Ingin Membeli Honda CB150R, Simak Dulu Kekurangannya
Jakarta – Honda CB150R merupakan salah satu motor bergenre sport yang ditawarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Sepeda motor ini punya desain yang cukup oke dan sporty. Soal performanya, sebenarnya motor ini juga bisa diandalkan. Namun sayang, ada beberapa kekurangan pada Honda CB150R ini.
Mungkin ada diantara kalian yang hendak meminang sepeda motor yang satu ini. Jika hendak membeli, rasanya kalian wajib membaca beberapa hal mengenai kekurangan Honda CB150R ini. Daripada menyesal setelah membeli, lebih baik mengetahui kekurangannya terlebih dahulu agar kalian semakin mantap.
Namun, sebelum membahas kekurangannya, ada baiknya jika kita apple to apple dengan melihat kelebihannya. Honda CB150R ini juga punya banyak kelebihan yang bisa memikat pembelinya. Kita mulai dari kelebihannya dulu ya.
Isi Konten
Kelebihan Honda CB150R
Kelebihdan Honda CB150R ini sebenarnya ada cukup banyak. Motor buatan Karawang, Jawa Barat ini punya dimensi panjang 2.019 mm, lebar 719 mm dan tinggi 1.039 mm. Dimensi ini membuatnya menjadi salah satu motor yang cukup kompak. Diajak untuk melibas jalanan macet dan selap-selip juga perkara mudah bagi motor ini. Ditambah lagi beban dari motor ini yang hanya 136 kg membuatnya cukup ringan.
Kelebihan pertama dari motor ini adalah chassis. Honda CB150R punya chassis baru, dengan model diamond frame. Chassis ini membuat Honda CB150R punya handling dan jauh lebih rigid dibanding Honda CB150R versi pertamanya. Di bagian depan, motor ini punya suspensi teleskopik dan di bagian belakang memakai model suspensi monoshock pro link. Kedua suspensi ini membuat motor memiliki handling yang mantap.
Mesin Honda CB150R Lebih Responsif
Soal mesin, generasi baru dari CB150R ini jauh lebih responsif. Jika dibanding generasi pertamanya, Honda CB150R baru ini punya performa yang lebih baik. Mesin yang dipasang punya kapasitas 149 cc, 1 silinder, 4 tak, DOHC dengan tenaga 16,6 hp dengan torsi 13,8 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan napas yang cukup pendek-pendek. Makanya pas dibuat berkendara stop n go motor ini enak banget.
Mesin tersebut memakai sistem pendinginan berupa cairan dengan gabungan kipas. Jika mesin sudah mencapai batas panas yang ditentukan, maka kipas akan menyala secara otomatis mendinginkan mesin. Soal pengereman, Honda CB150R ini punya dua buah cakram di bagian roda depan dan belakang. Kedua cakram ini memakai model hidrolik. Ban yang digunakan pada motor ini juga lumayan lebar.
Di depan memakai pelek ring 17 inci dengan ban 100/80, dan bagian belakang pakai pelek 17 inci dengan ban 130/70. Kedua paduan ban ini membuat Honda CB150R cukup asyik untuk diajak merebah di jalan aspal. Sampai merebah yang cukup dalam juga rasanya masih enak untuk membawa motor ini menjadi sedikit liar.
Fitur Honda CB150R
Bagaimana dengan fiturnya? CB150R ini punya beberapa fitur. Diantaranya adalah lampu depan memakai LED, instrumen cluster digital, pelek lebar, suspensi pro link, chassis teralis, dan dua buah cakram di bagian rodanya. Sayangnya, hanya itu saja fitur yang dimiliki oleh motor sport naked Honda ini. Terlebih lampunya yang LED berwarna putih ini. Kalau malam dan terkena hujan, pendaran cahaya dari motor ini tidak terlalu terlihat jelas. Bahkan cukup menyulitkan pandangan.
