax Lawas Fiturnya Ketinggalan Zaman

All New Honda PCX Red (Foto: Carmudi)

Honda PCX sebagai pelopor skutik bongsor langsung banyak berbenah setelah Yamaha NMax muncul pada 2015. PT Astra Honda Motor langsung memproduksi PCX secara lokal demi menekan harga jual supaya makin kompetitif. Saat meluncurkan PCX di  2017, AHM langsung obral fitur di skutik bongsor itu.

PCX langsung dijejali fitur Smart Key Sistem alias keyless dan fasilitas charging di konsol depan. Sebelum lampu hazard tren seperti sekarang, PCX lah yang menjadi pelopornya di sktik bongsor yang kemudian diikuti oleh NMax. Fitur ini dapat digunakan untuk memberi sinyal tanda bahaya terutama kepada pengendara di belakang.

Bahkan, Honda juga merilis PCX versi hybrid, dimana tenaganya lebih besar berkat adanya motor listrik. Tenaga tambahan berasal dari motor listrik sebesar 1,4 KW / 3.000 rpm dan torsinya 4,3 N.m / 3.000 rpm.

PCX yang lahir dari DNA Honda Vario 150 tentu masih menyisakan beberapa fitur yang mirip. Sebut saja, fitur combi brake system. Bedanya, sistem pengereman di PCX ini sudah mengaplikasikan double disc brake. Combined Brake System Hidrolis didukung dengan 3 piston caliper untuk tipe CBS. Sementara untuk tipe ABS, sensornya hanya satu channel di roda depan.

Yamaha NMax 2020, Fiturnya Makin Canggih

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru didukung fitur canggih. Foto: Dok Yamaha

Bila kita membahas PCX, tak lengkap bila membandingkannya dengan rival abadi dari kubu garputala yaitu NMax. Di akhir 2019 lalu Yamaha meluncurkan NMax yang bisa dibilang menjadi model 2020. Yamaha berusaha mendesain Yamaha NMax 2020 sebagai skutik yang valuable. Sekalipun harganya mirip seperti PCX, namun fitur yang ditawarkan lebih banyak dan canggih dibanding rivalnya tadi.

Semakin canggih, All New Yamaha NMax tipe ABS memiliki suatu teknologi ”Connected”. Artinya kita bisa mengetahui kondisi motor dari smartphone. Kita juga tidak lagi kesulitan saat mengisi daya ponsel, karena di skuter ini telah menyediakan Electric Power Socket.

Sosok All New NMax 155 ini juga penampilannya makin elegan dengan desain lampu belakang yang mirip seperti Yamaha XMax. Tidak ingin kalah langkah, Yamaha NMax 2020 juga memakai teknologi keyless dengan smart key system. Fitur ini membuat berkendara semakin praktis, karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Sistem Pengereman Honda PCX Ketinggalan Zaman?

Sistem pengereman CBS di Honda PCX. Foto: Istimewa.

Satu fitur canggih yang ada pada All New NMax tapi tidak dipunya PCX yaitu fitur Traction Control System (TCS). Fitur ini dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada NMax juga sejak generasi pertama memakai dual channel, membuat motor semakin stabil saat melakukan pengereman. Fitur kontrol traksi di NMax juga menjadi pelopor pada skutik 150cc yang ada di Indonesia. Kombinasi ABS dan TCS ini membuat NMax jauh lebih siap diajak cruising jarak jauh atau menjadi motor harian ke kantor.

Di sisi lain, pengereman Honda PCX 150 fiturnya memang tidak selengkap NMax, namun sudah cukup untuk pemakaian harian. Honda PCX cuma memakai rem ABS di roda depan dan roda belakang masih memakai rem cakram biasa.

Bagi kalian yang memiliki karakter berkendara santai, bisa memilih PCX tipe CBS. Fitur Combined Brake System di PCX dengan kombinasi rem cakram di depan dan belakang berbeda skutik Honda kebanyakan. Pengereman tetap halus namun lebih pakem ketimbang skutik biasa yang memakai tromol di roda belakang.

Kelemahan Honda PCX, Kalah Responsif dan Bertenaga dari NMax

Aki Yuasa
Aki Yuasa menjadi aki kepercayaan produsen Yamaha Indonesia untuk dibenamkan di NMax. Foto: Istimewa

Dari hasil test ride saat peluncurannya di 2018 lalu, kami melihat bila PCX ini jadi motor yang nanggung. PCX ini asik sebagai kendaraan harian tapi kurang nendang bila dipakai untuk cruiser touring antar kota. Skutik bongsor ini punya performa yang lincah tapi akselerasi mesin yang kurang agresif.

Mesin dengan kompresi 10,6:1 ini sanggup memproduksi tenaga 10,8 kW/8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm/6.500 rpm. Tenaga mesin PCX di atas kertas bahkan lebih kecil dibanding NMax generasi pertama. Lantas, seberapa besar tenaga NMax?

Mesin VVA versi lawas dengan kompresi 10,5:1 menghasilkan tenaga maksimum 11.1 kW / 8000 rpm dan torsi 14.4 Nm / 6000 rpm. Sementara itu, mesin VVA di All New Yamaha NMax 155 memiliki kompresi lebih besar, yaitu 11,6:1 sehingga tenaganya naik jadi 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm/ 6.500 rpm.

Fitur Kenyamanan NMax Vs PCX, Mana Lebih Asik?

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru. Foto.Dok Yamaha

Bicara soal fitur, Yamaha NMax sejak 2017 telah didukung dengan suspensi belakang sub-tank. Suspensi ini hadir sebagai jawaban atas kritik pengguna NMax soal karakternya yang keras dan bikin pinggang linu.

Suspensi belakang tabung berwarna emas memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan. Sementara itu pada PCX 150, masih memakai suspensi biasa, dan patut disayangkan karena tipe shock tabung digunakan pada ADV150.

Berdasarkan pengalaman penulis dari sisi kenyamanan, karakter suspensi sub-tank Yamaha kini tak kalah empuk dibanding suspensi konvensional milik PCX. Yamaha berhasil mengatasi keluhan suspensi yang keras di NMax keluaran pertama dengan menghadirkan sub-tank tersebut.

Sekalipun punya penampilan yang ‘megah’, tapi desain deknya punya ukuran yang cukup sempit dan kurang landai. Kaki pengendara tidak bisa memijak dengan leluasa sambil selonjoran. Desain dek ini yang akhirnya membuat pengendara tidak ubahnya mengendarai skutik biasa.

Didukung mesin baru berteknologi VVA membaut Yamaha NMax lebih disukai anak muda karena punya karakter yang lincah dengan tenaga besar. Sementara itu, Honda PCX 150 dengan karakter berkendara yang santai lebih digemari pemotor yang usianya lebih dewasa.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Airbag
Previous post
Studi Baru, Fitur Keselamatan Aktif Mobil Mampu Tekan 50% Angka Kematian
Lelang JBA makin diminati masyarakat
Next post
Pengin Dapat Kendaraan Murah? Simak Cara Ikut Lelang JBA Ini