Selain itu, motor ini juga tidak memiliki engine cut off. Sehingga untuk mematikan mesin harus melalui anak kunci yang ada di bagian tengah. Coba kalau ada, bakalan makin enak lagi sih. Kalau ingin melebihkan motor ini, sebenarnya ada di bagian desain. Motor ini punya lekuk tajam yang lumayan keren. Tampilannya gahar, macho dan cowok banget. Cocok bagi kalian yang suka sama motor bergaya kekinian.
Kekurangan Honda CB150R
Kekurangan pada Honda CB150R ini adalah di bagian suspensi. Suspensi bagian depan sih nggak masalah. Yang lumayan jadi masalah banget sih ada di bagian belakang. Suspensi belakangnya keras banget broooo, apalagi buat dipakai berdua. Untuk melibas jalanan yang rusak badan serasa berantakan. Kalau dibawa sendiri sih rasanya masih lumayan enak, tapi kalau udah boncengan duh rasanya nggak nyaman.
Kekurangan lain dari CB150R ini ada di bagian as roda belakang yang kadang suka macet. Emang, bagian yang satu ini bisa untuk diganti dengan mudah dan harganya sendiri cukup murah. Tapi bagian ini menjadi salah satu bagian yang cukup ringkih dari CB150R. Untuk generasi sebelumnya, kekurangan Honda CB150R adalah bagian fitting lampu yang gampang banget kebakar. Kenapa? Soalnya fitting lampu Honda CB150R ini punya ukuran watt yang besar.
Sedangkan lampunya punya ukuran watt yang lebih besar dibanding fittingnya. Hal ini menyebabkan fitting menjadi panas dan menjadi terbakar alias lumer kayak pisang coklat. Untuk mengantisipasi ini, kamu bisa mengganti ukuran lampu dengan watt yang lebih kecil. Atau mengganti fitting lampu dengan kualitas yang jauh lebih baik. Kekurangan terakhir dari motor Honda CB150R ini adalah harganya yang muahaaaaal. Sekadar informasi, harga CB150R saat ini mencapai Rp27,4 juta sampai Rp28,5 juta.
Harga ini menjadikan CB150R sebagai salah satu motor sport termahal. Harga jual dari motor ini juga cenderung jatuh, karena masyarakat Indonesia lebih menyukai sepeda motor matik dibandingkan motor sport saat ini. Jalanan yang macet membuat motor matik menjadi salah satu alasan mengapa cukup laris.
Spesifikasi Lengkap Honda CB150R
Tipe Mesin | 4 Langkah, DOHC – 4 Katup |
Kapasitas Mesin | 149.16 cc |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI |
Diameter X Langkah | 57.3 x 57.8 mm |
Tipe Tranmisi | Manual, 6 – Kecepatan |
Rasio Kompresi | 11.3 : 1 |
Daya Maksimum | 12.4 kW (16.9 PS) / 9,000 rpm |
Torsi Maksimum | 13.8 Nm (1.41 kgf.m) / 7,000 rpm |
Tipe Starter | Pedal & Elektrik |
Tipe Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring |
Sistem Pendingin Mesin | Liquid Cooled with Auto Fan |
Pola Perpindahan Gigi | 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 |
Tipe Rangka | Diamond (Truss) Frame |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan Ayun Dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link) |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17 52P (Tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17 62P (Tubeless) |
Rem Depan | Cakram Hidrolik |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik |
Panjang X Lebar X Tinggi | 2.019 x 719 x 1.039 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 797 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.293 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 169 mm |
Curb Weight | 136 kg |
Tipe Baterai Atau Aki | MF Wet 12V 5Ah |
Sistem Pengapian | Full Transisterized |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 12 liter |
Kapasitas Minyak Pelumas | 1.1 , Lubricant Type Wet |
Penulis: Rizen
Editor: Lesmana
Post navigation
One Comment
Comments are closed.
Sherly says:
saya pengguna CB-150R
yang di review disini sesuai sama pengalaman saya,
tapi baru baca review nya sekarang hehhe
..::..